Selamat Sekolah SD Rainier

foto: Raisan Al Farisi

Demi apa tiba-tiba anak kecil sipit bule endut ini udah masuk SD??

Rai se-excited itu buat gabung ke sekolah baru. Sebelum tahun ajaran baru dimulai, kami hunting perlengkapan sekolah, tas, sepatu, seragam pramuka, yang semuanya dibeli pakai uang hasil tabungan Rainier di TK. Alhamdulillah ada asupan perlengkapan juga dari engkong, kakek nenek, dan om. 

Ada perasaan hampa setiap kali melepas Rai untuk sekolah. Gak hanya karena sekolahnya yang sekarang berlokasi agak jauh dari rumah, Rai juga harus menjalani full day school dan pulang sore setiap hari.

Meski begitu saya bersyukur bisa ngasih fasilitas sekolah yang jauh lebih baik dari yang saya dapat waktu kecil dulu. Saya dan Popi Rai memang sudah merencanakan sekolah secara matang, termasuk dari segi biayanya.

Ada perasaan takut Rai bakal keder jauh dari orang tuanya, di hari pertama sekolah aja doi sampai salah masuk kelas. Di minggu pertama, waktu belum punya banyak teman, Rai sering duduk sendirian yang bikin bapaknya sedih cirambay.

Tapi lama kelamaan anaknya enjoy, punya banyak teman, dan bahkan sudah biasa pulang sendiri ke rumah dengan mobil jemputan sekolah. "Seru banget momi!" katanya karena sering diajak jalan-jalan dulu sama bapak sopir buat nganterin siswa lain.

foto: Raisan Al Farisi

Untungnya di rumah ada juga anaknya tetangga komplek yang sekelas dan pulangnya sama-sama pakai jemputan. Walaupun belum akrab karena dia anak laki-laki.

Bekal makanan Rai masih sama kayak di TK, jadi gak terlalu kaget buat saya sebagai koki. Setiap hari bawa snack buah dan camilan untuk istirahat pagi dan sore, juga makanan berat untuk istirahat siang.

Rai juga udah dikasih uang jajan Rp5.000 khusus hari Rabu dan buahagianya luar biasa karena bisa jajan sendiri apapun yang dia suka. Malah kadang minta uang jajannya ditambah kalau pas lagi ekskul.

Ternyata anak kecil sipit bule ini udah punya kehidupan lain di luar ibunya, udah bisa menjalin hubungan sosial dengan orang lain di luar keluarganya, dan udah bisa membuat keputusan kecil untuk dirinya sendiri.

Selamat masuk SD, Rainier...


Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

"Karma Dalem Boncel"

KICKFEST 2012