Emica dan Ceriwisnya

foto: Raisan Al Farisi

Selalu dibuat terkejut oleh Emica, terutama dalam kemampuan berbahasanya. Gak hanya kosakatanya yang sudah banyak, termasuk dari Bahasa Sunda, tapi kemampuan berdebat dan berceritanya juga bikin geleng-geleng kepala.

Kesempurnaan sistem oral dan kecepatan daya tangkapnya membuat Mica bisa berbicara melebihi kemampuan bicara teman seusianya. Lafalnya jelas, tegas, dan gak cadel.


Meski begitu, Mica masih kesulitan beradaptasi dengan orang baru. Main bersama teman-teman komplek mungkin sudah biasa, tapi kalau dibawa ke playground, anak ini bakal menghindari anak-anak lain.


Ini juga yang membuat saya dan Popi Rai memutuskan untuk gak dulu menyekolahkan Mica ke TK di usianya yang ke-4 tahun. Kesiapan dan kematangan emosi setiap anak mungkin berbeda, begitu juga dengan Mica dan tetehnya, Rainier.


Meski belum sekolah, di rumah Mica tetap dikasih aktivitas yang mirip-mirip kayak sekolah, kayak mewarnai, baca cerita, menggambar, sampai pengenalan huruf dan angka. Semoga saat usianya cukup, Mica bisa lebih siap untuk mengenal dunia baru di luar rumah.


Ternyata anak ajaib ini cukup cepat mengingat dan menghafal huruf hijaiyah dan alfabet. Agak amazed juga ya karena Mica bisa belajar dengan begitu santainya dan less effort.


Semoga Momi bisa mengurangi intensitas kerjaan dan meluangkan waktu lebih banyak buat mendampingi Mica belajar dan bermain yaa..


Anak yang 'sayang banget sama Mominya' ini juga selalu ikut-ikutan apa yang momi lakuin. Setiap pakai skincare di kamar, misalnya, Mica bakal merhatiin dan diem-diem play pretend skincare-an. Kadang Mica juga suka minta dipakein lipstik dan eye shadow kayak maknya kalau mau kondangan.


Mica tumbuh jadi anak yang perhatian banget. Kalau dikasih sesuatu dia bakal bilang "terima kasih Momi" berkali-kali. Kalau saya sakit, Mica selalu jadi orang pertama yang bilang "Momi cepet sembuh ya", dan kalau saya lagi keliatan capek, dia dan tetehnya bakal melancarkan strategi untuk diam-diam beresin rumah/kamar berdua dan ngasih kejutan ke Mominya setelah rumah bersih. Masyaallah solehah ku...


Bungsu yang tidurnya masih pengen dipeluk ini semoga tumbuh jadi anak yang baik dan penuh cinta. Selamat ulang tahun Emica ...


foto: Raisan Al Farisi

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

"Karma Dalem Boncel"

KICKFEST 2012