30 Tahun si Anak 90-an

foto: Raisan Al Farisi
Selama ini saya selalu berpikir tahun 1990 itu masih 10 tahun lalu. Sampai saya menyadarinya hari ini, di ulang tahun suami yang ke-30.

Walaupun sudah 30 tahun, suami saya berasa masih belasan tahun. Suka becanda, banyol, suka gulang guling di kasur bareng anak.

Tapi saya bangga dengan sikap baiknya, gak cuma ke anak, istri, keluarga, tapi juga ke orang lain yang gak dikenal. Suami saya ini kalau lagi bawa motor di jalan, setiap lihat ada pengendara lain yang lagi dorong motornya, pasti dia bantu step sampe pom bensin atau bengkel.

Pernah suatu hari di tengah jalan ada anak kucing kecil yang linglung, dia sengaja turun untuk mengevakuasi kucing itu, supaya gak kelindes.

Waktu lagi beli pecel lele di Cileunyi juga, suami saya tiba-tiba ngebeliin beberapa bungkus uduk dan ayam untuk bapak-bapak pemulung yang kebetulan lewat bareng anaknya.

Pernah juga waktu kami pulang kerja, suami lihat di pinggir jalan ada manusia boneka lagi tidur sama anaknya dalam keadaan masih pakai kostum boneka. Dia sengaja puter balik untuk ngasih derma.

Dan banyak hal-hal lainnya yang kadang bikin saya keanehan sendiri. Orangnya gak usah baca yak, ntar ge er.

Tapi semoga semua kebaikan itu jadi tabungan pahala. Dan semua kebaikan itu juga kembali ke dia. Doa untuknya gak akan pernah berhenti, selalu mengalir setiap hari.


Cerita di balik perayaan

Sudah 5 tahun saya selalu ngucapin selamat ulang tahun di pukul 00.00 WIB ke suami. Tahun ini berbeda.

Pagi-pagi gak ada kecupan. Saya sibuk masak dan ngurusin anak. Suami lama-lama keliatan bete karena dikira saya lupa ultahnya.

Atas 2020, bawah 2015.
(foto: Arif Satriantoro/Bu Atin)

Sepanjang jalan ke kantor pun saya dan suami gak ngobrol, diem-dieman aja. Waktu sampai kantor saya, suami dengan ketus ngomong: "Kamu teh lupa?" Saya pura-pura bingung sambil lari masuk ke dalam kantor. Yes. Selamat.

Di kantor, saya langsung konfirmasi pemesanan kue. Ceritanya saya udah pesan kue sejak seminggu lalu. Kue kali ini spesial karena yang saya pesan adalah sushi cake.

Suami saya selalu bilang rindu makan sushi. Maklum, yang biasanya makan sushi sebulan sekali, selama pandemi kita berdua setop dulu kebiasaan ini mengingat sushi langganan kita adanya di dalam mal. Huhu.

Sushi Cake untuk suami. (foto: OTW Sushi)

Sepulang kerja, suami ngejemput seperti biasa, tapi dia datang masih dengan wajah ketus. Untung sore ini hujan, jadi ada yang menginterupsi, di jalan doi gak bisa nanya-nanya kenapa saya bisa lupa ultahnya. Yes. Selamat lagi.

Sesampainya di rumah, saat suami lagi ngelipat jas hujan, saya langsung lari ke dapur. Kebetulan kuenya udah dikirim ke rumah, jadi tinggal dikasih lilin aja.

Tadaaaa..... sambil gendong Rainier di tangan kanan dan bawa kue di tangan kiri, saya mengecup pipi suami. Selamat ulang tahun Popi!

foto: Raisan Al Farisi

Wajahnya berubah semringah. Langsung dia foto-foto dan update status haha.

Suami langsung cerita panjang lebar. Katanya dari jam 00.00 WIB tadi, doi udah nungguin saya ngasih kejutan, ternyata gak ada kejutan apa-apa. Doi sedih juga, saat yang lain, teman, dosen, adik ipar, semuanya ngucapin selamat ultah, istrinya malah cuek kekeke.

Sebenernya gak niat cuek sih, karena kuenya gak bisa dianter pagi-pagi, jadi saya pending ucapan selamatnya ke sore, biar sekalian sama kue hihi.

foto: Fira Nursyabani

Barakallah fii umrik, Pops.

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"