Dan Saya Memutuskan untuk Berkerudung

foto: Richo Arifianto
Saya mau berbagi pengalaman 'spiritual' terkait keputusan saya untuk pakai kerudung secara permanen. Lupa lagi deh kapan saya pertama kali mulai berkerudung.

Yang saya ingat, waktu itu saya bilang ke Mama dan kebetulan di situ juga ada Bapak yang ngedengerin. Wajah semringah kelihatan banget dari wajah mereka.

Mungkin mereka menerka-nerka ada angin apa yang tiba-tiba ngebuat saya mutusin buat berkerudung.

Alasan yang logis mungkin karena pengaruh lingkungan di sekitar. Di kampus saya yang rada-rada religius, banyak banget cewek-cewek berkerudung.

Ditambah, se-gank saya, dari lima orang cewek, cuma satu yang nggak berkerudung (jadi berdua dengan saya).

Sebenarnya bukan kesan cantik yang saya ingin munculkan setelah saya berkerudung, tapi ‘being a good girl.’

Mengingat zaman-zaman akhir SMA, hidup saya carut marut, punya pacar anak band, sering diajak ke acara-acara sampe balik malem bahkan subuh. Betapa gampangnya saya kebawa arus.

Menurut saya sih, dengan berkerudung, bukan berarti saya berubah jadi perempuan kurang pergaulan (kuper). Kerudung oke, gaul oke, sesuai dengan batasan-batasannya.

Setelah kuliah, saya harus tinggal sendiri, ngurusin hidup dan pergaulan saya sendiri. Gak ada Mama dan Bapak yang siap ngomelin kalau saya nakal.

Waktu hidup bareng orang tua aja rasanya saya udah (agak) bandel, gimana kalau hidup sendiri? Wajar semua orang, keluarga, temen-temen, pacar, semuanya khawatir.

Tapi untungnya di sini saya gak sampai terjerumus ke hal-hal yang negatif. Saya coba mutar otak, sampai akhirnya memutuskan buat pakai kerudung. Permanen loh ya, bukan lepas-pake atau on off.

Saya pikir, dengan berkerudung saya bisa membentengi diri sendiri. Maksudnya, kalau saya mau ngelakuin hal-hal negatif, saya bakal malu sama kerudung yang saya pakai.

Respons dari kalangan masyarakat (ceile masyarakat) setelah saya pake kerudung ini sekitar 80% bilang ‘Alhamdulillah yah.’ Sisanya bilang Alhamdulillah sambil mandang aneh, gak percaya, mencibir, terutama temen-temen SMA.

Jelas aja, yang mereka tau Fira zaman sekolah itu tomboy, slengean, cuek. Jadi gak mungkin banget mau pakai kerudung. Saya yang udah mulai belajar sabar ini ya gak terlalu nanggepin banget sih komentar orang lain.

Saat ini, sudah genap satu tahun (lebih sedikit) saya berkerudung. Dan kesannya.. Nyesel. Sumpah nyesel banget kenapa nggak dari dulu saya pakai kerudung.

Soalnya, di samping ‘being a good girl’ dan membentengi diri itu, ada banyak keuntungan-keuntungan lain.

Misalnya, kulit saya jadi makin putih karena ketutupan terus dan rambut saya yang gak jelas ini jadi gak usah disisir (menyisir adalah pekerjaan yang membetekan).

Saya gak tau masa depan, tapi semoga angin positif masih akan selalu mengalir ke arah saya dalam mempertahankan konsistensi berkerudung. Walaupun belum syar'i, insyaallah selalu ada jalan buat berusaha jadi lebih baik.

"Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."
(QS. Al Ahzab: 59)

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"