I'll Never Stop Learning

أُطْلُبُوا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلىَ اللَّهْدِ 
"Tuntutlah ilmu sejak dari buaian sampai liang lahat"

Buat orang-orang terkasih...

R.A As-Sa'adah 1996-1997

Terima kasih buat Ibu Susi dan Ibu Nina, yang udah ngajarin baca dan nulis selama di kelas B1. Terima kasih udah ngajarin nari buat pentas perpisahan pake lagu Gang Kelinci.

Waktu itu saya sering jadi anak yang terakhir pulang di sekolah karena lama nunggu dijemput Mama. Enaknya, saya jadi suka liat Ibu Nina makan siang dan Bu Nina suka minta minum dari bekel yang saya bawa.

Ceritanya dulu saya punya temen deket juga di TK, namanya Shinta. Shinta dulu suka jajan bubur sumsum di depan sekolah dan suka nyuapin saya haha. Saya sendiri gak pernah jajan, karena belum ngerti uang.

Semoga Shinta sekarang bahagia selalu, juga Ibu Nina dan Ibu Susi.


SDN Telukpinang 1 1997-2003

Dari kepemimpinan Pak Basah Hanafi, sampe Pak Endang, saya pengen bilang terima kasih buat..

Ibu Sumarah. Guru terbaek dan tersabar yang pernah ngajar saya di SD.

Ibu Ani. Saya sekarang tau kenapa Bu Ani dulu galak banget, soalnya anak-anak SD emang nyebelin banget hehe.

Pak Ngatidjo. Meski ngajarnya cuma bentar, tapi selalu ngedukung kegiatan saya dan temen-temen, terutama pas Pramuka.

Pak Zen. Awalnya sempet sebel banget ada guru baru, Pak Zen. Tapi ternyata justru di bawah ajarannya, saya jadi dapet ranking 1 sampe lulus. Pak Zen juga jadi satu-satunya guru yang nangis waktu perpisahan angkatan saya. Ah Bapak, pasti kehilangan murid kece kayak saya.

Ibu Sulis. Dulu seneng banget sama Bu Sulis, gak tau kenapa. Mungkin karena kita sering jalan-jalan keluar buat ikut lomba-lomba. Sebagai wali kelas di kelas V, Bu Sulis jadi pembimbing pribadi saya buat ikut lomba, kayak lomba murid teladan sama lomba mata pelajaran waktu 2002.

Ibu Didoh. Guru the best banget yang bikin saya jatuh bangun sempoyongan jadi murid terbaik seangkatan. Terharu deh pokoknya.

Spesial buat Ibu Hartini. Guru tercantik yang khusus ngajar Bahasa Inggris, yang entah kenapa berhasil nularin rasa cinta sama Bahasa Inggris ke saya sampe sekarang.

Spesial juga buat Pak Heri, guru olahraga paling kece, dan Pak Mahpudin yang amat sangat berjasa karena bikin saya dan teman-teman hafal bacaan salat.

Kak Anda dan Kak Kosasih. Dua Kakak Pramuka kesayangan yang entah sekarang ada di mana. Dulu saya sempet kabur-kaburan latihan Pramuka tapi tetep kepilih jadi Pratama, luar biasa kan.

Terakhir, buat geng SD, yang udah deket dari kelas I: Naning, Yuli, Lilis, Yolan, Intan, Agung, Iwa, Edi, Bayu, Salim, Dede, dan yang lainnya.

Sehat dan makmur selalu yaa Ibu, Bapak, Kakak, dan kaliaaan....

Teman-teman SD. (foto: Agung Maulana)

SMPN 1 Ciawi 2003-2006

Dari kepemimpinan Pak Aman Muslihat, sampe Pak Ade Tatang, saya mau bilang terima kasih buat..

Guru tercantik dan terbaik, wali kelas 1-10 dan 3-8, Ibu Yunaenah. Alesan kenapa nilai Biologi saya selalu gede itu karena ibu yang ngajarin. hehe.

Pak Rojai. Di kelas 2-10 ini saya baru sadar kalo Bahasa Inggris saya amat sangat butut. Tapi usaha belajarnya gak sia-sia karena lalu bisa diterima di salah satu jurusan Sastra Inggris terbaik di Indonesia. Pengen pamer sih sama Pak Rojai, tapi ah sudahlah.

Ibu Catur. Kenangan terlucu sama Bu Catur itu waktu jalan ke Sukasari buat beli buket bunga. Waktu itu jalan bertiga bareng sama anaknya, Sasha. Bunga yang dibeli itu buat ikut lomba merangkai bunga di hari Kartini 2006, dan saya menang!

Spesial buat Pak Wahyu dan Ibu Sri Wulan yang waktu itu jadi pembina Paskibra.

Dan tentu buat temen-temen tersayang, Eis, Tia, Mesa, Endang, Selly, Epul, Agus, dan yang lainnya, yang lagi menapaki jalan suksesnya masing-masing.
Mesa, Fira, Eis, Tia. (foto: Annisa Sri Bakara)

SMAN 1 Ciawi 2006-2009
Dari kepemimpinan Pak Ali, sampai Pak Ali, dan tetap Pak Ali, saya mau ngucapin terima kasih buat..

Pak Wahyu (lagi), yang kali ini gak cuma sebagai pembina Paskibra, tapi juga sebagai wali kelas. Setelah jadi sekretaris kelas, saya dikasih kesempatan buat ngalahin Yuyun buat merebutin ranking tiga di kelas (kenapa gak ranking satu coba).

Pak Wahyu juga amat sangat ngasih perhatian lebih waktu saya memutuskan buat gak ikut seleksi Paskibraka Kabupaten. Kecewanya Pak Wahyu bisa sih saya reda setelah ikut kontes Miss SMANIC (sumpah ini bakal jadi kontes pertama, terakhir, dan satu-satunya yang saya ikutin).

Ibu Pardiyem dan Ibu Dewi, yang gak tau gimana perasaannya setelah dapet kelas yang luar biasa kayak kelas IPA 3. hehe.

Spesial buat geng 'De Rieut' saya tercinta, Astri, Futri, Shella, Metha, Henny, Gugus, Ryan, Yamin, Ibenk, Mul, Sevtian, and yang lainnya.
de Rieut. (foto: pegawai RM Ampera)
Juga buat geng 'Electric', terutama Irta dan Wisnu, sahabat sehidup semati saya. Sayaaaang banget sama kalian. Terus sahabatan sampe tua ya!
Electric. (foto: Siti Firza)

Universitas Pendidikan Indonesia
Saya mau bilang terima kasih sama semuanya, terutama sama..

Semua dosen dari semester satu sampe semester akhir yang berhasil nampar-nampar saya supaya bisa dan ngerti gimana caranya berbahasa.

Spesial buat Pak Ruswan Dallyono, yang jodoh banget sama saya, soalnya udah jadi pembimbing akademik, jadi pembimbing PLA, dan terakhir jadi pembimbing skripsi. Luar biasa.

Dan juga buat Pak Didi Sukyadi yang udah acc skripsi saya dan akhirnya saya bisa wisuda. Juga buat Pak Budi dan Ibu Susi yang udah baik banget selama sidang skripsi dan ngasih saya nilai A. Alhamdulillah.
Bersama Pak Budi di Ancol. (dok foto. Sastra Inggris B)
Spesial juga buat Bapak dan Ibu petugas jurusan dan fakultas, kalian terbaik pisan. Sehat selalu Bapak Ibu.....

Temen-temen KKN, Aini, Ulfi, Echa, Lili, Restu, Abang Paulus, Shandy, Rama, dan Dika, yang udah sama-sama berjuang 40 hari di negeri orang demi mata kuliah absurd ini.
Teman-teman KKN. (foto: Shandy)
Spesial buat keluarga Enin dan Aki di Pamanukan, Teh Ani dan Tante Nena, juga Mamah dan Bapak Dika, serta semua keluarga baru saya di Pangasinan. Entah kenapa meski cuma 40 hari, tapi rasanya bahagiaaaa banget pernah tinggal di Pangasinan. Rindu.

Penerbit Yudhistira tempat saya magang. Spesial buat Mbak Destri yang amat sangat sayang sama saya, juga Mbak Rasti dan Mbak Rina yang sering saya recokin.
Editor bahasa asing Yudhistira. (foto: Pak Eko)
Kangen makan siang di kantin kantor pake kupon gratis terus pulangnya dibeliin es krim tapi gak langsung ke ruangan editor, malah melipir dulu ke ruangan bos sambil ngerujak.

Tapi gak kangen waktu di sepanjang pintu masuk sampe pintu gerbang banyak ulet sampe harus nangis-nangis depan Pak Satpam.

English Literature Forum (ELF) yang 'you rock' abis. Spesial buat A Agil yang udah nerima anak boloho kayak saya buat jadi penata kostum dan akhirnya cintaaa banget sama profesi ini.
foto: ELF
Temen-temen di kelas B yang kompak dan kompak banget hehe. Khusus buat malaikat-malaikat sayang yang nyebelin, doyan makan, dan doyan tidur, Tagony, Meyza, Riestia, Prita, Luci, and Alfiani, juga Sandi, Bobby, Tantra, dan Opik.
Tagoni. (dok foto. Sastra Inggris B)

Keluarga..
Jutaan terima kasih buat..

Keluarga Brazomahz dan Depok juga, om-om, tante-tante, sepupu-sepupu, yang selalu doain. Ternyata saya sudah terpisah terlalu lama, jarang pulang, jarang ikut berenang, jarang ikut ngaji tiap malem Jumat juga. Duh.

Ageung. Cinta ku selamanya. Sebenernya pengen nikah selagi masih ada Ageung, tapi mau gimana Ageung nya dipanggil duluan sebelum saya dapet jodoh. Doain dapet yang baik ya Geung, yaaa...

Teteh dan Aa. Dua anak nyebelin dan ngangenin sekaligus. Teteh yang saya ikutin muluk dari jamanan TK sampe kerja. Aa yang suka ngambek kalo tetehnya gak pulang-pulang.

Mamah. Mungkin Mamah beda sama ibu-ibu yang lain, sangat beda. Itulah kenapa saya sayang Mamah.

Terakhir buat cinta mati saya, Bapak. Pokoknya yang dilakukan sampe hari ini semuanya karena Bapak dan buat Bapak. Bapak bahagia kan? Iya gitu. Udah, iyahin aja deh. hehe.
foto: Muhamad Rizki Farhan
Dan buat semua yang gak kesebut. Terima kasih udah mewarnai hidup saya yang belum seperempat abad. Insya Allah, I'll never stop learning and meeting new great people.

Failure is fun. Success is Fun. Life is fun.
-Fira
foto: Muhamad Rizki Farhan

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"