Menanti ... (Trimester III)

foto: Raisan Al Farisi
Akhirnya tiba juga waktu yang dinanti-nanti, trimester III. Yang paling berasa dari periode ini adalah perut yang semakin buesaaarr dan gerakan dedek yang semakin aktif. Saking aktifnya, posisi dedek pernah sungsang kata bidan, kepalanya ada di kanan. OMG. Untungnya si anak pinter ini cepet balik ke tempat semula, kepala di bawah dan nendang-nendang di atas.

Karena pas empat bulan kemarin udah ngadain syukuran, jadi saya dan suami gak ngadain syukuran lagi setelah memasuki tujuh bulan. Tapi di rumah tetep ngadain pengajian. Ceritanya pengajian tujuh bulanan dedek nebeng sama syukuran umroh Bapak Mama dan syukuran rumah Teteh. Ihihi.

Acaranya gak serame waktu empat bulanan. Mama cuma bikin nasi tumpeng dan ngundang keluarga untuk kumpul ngaji di rumah. Alhamdulillah selalu banyak yang doain dedek supaya sehat di dalem perut dan dilahirin dengan lancar.

foto: Raisan Al Farisi
Di trimester ini sebenernya saya agak galau karena harus melewati Ramadhan. Dalam hati sih saya yakin saya bisa ikut puasa dan ini kesempatan langka untuk bisa puasa sebulan penuh tanpa batal. Apalagi sebelum-sebelumnya saya dan suami udah membiasakan dedek untuk puasa Senin-Kamis. Dan dedek selalu hebat setiap diajak puasa, gak pernah ada keluhan apapun.

Saya juga konsultasi sama dokter dan bidan soal puasa ini. Karena kondisi dedek dan kondisi saya sangat prima, mereka memperbolehkan saya untuk ikut puasa. Syaratnya cuma satu: kuat. Kalau sekiranya gak kuat, saya sangat disarankan untuk buka. Lagi pula saya dibekeli vitamin juga kok. Dan gak henti-hentinya berdoa untuk bisa diberi kekuatan puasa.

Alhamdulillah dari awal sampai akhir Ramadan gak ada yang namanya drama. InsyaAllah puasanya lancar dan penuh satu bulan, plus khatam Alquran. Saya juga selalu rajin ngasih sugesti sama dedek untuk kuat puasa. Setiap selesai sholat tarawih selalu ada sesi bincang-bincang antara kita berdua, saling menguatkan. Hasilnya, masih di dalem perut aja udah ngebanggain banget kan.

Padahal di awal-awal puasa itu saya sempet kena batuk cukup parah. Ini pertama dan sekali-sekalinya saya sakit lho selama hamil. Dokter memang udah nyaranin untuk menghindari orang batuk dan perokok. Untung di rumah gak ada yang ngerokok, tapi kondisinya Bapak dan Mama lagi batuk berat sepulang umroh. Mustahil kayaknya harus menghindari mereka berdua hihi.

Saya gak mengkonsumsi obat batuk apapun, cuma rajin ngebalur dada dan tenggorokan pake balsem khusus flu. Alhamdulillah batuknya gak bersarang lama, seminggu aja. Jadi pas kontrol kandungan lagi ke bidan, saya udah dalam keadaan yang sehat.

Semuanya berjalan sangat lancar, ditambah dedek yang super baik. Lebaran kali ini dedek masih dalem perut, insyaAllah lebaran tahun depan udah ada di foto keluarga yaa.. Maafin dedek lahir batin ya pemirsaaa...

foto: Raisan Al Farisi
Yang paling ditunggu-tunggu di trimester ini apalagi kalau bukan belanja keperluan dedek. Lazimnya sih usia kandungan tujuh bulan kita udah bisa belanja, tapi berhubung kepotong puasa (takutnya pasar lagi penuh-penuhnya sama orang-orang yang mau beli baju lebaran), akhirnya ditunda deh sampai delapan bulan.

Uang THR saya sepenuhnya didedikasikan untuk beli perlengkapan dedek. Kebetulan suami dapet libur yang lumayan panjang sehabis lebaran, cuss deh kita belanja. Lokasi pertama yang kita datangi adalah Pasar Anyar di Bogor. Di sini saya, Mama, Bapak, dan Raisan beli beberapa lusin baju dan celana, tas, gendongan, juga bumperset. Kita sengaja beli di pasar karena harganya lumayan miring dibandingkan babyshop.

foto: Raisan Al Farisi
foto: Fira Nursya'bani
Tapi bukan berarti kita gak ke babyshop lho. Ada beberapa perlengkapan yang kita beli di toko khusus bayi yang ada di Bogor Trade Mall (BTM), kayak perlak, jumper, washlap, dan lainnya. Kalau toiletries dedek, kita belinya di supermarket biar sepaket. Oh ya, waktu saya mudik ke Bandung, saya sempetin juga lho main ke babyshop yang ada di Lucky Square untuk beli handuk dan celana pendek dedek.

Meski ngabisin uang lumayan, tapi seru banget milih-milih perlengkapan ini itu. Supaya gak bingung dan kalap ngebeliin benda-benda gak penting, saya terlebih dahulu bikin daftar barang-barang yang benar-benar perlu dibeli. Alokasi uang pun diperhitungkan benar-benar. Sebisa mungkin uang yang dipake adalah uang THR, jadi sementara gak ambil uang tabungan dulu.

Perlengkapan lainnya yang dipersiapkan untuk dedek adalah stroller dan lemari baju. Kebetulan Mama Bandung ngebeliin stroller preloved yang harganya cukup murah tapi masih bagus banget. Dan kebetulan juga di rumah ada lemari rotan yang gak kepake, yang bisa dipake buat simpen baju-baju dedek. Lemari ini kita bersihin dan kita cat pakai cat kayu waterbased khusus yang aman untuk bayi.
foto: Raisan Al Farisi
Hal terpenting yang harus dilakukan di trimester ini adalah: banyak gerak. Karena usia kandungan 'masih' delapan bulan, saya memutuskan untuk ikut suami dulu pulang ke Bandung selama dua minggu setelah lebaran. Inilah saat yang tepat untuk saya bergerak bebas. Bukan berarti di rumah Bogor gak bisa gerak ya, cuma kalau deket suami kan lebih enak ihihi.

Setiap sore saya dan suami jalan kaki keliling komplek perumahan. Tujuan kita adalah tukang kelapa muda. Katanya sih minumin kelapa muda saat hamil besar bisa bikin anaknya bersih saat lahir. Wallahualam. Sebenernya waktu kandungan tujuh bulan saya suka beli kelapa ijo di tukang ini, tapi karena mahal (Rp 20 ribu satu kelapa), saya berpaling ke kelapa muda aja yang murah (Rp 8.000 satu kelapa). InsyaAllah sama-sama berkhasiat, asal gak pake gula dan tambahan lainnya aja ya.
foto: Fira Nursya'bani
Selain jalan kaki, saya juga sering naik turun tangga. Kebetulan di rumah Bandung kamar saya dan Raisan ada di lantai dua. Menurut bidan, naik turun tangga itu baik untuk mendorong posisi dedek semakin ke bawah. Semangat dek! Dan terima kasih suami udah setia anterin jalan kaki <3 br="">

foto: Raisan Al Farisi
Di trimester ini saya dua kali periksa ke dokter dan USG (tapi periksa bidan masih jalan terus ya). Periksa dokter pertama di usia kandungan 35 minggu menunjukkan posisi dedek udah bagus, ketubannya bagus, dan berat badannya 2,6 kg. Sedangkan periksa kedua di usia kandungan 37 minggu menunjukkan hasil yang sama, cuma berat badan dedek nambah jadi 3,1 kg. Alhamdulillaah ya dek.

Tapi kata dokter, kalau dua minggu lagi (usia kandungan 39 minggu) belum menunjukkan tanda-tanda mules, harus diinduksi. Oh tidak. Ya Allah semoga bisa lahiran normal dengan induksi alami. Aamiin.

Periksa di bidan menurut saya lebih menenangkan. Bu bidan cuma minta saya untuk ngurangin makan malem karena berat badan dedek udah cukup. Saya juga dikasih daftar barang-barang yang perlu dibawa saat persalinan. Katanya kemungkinan saya bisa bersalin kapan aja, jadi harus udah bersiap-siap..

Perasaan ini campur aduk, antara pengen cepet-cepet ketemu dedek, sama degdegan lahiran. Semua akan berjalan sesuai kehendakNya. Bismillah...

foto: Raisan Al Farisi

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"