The Jungle Book, Mowgli yang Malang

dok: Disney
The Jungle Book
Sutradara: Jon Favreau
Pemain: Neel Sethi
Pengisi Suara: Ben Kingsley, Bill Murray, Lupita Nyong’o, Giancarlo Esposito, Idris Elba, Scarlett Johanson, Christopher Walken


Mowgli (Neel Sethi) hidup damai di dalam hutan Seeonee India, bersama sekawanan serigala. Sejak kecil ia diasuh oleh Raksha (Lupita Nyong’o) dan Akela (Giancarlo Esposito) yang telah ia anggap sebagai orang tuanya sendiri.

Mowgli juga bersahabat dengan seekor macan kumbang bernama Bagheera (Ben Kingsley). Bagheera lah yang pertama kali menemukan Mowgli di tengah hutan saat masih kecil dan menitipkannya pada kawanan serigala.

Pada suatu waktu, bencana kekeringan melanda Seeonee. Hanya ada satu mata air yang dijadikan tempat minum bagi semua hewan di hutan, yaitu mata air batu kedamaian. Disebut batu kedamaian karena saat memasuki waktu minum, semua hewan sepakat untuk tidak saling berburu. Sebab, mereka menyadari di hutan kebutuhan akan air lebih penting dibandingkan makan.

Ketika semua hewan sedang berkumpul di mata air, Shere Khan (Idris Elba) muncul dengan tiba-tiba. Shere Khan adalah seekor harimau yang amat ditakuti oleh seluruh hewan. Wajahnya dipenuhi dengan bekas luka bakar.

Ia mencium bau Mowgli dan berjanji saat musim penghujan tiba dan batu kedamaian telah tertutup air, ia akan kembali untuk membunuh anak manusia itu. Diketahui dendam Shere Khan kepada manusia dilatarbelakangi oleh kejadian di masa lalunya. Beberapa tahun silam, Share Khan membunuh seorang manusia yang berhasil melukai wajahnya dengan api. Hewan-hewan di hutan menyebut api dengan sebutan ‘bunga merah’.

Mowgli merasa ancaman Shere Khan dapat membahayakan kawanan serigala, sehingga ia memutuskan untuk pergi dari Seeonee. Bagheera lalu mengantarnya mencari kawanan manusia, karena ia yakin Mowgli akan aman berada bersama mereka.

Di perjalanan, Mowgli dan Bagheera harus terpisah karena serangan Shere Khan. Tanpa sengaja Mowgli bertemu dengan Kaa (Scarlett Johanson), ular piton raksasa yang hendak memakannya. Beruntung Baloo (Bill Murray) datang menolong dan sejak saat itu Mowgli dan Baloo menjadi sahabat.

Tak lama kemudian, keduanya bertemu dengan Bagheera. Nahas, sebelum Bagheera kembali menemani Mowgli mencari manusia, Mowgli diculik oleh sekawanan kera yang membawanya menghadap King Louie (Christopher Walken), seekor Orangutan raksasa.

Louie menawarkan perlindungan kepada Mowgli dengan satu syarat, Mowgli harus memberinya ‘bunga merah’. Menurutnya, semua manusia bisa menciptakan api dan jika ia memiliki api, ia bisa menguasai hutan.

Karena Mowgli menolak, Louie membocorkan rahasia bahwa sebenarnya Akela, ayahnya dalam kawanan serigala, telah mati dibunuh Shere Khan. Mowgli marah dan segera kembali ke Seeonee untuk menantang Shere Khan.

Ia menyadari, ia tak bisa mengalahkan Share Khan dengan tangan kosong. Ia lalu pergi mencari perkampungan manusia dan mengambil sebuah obor dengan api yang menyala. Namun, saat dibawa berlari ke hutan, obor tersebut menjatuhkan percikan-percikan api yang membuat hampir seluruh Seeonee terbakar.

Mowgli menyesal dan segera membuang obor api yang ia bawa ke dalam sungai. Beruntung, saat menghadapi Shere Khan, ia dibantu oleh Baloo, Bagheera, dan kawanan serigala. Walaupun pada akhirnya ia sendiri yang mengalahkan Shere Khan.

Hutan yang terbakar bisa dipadamkan oleh sekawanan gajah yang membelokkan aliran air sungai. Gajah-gajah tersebut merasa berhutang budi pada Mowgli karena Mowgli pernah menyelamatkan anak mereka.

The Jungle Book berhasil mengkolaborasikan hutan hujan dan hutan sabana dalam setting hutan India. Dengan teknologi tinggi CGI (Computer-Generated Imagery), cerita live-action dalam film digambarkan secara detail.

Film ini membawa versi lain kisah Mowgli yang karakter-karakter hewan di dalamnya lebih hidup dan nyata. Tidak hanya itu, alur cerita juga dilengkapi dengan rasa kemanusiaan, emosi, dan bahkan humor yang disajikan oleh tiap-tiap karakter hewan yang dapat berbicara tersebut.

Setiap karakter diciptakan berbeda, sebagai contoh, Bagheera didesain dengan karakter bijaksana yang memahami pentingnya memiliki kawananan, berada dalam struktur sosial, disiplin, dan bekerja sama. Sedangkan karakter Baloo adalah karakter humoris, yang memberikan kebebasan bagi Mowgli untuk menjadi siapa saja dan mengespresikan bakat yang ia miliki.

Film karya sutradara Jon Favreau ini diperankan oleh aktor muda, Neel Sethi. Sethi terpilih menjadi satu-satunya karakter manusia yang muncul di layar, setelah berhasil mengalahkan 2.000 anak-anak di seluruh dunia yang mengikuti audisi.

Sebagai pendatang baru, Sethi memiliki kemampuan luar biasa dalam menggambarkan Mowgli dan menghidupkan imajinasi dalam film ini. Akting Sethi yang natural dan apa adanya, justru menjadi kelebihan tersendiri bagi karakter Mowgli.

Favreau bahkan mengakui, Sethi memiliki kualitas emosional dan fisik yang mengagumkan. Anak laki-laki kelahiran New York 22 Desember 2005 itu juga menyenangkan dan memiliki rasa humor yang tinggi.

The Jungle Book didukung oleh sederetan artis-artis terkenal yang berperan sebagai pengisi suara. Baloo dan Bagheera menjadi dua karakter hewan protagonis paling mencolok yang suaranya diisi Bill Murray dan Ben Kingsley.

Selain Murray dan Kingsley, karakter protagonis lainnya, Rakhsa dan Akela disuarai oleh aktris peraih Oscar, Lupita Nyong’o dan Giancarlo Esposito. Sedangkan, karakter antagonis Shere Khan, Kaa, dan King Louie disuarai oleh Idris Elba, Scarlett Johansson, dan Christopher Walken.

Walt Disney Animation Studios kembali menghidupkan kisah klasik dan legendaris karya Rudyard Kipling, The Jungle Book, yang pertama kali diterbitkan pada 1894. Kipling pada awalnya membuat The Jungle Book sebagai bacaan untuk anak-anak India.

Kepiawaiannya menulis membawa Kipling menjadi peraih Nobel Sastra pada 1907 dan cerita Mowgli menjadi mendunia. Bahkan The Jungle Book telah dua kali diadaptasi oleh Walt Disney Production dalam film animasi berjudul The Jungle Book (1967) dan The Jungle Book 2 (2003).

(Press screening Kota Kasablanka 7 April 201. Terbit di Harian Republika 18 April 2016)

sumber: epaper.republika.co.id

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"