Gedung Bumi Siliwangi

Tampak depan bangunan Villa Isola

Villa Berretty mulai di bangun pada bulan Oktober 1932 hingga Maret 1933, berdasarkan rancangan arsitek C.P. Wolf Schoemaker dengan gaya arsitektur Modern Functional dengan elemen Art Deco. Villa ini terletak di Lembangweg (Jl. Dr.Setiabudi).

Desain bangunan bergaya Art Deco ini sangat unik, didominasi dinding lengkung dan ditunjang dengan penempatan bangunan yang strategis, memiliki pemandangan lepas ke arah selatan kota Bandung dan ke arah utara Gunung Tangkuban Parahu, sehingga menghasilkan bentuk tampak bangunan yang baik dari segala sudut pandang. Konsep dasar bentuk bangunan ini diinspirasikan dari bentuk candi Hindu.

Tampak belakang bangunan Villa Isola
Villa Berretty adalah milik seorang milyuner berkebangsaan Italia bernama Dominique Willem Berretty, pendiri Kantor Berita Aneta (Algemeen Nieuws en Telegraaf Agentschap). Villa Berretty merupakan tempat bersantai dan peristirahatan ekslusif pada masa Hindia Belanda.

Namanya diganti menjadi Villa Isola setelah dibeli oleh Hotel Savoy Homann. Villa Isola dibuka sebagai hotel untuk umum pada Desember 1936, dengan pengelolaan oleh Fr.J. Van Es yang sekaligus mengelola Hotel Savoy Homann di Bandung.

Kompleks Villa Isola dilihat dari udara (1936)
Nama Villa Isola diganti menjadi Bumi Siliwangi pada tahun 1954, dan dijadikan Kampus Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG)—cikal bakal Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP), yang kemudian berubah menjadi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Source: BANDOENG TEMPO DOELOE

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"