5 CM Movie

pic: illawise.com
Film berjudul 5 cm besutan sutradara Sunil Soraya ini merupakan film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Donny Dirganthoro. Ada enam karakter utama dalam film ini, yaitu Genta yang diperankan oleh Fedi Nuril, Riani yang diperankan oleh Raline Shah, Zafran yang diperankan oleh Herjunot Ali, Arial yang diperankan oleh Denny Sumargo (atlet basket Indonesia), Ian yang diperankan oleh Igor 'Saykoji', dan yang terakhir Arinda yang diperankan oleh Pevita Pearce.

Cerita novel karya Donny Dirganthoro ini sangat menarik, membuat semua pembacanya sangat tertarik untuk mengunjungi gunung tertinggi dipulau Jawa, gunung Semeru. Di akhir tahun 2012 ini, film berjudul 5 cm resmi diluncurkan pada tanggal 12 Desember 2012. Let's compare it.

pic: kapanlagi.com


Talking about the characters: Genta, yak cocok diperankan oleh Fedi Nuril. Sosoknya tegas, serius, dan tipe-tipe pemimpin gitu. Riani, wogh kenapa Riani di film itu beda banget dari imajinasi saya waktu baca novelnya ya, soalnya Riani di film ini caantiiik banget, ga pake kacamata, ga terlalu ditonjol-kan 'pinter'-nya, dan ga terlalu ditonjolkan juga kalo dia suka sama Zafran, she is too beautiful to be Riani! Zafran, emm yaa Junot itu lucu banget, tapi kurang lincah dibandingin Zafran yang di novel. Dan juga pas dia meranin Juple yang puitis kok kayanya kurang pantes ya, abis mukanya cakep banget sih :"> Arial, wah pas nih Denny Sumargo badannya gede, pas banget kaya Arial, kakunya Arial waktu ngadepin cewek juga pas diperanin sama Denny, cuma Denny ini kurang mirip aja sama Pevita Pearce, Arinda adiknya. Ian, mungkin Igor dipilih karena Ian emang secara fisik gemuk banget, doyan makan, dan paling sering dibully. Aktingnya Igor disini bagus, lebih natural dibanding film yang diperanin dia beberapa tahun yang lalu bareng sama Candil Serious (lupa lagi judulnya). Daaann, Pevita Pearce sebagai Arinda. Awalnya saya agak  ngedumel, ih kenapa harus Pevita sih yang meranin Arinda! Tapi pas nonton filmnya, ternyata aktingnya Pevita sebagai Arinda yang polos dan tiis ini bangus banget :)

pic: personal doc
Dan tentang ceritanya, sudah biasa saat sebuah novel di film kan, pasti ada bagian yang dipotong. Jelas saja, tebal novel yang beratus-ratus lembar itu ga mungkin juga di visualisasikan semua dalam waktu 1,5 jam. Tapi don't worry, gambar bisa bicara banyak tentang setting, karakter dan cerita. Salah satu cerita yang terdapat dalam novel 5 cm dan hilang saat di visualisasikan ke film adalah saat mereka mulai mendaki Semeru, dan mereka bertemu/berkenalan dengan pendaki lain bernama Deniek dimana pendaki tersebut mempunyai teman yang hilang saat mendaki gunung Semeru setahun yang lalu. Pendaki yang hilang tersebut bernama Andrian Andriano, nama yang sama dengan nama panjang Ian (Igor 'Saykoji'). Tanpa adanya bagian tersebut, film ini dikarasa kurang 'mistis', seperti novelnya. Walaupun dalam versi novel ceritanya lebih jelas dan lengkap, namun saya lebih menyukai versi filmnya, karena dalam film, unsur-unsur 'filosofis'nya sedikit dihilangkan. Pembicaraan tentang plato, socrates, tentang albert einstein dll membuat novel 5 cm sedikit sulit untuk dicerna, namun tak demikian di film.

Menurut saya, film tentang persahabatan, cinta dan mimpi ini dikemas dengan amat baik, dengan setting yang super keren, yaitu di gunung Semeru. Namun tema persahabatan dan cinta lebih foregrounding, dibandingkan tema mimpi yang backgrounding. 'Mimpi' yang sebenarnya menjadi inti dari cerita 5 cm ini, kurang terlihat saat divisualisasikan kedalam film.

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"