Selamat Lebaran!

foto: Muhammad Eldi Sudradjat

Ramadhan setiap tahun selalu spesial. Tapi tahun ini alhamdulillah Rainier udah bisa puasa sampai magrib.

Di awal-awal Ramadhan, Rai coba-coba puasa sampai jam 2. Tapi setelah masuk sekolah, ternyata dia banyak lihat teman-temannya yang puasa sampai magrib dan akhirnya memutuskan untuk mencoba puasa full juga.

Godaan terbesar Rai adalah adiknya yang suka jajan. Dan karena anak ini suka gak mau tidur siang, dari jam 2 biasanya dia udah uring-uringan dengan segala alasan: haus, laper, lemas.

Tapi Rai tetap nurut untuk buka puasa magrib. Dia bakal semangat nunggu Momi dan Popinya pulang kerja dan bawa takjil. Rai paling suka buka puasa sama nata de coco, es kelapa, kerupuk kuning, dan siomay.

foto: Fira Nursyabani

Sayangnya, setelah dua mingguan puasa full, Rai ngeluh sakit di bagian perut sampai nangis-nangis. Pas diperiksa ke dokter, barulah ketahuan kalau anak ini maag dan asam lambungnya naik. Anak sekecil ini harus menderita asam lambung :(

Akhirnya seminggu lebih gak puasa karena harus minum obat. Perutnya pun harus diisi camilan setiap 2-3 jam sekali. Beruntung anaknya masih bisa sekolah dan bahkan di sekolah aktif banget karena harus latihan nari untuk pentas puncak kegiatan Ramadhan.

foto: Fira Nursyabani

Rai baru bisa puasa lagi beberapa hari jelang Ramadhan, dan alhamdulillah bisa full lagi sampai magrib meski agak was-was juga sih.

Emica tahun ini belum belajar puasa. Bangun sahur pun cuma dua kali. Tapi si bungsu ini udah mulai mengenal tentang puasa. Dia bahkan menolak makan sore dengan alasan puasa (padahal dari pagi sampai siang makan). Setiap sore dia bakal diam temenin tetehnya nunggu buka puasa dan pas waktu masuk Magrib, baru kami berempat buka puasa bareng-bareng.

Mica juga udah berani ikut Popi ke masjid untuk shalat taraweh, apalagi bareng bestienya juga, Ama.

foto: Raisan Al Farisi
Tahun ini kami jadwalnya mudik ke Bogor. Seperti dua tahun lalu, kami berangkat H-1 Lebaran jam 2 subuh dari rumah. Kami sahur dulu di Sate Maranggi Sari Asih Cipanas. Rai pun ikutan sahur pakai sate maranggi dan berhasil tamat puasa di hari terakhir.

Foto: Fira Nursyabani
Setelah ziarah ke makam nenek di Ciawi, anak-anak dibawa mudik ke tempat Engkong di Depok untuk yang pertama kalinya.

Selamat Lebaran dari Popi Raisan, Momi Fira, Rainier, Emica....

Foto: Raisan Al Farisi

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

"Karma Dalem Boncel"

KICKFEST 2012