Kado Ulang Tahun untuk Suami (Trimester I)

16 Oktober lalu suami saya menginjak usia 27 tahun. Seperti biasa, kami selalu melewati momen ulang tahun dengan normal, tanpa hingar bingar, tanpa makan malam romatis, dan tanpa bunting flag kekinian. Bahkan saya gak beri kado apapun, karena Raisan sudah punya kado yang dia pilih sendiri, seperangkat pesawat tak berawak dan actioncam.

Tapi tentu bukan berarti ulang tahunnya kali ini gak spesial. Saya tahu, status ‘menikah’ dan ‘memiliki istri’ yang disandangnya sudah membuat dia sangat bersyukur, apalagi kini Raisan juga akan menyandang status ‘bapak’. 

18 November, setelah telat haid berhari-hari, saya memaksakan diri untuk beli testpack. Hari itu rasanya sudah berasa mual dan pusing luar biasa. Padahal sebelumnya segar bugar, beberapa hari lalu bahkan saya sempat hiking dan kemping bareng keluarga.

Saya beli dua testpack sekaligus. Meski waktu yang paling tepat untuk tes adalah pagi hari, saya nekat langsung mencoba siang itu juga. Dan hasilnya, Alhamdulillah dua garis alias positif hamil. Bingung juga harus gimana mengungkapkan rasa bahagia, karena saya sendirian di rumah waktu itu.

foto: Raisan Al Farisi
Besoknya ketika suami pulang, saya melakukan tes sekali lagi dengan urin pertama di pagi hari. Alhamdulillah hasilnya masih sama. Dulu saya sempat ngeri kalau ngebayangin hamil, karena akan ada anak manusia di dalam perut. Tapi sekarang, rasanya bahagiaaaa tak terkira. Jadi kayak gini rasanya jadi ibu yang bahagia bisa punya anak. Alhamdulillah.

Kehamilan ini saya persembahkan sebagai kado ulang tahun untuk suami, karena saya terakhir haid tepat di hari ulang tahunnya. Kecemasan selama tiga bulan ini akhirnya sirna.

Perubahan-perubahan selama hamil:
  • Mual dan muntah
Mual dan muntah pastinya sudah lazim dialami oleh ibu-ibu hamil muda. Dan saya agak takjub karena saya juga mengalami dua hal ini. Sebelum menikah, saya memang suka mual-mual karena maag, tapi mual kali ini cukup dahsyat, muncul pagi siang sore.

Walaupun begitu, intensitas muntah saya lebih sedikit, paling seminggu sekali. Setiap muntah, makanan yang dikeluarin juga gak banyak, mungkin karena saya biasanya muntah di malam hari setelah semua makanan sudah dicerna.

Muntah memang gak enak, tapi setelah muntah rasanya badan selalu lebih enakan. Tapi kalau bisa jangan muntah deh ya, supaya gizi makanan bisa diserap si janin.
  • Bau
Menurut cerita yang saya dengar dari ibu-ibu yang pernah hamil, di trimester pertama pasti indera penciuman jadi lebih sensitif. Ya benar! Benar sekali. Mereka bahkan sampai gak mau makan nasi karena bau.

Sementara saya? Alhamdulillah masih bisa makan semua jenis makanan normal (kecuali mentimun yang memang dari dulu gak suka), karena bau makanan-makanan itu gak terlalu mengganggu. Saya makan bakso, makan mie ayam, ayam bakar, lele goreng, cumi bakar, sambel, lalab, semuanyaaa…

Tapi saya akui sekarang kalau ada bau apa-apa suka lebih cepat tercium. Misalnya suami abis makan jengkol, baunya masih berasa sampai dua hari. OMG. Untung kita berhubungan jarak jauh, jadi dia bisa makan apapun selama jauh dari saya. Hihi.
  • Ngidam
Sebelum hamil, saya penasaran banget gimana sih mekanisme ngidam? Kok bisa kita menginginkan sesuatu yang harus banget diturutin (katanya kalau gak diturutin, anaknya bakal ileran)? Dan pastinya saya gak sabar dong buat ngalamin sendiri.

Tapi sebulan, dua bulan, tiga bulan… saya masih bingung, ngidam itu cemanaaa??? Selama hamil muda, rasanya saya belum pernah menginginkan sesuatu pake banget nget nget. Semuanya berjalan normal.

Kalau lagi sama suami biasanya suka pengen makan di sini atau di sana (dan selalu diturutin), tapi kebiasaan manja ini sudah saya lakukan sejak masih zaman pacaran, jadi kayaknya gak bisa disebut ngidam juga. Sementara Mama dan orang-orang di rumah hampir selalu nurutin apa yang saya mau, padahal itu cuma pengen aja, bukan ngidam, jadi gak diturutin pun gak apa-apa. Hihi
  • Ngantuk
Perubahan terbesar yang saya alami selama hamil adalah meningkatnya intensitas ngantuk. Dalam sehari, saya bisa tidur empat kali dari pagi sampai malam. Kadang juga bisa tiba-tiba ketiduran waktu lagi kerja. Meski tidur siang lama, di malam hari saya masih bisa tidur cepat. Luar biasa.

Memang meningkatnya hormon kehamilan bisa bikin ibu-ibu hamil cepat ngantuk, tapi terus-terusan ngantuk tanpa kelelahan dan tanpa begadang memang agak aneh sih. Semoga kalau hamil besar, intensitas ngantuknya berkurang yaa.
  • Buang air kecil
Sejak dulu saya selalu berpikir, jangan-jangan saya mengidap sindrom 'shy bladder' yang penderitanya gak bisa buang air kecil di sembarang toilet, kecuali di toilet rumah. Selama TK, SD, SMP, SMA, dan bahkan sampe kuliah, saya sama sekali gak pernah buang air kecil atau besar di toilet sekolah/kampus. Padahal saya bukan tipe orang yang gampang jijik lho. Tapi rasanya saya kurang nyaman kalau masuk ke toilet umum.

Tapi semenjak hamil, intensitas buang air kecil saya meningkat beberapa kali lipat. Ini yang membuat saya terpaksa pakai toilet umum. Karena sudah diwanti-wanti untuk selalu menjaga kebersihan, saya selalu bawa tisu, tisu basah, panty liner, dan hand sanitiser, sebagai peralatan perang ke toilet.

Biasanya cuma pipis dua kali sehari (karena jarang minum juga), sekarang bisa pipis 10 kali sehari. Alamaaakk.
  •  Makan setengah porsi
Meski saya masih bisa makan semua jenis makanan, tapi rasa mual membuat saya susah makan banyak. Setelah perut cukup, rasanya otak saya langsung mengirim sinyal untuk berhenti makan. Kalau saya meneruskan makan, bisa dipastikan makanan-makanan itu bakal keluar lagi.

Tapi tapi tapi, makan sedikit cuma bertahan selama beberapa jam aja. Sebelum masuk ke jam makan selanjutnya, biasanya perut saya udah kembali keroncongan. Kadang keroncongannya parah banget, perut sampe perih kayak gak makan seminggu. Biasanya saya ngemil sesuatu kalau udah kayak gini. Kalau gak ada cemilan, saya makan nasi lagi deh setengah porsi.
  • Berhenti konsumsi obat

foto: Raisan Al Farisi
Saya memang keitung jarang banget minum obat (apalagi ke dokter), kecuali untuk satu hal: migren. Selama hamil saya sudah menjauhi obat-obat warung. Semua penyakit kayaknya masih bisa ditangani dengan sistem imun di dalam tubuh sendiri. Apalagi saya sudah dikasih vitamin khusus ibu hamil sama bu bidan.

Nah, yang paling menyiksa adalah waktu lagi kambuh migren. Walaupun jaraaaang banget, tapi sekalinya kambuh rasanya pengen nangis. Saya hampir-hampir putus asa dan pengen banget minum obat, karena biasanya migren itu bakal langsung ilang.

Untungnya kali ini saya masih kuat iman. Saya pilih tiduran dengan bantal tinggi dan ambil posisi senyaman mungkin. Jauhin layar hape yang bikin pusing dan berusaha untuk tidur. Biasanya keesokan paginya kepala mulai ringan, asal gak bangun tidur mendadak, supaya darah bisa beredar dengan lancar.
  • Merindu suami
dok foto pribadi
Kalau yang ini sih gak termasuk perubahan selama hamil, tapi karena memang dari awal nikah udah jauh-jauhan sama suami. Sedih sih harus el-de-er, apalagi lagi hamil gini. Tapi Alhamdulillah, saya gak pernah kesepian di rumah. Hubungan dengan suami pun sangat baik.

Walaupun jauh, saya gak mau suami sampai sedih. Kita berdua harus bahagia, karena kita sedang menanti kebahagiaan. Hihi.

Sampai jumpa di trimester kedua yaa..

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"