Amateur Blogger, Amateur Co-editor

Februari lalu, sebagai mahasiswa semester 7, saya di haruskan mengikuti PPL (Program Pengalaman Lapangan). Setelah menghadapi birokrasi yang buruk saat melamar magang di sebuah perusahaan media cetak di Bandung, akhirnya saya mendapat tawaran untuk PPL di Bogor, di PT.Yudhistira Ghalia.

Penerbit Yudhistira ini sebenarnya tidak asing bagi saya. Karena kantor pusatnya dekat dari rumah, sewaktu sekolah dulu hampir setiap hari saya melewatinya.

Setelah saya memberi tahu teman-teman tentang tempat saya melaksanakan PPL, mereka berdecak kagum karena ternyata penerbit Yudhistira cukup terkenal. Jelas saja, distribusi buku pendidikan produksi penerbit ini tersebar di seluruh Indonesia.

Para dosen pun memberikan respons positif atas pemilihan tempat PPL yang menurut mereka berkaitan erat dengan jurusan Bahasa Inggris.

Atmosfer di Yudhistira sebenarnya sangat asing bagi saya. Meskipun begitu seluruh staf dan karyawannya sangat baik dan terbuka.

Rutinitas yang saya jalani selama dua bulan sebagai anak magang sama dengan karyawan yang lainnya, masuk pukul 08.00 dan pulang pukul 17.00. Oleh sang supervisor, saya ditugasi menyunting sebuah buku pendidikan Bahasa Inggris untuk kelas 1 SMP.

Sebenarnya buku tersebut sudah siap cetak sehingga saya hanya mengoreksi kesalahan minor ketikan, pemilihan kata, dan grammar. Merasa tidak melakukan sesuatu yang besar atas buku tersebut, saya merasa terkejut sekaligus senang ketika supervisor saya mengatakan nama saya akan dicantumkan di dalam buku tersebut.

Dua bulan kemudian, saya mendapat kabar bahwa buku tersebut --buku pertama yang tercantum nama saya di dalamnya-- sudah dicetak. Dan saya mendapat jatah satu buah buku, gratis. Alhamdulillah.

dok. Yudhistira

Walaupun belum berniat untuk membuat buku sendiri, saya merasa (amat sangat) bangga (sekali) dengan adanya buku ini.

Seorang blogger amatir dengan opini-opini amatir di dalam blog amatir menjadi seorang co-editor amatir yang terus berjuang agar terus bisa menuangkan ide-ide amatir ke dalam tulisan-tulisan amatir. Cheers ~

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"