Syukuran Empat Bulan

foto: Sarah Munifah
Gak berasa udah empat bulan aja saya jadi ibu hamil. Intensitas mual dan muntah sudah mulai berkurang, nafsu makan sudah kembali seperti semula. Rencananya saya dan keluarga mau ngadain syukuran empat bulanan di rumah.
 
Kalau ngitung kalender kehamilan, saya tepat masuk empat bulan pada 4 Februari. Tapi karena Mama maunya ngadain acara hari Kamis, jadilah syukuran ini diadakan 8 Februari. Sebenarnya saya agak bingung juga sih gimana tata cara syukuran kehamilan, karena gak pernah dateng kalau tetangga-tetangga ngadain acara serupa (maklum, dulu masih gadis).

Seminggu sebelum acara, saya cari-cari ide souvenir untuk tamu dan keluarga. Kayaknya sajadah kecil lucu juga ya, banyak juga dijual di toko daring dengan harga beragam. Setelah konsultasi sama suami (terutama soal bajet), suami bilang dia bakal cek harga pasar dulu sebelum kita pesen di toko daring.

Eh, besoknya langsung doi ngaprak di Pasar Baru Bandung untuk cari sajadah kecil. Sendirian! Jarang-jarang kan ada laki-laki yang rela masuk pasar demi ngurusin tetek bengek acara syukuran. Memang suami idaman ini sih.

Alhamdulillah, ternyata ada sajadah kecil yang harganya miring, Rp 7.500 aja sebiji. Saya minta dibeliin 100 buah supaya gak repot kalau kurang. Makasih ya Pak Suamii... Sajadah-sajadah ini lalu dimasukin ke bungkus tile yang saya beli Rp 120 ribu per 100 pc di Pasar Anyar Bogor dan diberi tulisan lucu.

Selain urus souvenir, suami juga urus buku pengajian yang isinya khusus doa-doa yang harus dibaca ketika kandungan memasuki empat bulan. Kita pesen 40 buah untuk pengajian bapak-bapak di malam Jumat.

foto: Raisan Al Farisi

foto: Raisan Al Farisi
Persiapan masak untuk syukuran ini agak melelahkan, terutama di bagian belanja. Saya dan Mama yang jadi seksi repot kemana-mana berdua. Untung punya Mama super baik dan cermat. Untung juga dedek di dalem perut ini gak rewel, kuat dan sehat, mirip ibunya. 

Belanja (foto: Raisan Al Farisi)

Ternyata tradisi syukuran kehamilan di kampung sini cukup unik. Kita bagiin rujak sebagai undangan untuk tetangga-tetangga di hari H. Nanti para ibu-ibu datang dan nyecep, sambil icip-icip kue dan ngobrol-ngobrol. Si empunya rumah nanti tinggal bagiin nasi kotak, kue kotak, dan souvenir.

Mama juga udah nyiapin prasmanan untuk temen-temennya yang diundang dan keluarga yang datang. Selain ibu tukang masak, ada adik-adik Mama juga yang bantuin nyiapin ini itu. Syukur banget banyak yang bantu-bantu.

Rata-rata ibu-ibu yang datang ke rumah ngomentarin perut saya yang gak kelihatan menonjol plus badan saya yang kecil. Saya sih udah nyiapin mental untuk komentar semacam ini, gak lucu dong kita baper pas syukuran.

Sebenernya perut saya sudah cukup buncit sedikit, cuma agak ketutup sama baju yang besar. Perut saya kecil karena selama gadis dulu saya gak pernah ngalamin yang namanya perut buncit, kayak cewek-cewek gemuk pada umumnya. Jadi otot-otot perut saya masih kenceng. Mudah-mudahan abis lahiran juga bakal terus langsing, biar suami seneng hihi.

foto: Raisan Al Farisi
Setelah gelombang kedatangan tamu ibu-ibu selesai, keluarga Bandung datang. Aneh juga sih hari itu baru ketemu suami yang baru sampe dari Bandung, jadi tadi pas nyambut tamu-tamu saya jomblo. *jomblo kok hamil

Walaupun keluarga di rumah gak hadir semua karena kesibukan mendesak, Alhamdulillah Mama, Papa, Adek Bandung bisa meluangkan waktu untuk datang, apalagi Papa langsung dari tempat kerjanya di Jakarta. Mereka lalu istirahat sejenak setelah mengarungi perjalanan panjang.

foto: Berdi Suryamulyawan
Ba’da Magrib, bapak-bapak mulai berdatangan untuk ngaji. Ada sekitar 30-an orang yang hadir. Beberapa keluarga besar Mama juga datang untuk ikut pengajian. Senangnya banyak yang doain dedek, semoga doanya diijabah. Dedek jadi anak yang baik, sehat, dan sayang semua orang. Aamiin.

foto: Raisan Al Farisi
Bagian yang paling sedih apalagi kalau bukan pas nganterin keluarga Bandung pulang, karena suami juga harus pulang. Sabar ya Deekk, nanti Popinya balik lagi ke sini jengukin dan ngajak kita jalan-jalan hihi.

Selamat empat bulan, sayang. Hari ini Allah Swt meniupkan ruh untuk kamu, Momi jadi gak sendirian lagi. Kita curhat bareng, ngaji bareng, ngemil bareng, semuanya bareng-bareng ya sampai Dedek besar. Momi Popi sayang Dedek Rai kecil

Kemudian Dia menyempurnakannya dan meniupkan roh (ciptaan)-Nya ke dalam (tubuh)nya dan Dia menjadikan pendengaran, penglihatan, dan hati bagimu."
- QS As-Sajda: 9

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"