Dear Anak Sekolah...

Musim Ujian Nasional sudah tiba, hari ini giliran siswa-siswi imut dari sekolah dasar di seluruh Indonesia yang menempuh UN. Sudah menjadi rahasia umum jika Ujian Nasional 2013 ini agak 'sedikit' carut marut, kisruh, dari mulai diberlakukannya sistem 20 paket, hingga keterlambatan distribusi. Banyak pihak mempertanyakan ke-mangkus-an dari Ujian Nasional ini, mangkus kah? Guru-guru muda, siswa-siswi, mahasiswa, bahkan masyarakat banyak mengutuk adanya Ujian Nasional, mereka meminta agar sistem tersebut segera dihapus oleh pemerintah.

Dear anak sekolah...
Senangkah kalian jika Ujian Nasional dihapus? Senangkah bila kalian banyak dibela oleh khalayak ramai atas kasus ke-carut-marut-an UN ini?

Saya sudah pernah mengalami tiga kali Ujian Nasional, dan sudah merasakan bagaimana tidak enak-nya ditakut-takuti nilai standar kelulusan, dan sistem paket-paketnya yang tentu saja dibuat dengan sedemikian rupa agar UN dapat berjalan sesuai dengan 'keinginan' pemerintah. Saya tidak menentang UN, tidak juga setuju dengan UN. Takut tidak lulus, itu wajar, sangat wajar. Tapi apakah sebagai siswa, kalian (dan saya dulu) hanya memikirkan bagaimana untuk bisa lulus sekolah (dan mendapat kerja) dengan mudah, tanpa memikirkan tanggung jawab yang harus kalian emban sebagai anak bangsa yang telah terdidik? Apakah ada jaminan jika UN dihilangkan, siswa-siswi lulusan sekolah akan memiliki kualitas yang bagus?

Pagi tadi, secara tidak sengaja saya menemukan satu hal menarik di dalam beranda Facebook saya. Satu percakapan 'lucu' antara anak didik dengan seorang kepala sekolah.
source: facebook


Dear anak sekolah...
Kita dididik untuk menjadi seseorang yang memiliki intelektualitas tinggi, bukan untuk menjadi orang picik, suka menjilat, mencari 'muka', dan menentang UN hanya karena malas belajar. Suatu saat kalian akan tahu, di antara jutaan orang picik, masih akan ada orang yang menjunjung kejujuran. Suatu saat kalian akan tahu, tidak semua hal di dunia ini didapat dengan mudah, termasuk UN, dan manipulasi absen untuk keperluan kerja. Suatu saat kalian akan tahu, apa yang kalian tanam hari ini, akan kalian tuai di hari lain.

Dear anak sekolah...
Think smart.

Selamat Hari Pendidikan
2 Mei 2013

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"