Dua Jantung dalam Satu Tubuh (Trimester II)

Foto: Raisan Al Farisi


Mungkin trimester II jadi masa-masa paling melegakan dalam periode kehamilan. Hal yang paling menyenangkan tentunya karena saya sudah terlepas dari mual dan muntah. Setelah memasuki minggu ke-17, intensitas mual semakin sedikit, seiring dengan semakin bertambah besarnya perut.

Mual yang menghilang membuat muntah dan pusing hilang juga. Kekuatan yang sudah kembali akhirnya membuat saya bisa beraktifitas lagi dengan normal. Bisa liputan dengan segar dan gembira, juga bisa ikut suami bolak-balik Bandung.


Foto: Raisan Al Farisi

Oh ya, porsi makan saya juga meningkat berkali-kali lipat, gak lagi makan setengah piring. Kalau biasanya makan di restoran gak habis, kali ini saya bisa ngabisin semua pesanan. Yeay. Rasanya terharu banget bisa kembali makan banyak.

Gak heran berat badan saya langsung naik tujuh kilo selama dua bulan. Suami juga makin sering ngajakin makan yang enak-enak, mumpung ketemu cuma seminggu sekali. Doi hampir gak pernah nolak kalau saya minta dibeliin makan apapun. Ihihi.

Tapi jangan pernah ngebayangin badan saya jadi supergendut, karena faktanya memang gak gendut. Haha. Alhamdulillah gak ada lemak berlebih dan gak ada drama bengkak di sekujur tubuh.

Di trimester ini saya juga berjanji ke diri sendiri untuk minum lebih banyak, mengingat jamanan gadis dulu susah banget minum. Padahal aslinya minum itu enak. Dan yang paling penting, bermanfaat.

Bukti yang paling konkret dari manfaat minum adalah lancarnya buang air kecil dan besar. Perut yang semakin besar kadang menyulitkan saya untuk melakukan dua hal ini. Alhamdulillah karena banyak minum, semuanya lancar jayaa…



Foto: Raisan Al Farisi

Meski begitu, bukan berarti di trimester ini gak ada keluhan lho. Pegal jadi musuh utama saya, apalagi di bagian selangkangan. Paling kerasa banget itu kalau abis jalan jauh atau naik turun tangga, terus tidur, besoknya pasti gak bisa bangun dan susah jalan karena pegal luar biasa. Mungkin karena memang jarang olah raga juga kali ya. Ihihi.

Kalau dulu pegal ekstrem cuma dirasain setelah turun gunung, sekarang hampir ngerasain setiap hari. Jadi kebayang dong gimana rasanyaaa… nikmat bangeet.

Hal menyusahkan lainnya di trimester ini adalah gatal. Perut yang semakin membengkak membuat gatal meraja rela. Katanya sih kalau digaruk bakal berbekas ke kulitnya. Untung saya udah sedia minyak zaitun, jadi bisa langsung dioles setiap kali ngerasa gatal. Sebenernya saya udah pakai minyak ini sedari usia kehamilan dua bulan lho, jaga-jaga supaya gak timbul stretch mark.

Eiiitss, tapi sekali lagi, jangan ngebayangin perut saya buesaaarr seperti bola pantai. Aslinya, perut ini kalau dipakein baju gombrang tu masih gak keliatan kayak perut ibu hamil. Buktinya, saya pernah beberapa kali naik kereta tapi gak ditawarin duduk. Hwehe. Kadang suka malu kalau ngaku lagi hamil demi dapet tempat duduk, tapi aslinya kalau berdiri memang gak kuaddhh.

Dengan perut yang minimalis ini, saya sering banget dapet komentar “Gak keliatan ya hamilnyaa..”. Nah.. pelajaran untuk siapapun, termasuk saya: gak usah banyak basa-basi yang akhirnya bakal ngeluarin komentar basi yang nyakitin dan bikin sedih orang lain. Ibu hamil itu sensitif lhoo, untung saya udah terlatih.



Foto: Raisan Al Farisi

Selain hal-hal di atas, ada hal-hal paling penting yang buat saya bahagia bangeettt di kehamilan ini. 10 Februari, saat kehamilan masuk usia 17 minggu atau empat bulan lebih seminggu, saya ngerasain langsung tendangan pertama dedek dalam perut.

Berasa banget, tanpa diragukan lagi.

Ternyata memang benar, janin baru hidup di usia empat bulan karena sudah ditiupkan ruh oleh Allah. Alhamdulillah, sekarang baru yakin banget ternyata saya memang beneran hamil. Ahaha. Ternyata gak ada ketakutan sedikitpun, yang ada cuma rasa bahagia berjuta kali lipat.

Kebahagiaan selanjutnya adalah waktu kehamilan memasuki usia 18 minggu, 17 Februari. Saya bisa dengar secara langsung detak jantung dedek pakai alat dari bidan. Sempet bengong gak percaya awalnya. Serius nih ada dua jantung di badan saya?

Meski denyutnya belum terlalu sempurna, tapi seenggaknya ini menandakan kalau dedek hidup dan sehat di dalam perut. Dan setiap periksa ke bidan saya jadi ketagihan dengerin detak jantung mungilnya yang semakin jelas. Bahkan suami mesti banget videoin suaranya. Hihi.


16 April, waktu kehamilan memasuki usia 26 minggu, gerakan dedek gak cuma aktif, tapi juga keliatan jelas dari luar. Lucunya, dia seolah gak mau divideoin, soalnya tiap saya siap-siap buka kamera hape untuk ngerekam, dia pasti berhenti bergerak.

Tapi yang lebih lucu lagi adalah, meski aktif setiap saat, dia bakal kalem kalau bapaknya dateng. Ahahaha. Mungkin dia udah bisa mengidentifikasi tangan-tangan asing di perut ibunya ya. Tapi kan kasian deekk, ketemu popi cuma seminggu sekali. Hihi.


Nah, berhubung saya selama hamil selalu periksa ke bidan, saya belum pernah liat langsung dedek secara visual. 26 April, waktu kehamilan memasuki usia 27 minggu, akhirnya saya dan suami memutuskan untuk pergi ke rumah sakit untuk USG.

Foto: Raisan Al Farisi
Memang dasarnya dedek tuh pinter dan baik banget, hasil USG nya sama sekali gak ada yang mengecewakan, posisi bagus, ketuban cukup, berat badan pas, dan kelaminnyaaa…. kasih tau jangan yaa…

Yang jelas saya dan suami sampai berkaca-kaca lihat wujud dedek di USG 2D ini. Ya Allah kasih kesabaran yang lebih untuk nunggu waktu yang tepat buat ketemu dedek, kangeeenn…

Sampai jumpa di trimester III ~

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"