If I Didn't Do These, I Wouldn't be Able to Test My Extrovert Side

foto: Fira Nursyabani
Entah bermula dari mana.

Yang pasti emang gak ada jalan yang mulus waktu kita lagi ngusahain sesuatu. Banyak kok orang yang bilang Allah pasti ngasih apa yang terbaik buat kita, gak melulu apa yang kita mau.

Banyak juga yang bilang kegagalan itu keberhasilan yang tertunda. Daaan semua nyata kejadian di hidup saya sendiri. Amazing.

Oke selesai melankolisnya. Ceritanya, beberapa taun yang lalu gak ada sama sekali pikiran buat jadi wartawan. Maksudnya wartawan beneran, di media beneran.

Walaupun sebelumnya udah lumayan sering ngeliput buat ngisi barayabandung.com, ternyata pengetahuan jurnalistik saya masih cetek banget. 

Jadiii.. berbekal orientasi singkat soal media dan kewartawanan, akhirnya saya terjun bebas ke lapangan buat nyari apa itu yang biasa disebut dengan berita.

Semuanya gak gampang. Lebih-lebih karena saya buta banget sama daerah Ibu Kota (sebenernya gue emang buta semua daerah). Jadi wartawan kabar kota yang mesti keliling JA-BO-DE-TA-BEK (meski yang lebih banyak diambil berita dari JA-nya), membuat saya temenan baek, sahabatan, sohiban sama Google Maps, Transjakarta, dan CL (Commuter Line alias CeLeta api).

Di sini saya ngerangkum dua minggu perjalanan mentoring sebagai wartawan anak bawang. Tapi masalah sesungguhnya bukan karena saya harus nulis banyak berita dengan baik dan benar, tapi saya harus kerja…. ngadepin manusia lain.

And unbearable life starts here..

BePeJeeS

foto: Fira Nursyabani
Di hari pertama banget, saya harus ke kantor BPJS Bogor di Jalan Baru. Udah buta jalan, buta pula saya soal BPJS. Apaa BJPS? BPJS? BSPJ? Entahlaaah.

Supaya gak keliatan oon banget ya saya pake power of googling. Ooh ternyata BPJS itu leburan dari Askes dan Jamsostek. Oke sekian.

Apa nih yang mau saya liput? Bukan soal lembaga dan programnya kok, melainkan soal padetnya orang yang pada mau bikin kartu BPJS. 

Denger-denger sih ampe ada yang keguguran segala. Bisa lo bayangin, nene-nene, bayi, bapa-bapa, ibu-ibu, bocah-bocah, teteh-teteh, encang encing enyak babeh semua nyampur jadi satu. Penuuuh banget.

Ampe ada yang dateng jam tiga subuh buat ambil nomer antrean. Salut banget lah, salut bisa tahan antre padahal AC di dalem ruangan matot.

Susah kan tuh nyari orang yang mau diwawancara, ampe gue dijudesin emak-emak gara-gara disangka calo. Aseem. Selesailah liputan dan berita saya dengan bercucuran keringat dan diakhiri dengan makan bakso depan kantornya.

Besoknya.. saya harus panas-panasan lagi di antara ratusan orang yang antre BPJS huhu. Misi dari khayangan kali ini saya harus nemu calo!

Daaan.. yang saya pikir calo itu wujudnya bapa-bapa brengosan, pake jaket item, misterius, ternyata salah total!! Para calo itu sama kayak kita wujudnya, mereka nyamar. Rasanya pengen banget saya ajak doi main drama di ELF, jago ekting bo!

Tapi Alhamdulillah semua gak sia-sia. Jujur aja saya norak banget ampe jingkrak-jingkrak waktu pertama kali liat tulisan saya dimuat di media online dan cetak, media beneran.

Tulisan pertama di tentang BPJS.
(foto: Fira Nursyabani)

KAMAR MAYAT RSCM

Tangkapan layar percakapan saya dengan bang mentor.
“Fira belum pernah ke kamar mayat kan?” sungguh terlalu sang babeh mentor minta saya pergi ke kamar jenazah buat wawancara mayat.

Dibilang penakut sih sebenernya nggak juga. Malah saya rada bergairah karena katanya kamar jenazah RSCM itu udah legendaris banget, tiap ada kejadian yang aneh-aneh pasti langsung dibawa ke situ.

Masalahnya adalah… saya gak tau jalan dan belum pernah ke RSCM sekali pun seumur hidup.

Sebel itu ketika udah sampe ternyata RSCM lagi krik.. krik.. gak ada kejadian apa-apa. Bukannya ngedoain supaya ada kejadian macem-macem looohh, tapi tugas dari khayangan mengharuskan saya minimal liat satu mayat.

Akhirnya saya diem di kantin pas depan kamar jenazah, ceritanya ikut ngadem minum es sambil kenalan sama ibu kantinnya.

Namanya ibu Sutrianingsih, beliau udah 25 tahun jualan depan situ. Gila, pasti doi udah liat banyak kejadian yang seru buat diceritain. Katanya anak ibu yang laki belum lama meninggal karena pernah kecelakaan motor.

Anak-anaknya sekarang empat, cewek semua. Eh sebelum doi sempet cerita yang asoy asoy soal kamar jenazah RSCM, khayangan udah ngasih sinyal buat nyuruh liat mayat lagi.

Jadilah saya berbengong-bengong ria depan kulkas penyimpanan mayat. Petugasnya bilang saya gak boleh masuk. *hiks* Tanpa berita saya kembali ke khayangan.


JEMBATAN BESI, TAMBORA

Lagi-lagi, saya gak tau apa-apa soal wilayah Tambora yang sering kebakaran. Harus ke kelurahan Jembatan Besi segala buat wawancara ibu lurahnya yang katanya udah terkenal karena keren macem Pak-Presiden-Baru.

Setelah mengandalkan power of googling dan power of having friendship with Transjakarta, saya nyampe juga di dunia antah berantah: Jembatan Besi.

Yang saya liat sih wilayahnya gak padet-padet banget, masih kemasukan mobil. Dengan sok tau, saya wawancara sang lurah, pura-puranya saya ngerti banget masalah Tambora.

Syukurnya, ibu lurah, Amperiyani, orangnya asik diajak ngobrol dan welcome banget sama wartawan. Jadi ceritanya beliau udah enam tahun jadi lurah situ dan entah udah berapa kali ngurusin kebakaran. 

Seringnya kebaran karena rumah-rumah situ berdempetan, aliran listrik pajeulit, dan kebanyakan temboknya dari papan. Selesai. Tiga berita naik!

foto: Fira Nursyabani


MBAH PANIRAH

Mbah Panirah
foto: Fira Nursyabani
Sekarang giliran Depok yang saya datengin. Bukan buat nengokin Emak ama Sapira di Beji, tapi buat nyari pengemis. Tuh pengemis aja saya cari, apalagi jodoh! *elah basi*

Konon, Depok itu penuh sama pengemis, terutama di jalan gede macem Margonda. Iya bener berita lain bilang gitu, tapi pas bulan puasa. Lah sekarang, saya ngiterin Margonda ampe gosong, kagak keliatan pengemis barang sebiji. Terlaluh!

Setelah nyampe pasar, saya liat seorang nenek-nenek yang udah tua banget. Dia bawa-bawa tempat duit dan keliatannya pengen beli sesuatu.

Langsung saat itu juga saya pedekate dengan mbeliin mangga. Tadinya mau saya anter ke rumahnya, sekalian nanya-nanya soal misi dari khayangan: kenapa pada doyan ngemis di Depok? de-el-el.

Namanya Mbah Panirah dan doi gak mau dianter ke rumahnya. Katanya malu karena tempat tinggalnya kumuh. Mestinya sih gak usah malu, kalo rumah doi gedongan baru malu. Hihi piss mbah..

Sebenernya wawancara si Mbah ini susah karena doi pake bahasa Jawa. Mana saya ngerti. “Mbah jangan pake bahasa Jawa, saya gak ngerti,”

*lalu si Mbah ngejelasin pake bahasa Indonesia*

*beberapa detik kemudian pake bahasa Jawa lagi* Ada lah satu bapa-bapa nyebelin yang berbaik hati ngartiin.

Umur si Mbah udah lebih dari seratus taun. Gak paham kenapa beliau masih kuat jalan dan ngerokok meski emang sih badannya udah bungkuk banget dan suaranya gak jelas.

Dia dari Ngawi, katanya sih ngemis di sini karena gak mau ngerepotin saudara-saudaranya di Ngawi. Denger-denger penghasilan pengemis itu lebih gede dari wartawan yaa wallahualam, si Mbah malu ceritanya haha.

Singkat cerita, kisah mbah Panirah ini saya tulis dalam bentuk feature. Dan gak tau gimana bisa lolos cetak.

foto: Fira Nursyabani


KAMPUNG PULO

foto: Fira Nursyabani
Dapet tugas ngedatengin kampung kumuh di bantaran kali Ciliwung yang sering kena banjir..itu ngebingungin, karena yang saya pikir semua pinggiran kali Ciliwung dihuni rumah-rumah semi permanen dan semuanya kena banjir.

Ternyata ada satu permukiman kumuh yang terkenal: Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara.

Ceritanya di sekitaran lagi ada pembuatan sodetan dalam rangka normalisasi kali Ciliwung. Sempet ngobrol-ngobrol sama petugas keamanan PU tentang proyek ini, namanya Pak Chandra.

Katanya sih ini proyek Pak-Presiden-Baru dari 2013 sepanjang Manggarai ke Jatinegara, yang ngabisin uang ampe 1,2 triliun (pusing kan triliun nolnya ada berapa).

Kenapa sih ada normalisasi, emang Ciliwung gak normal? Sebenernya, kembali lagi ke permukiman kumuh, itulah penyebabnya. Kompleks.

Terlalu jauh kalo kita mikirin kenapa mereka bisa sampe bikin rumah gak layak di tepi kali Ciliwung, karena masalah utamanya yang sepele itu kenapa mereka terus-terusan ngasih sampah ke kali itu yang bisa nyebabin banjir dan kotor.

Bukan semata-mata banjir itu karena Bogor (bukan karena saya orang Bogor jadi ngebela diri nih..), tapi karena perilaku jelek dalam menjaga lingkungan. Pokoknya jangan mau ama anak bantaran sungai, sampah aja gak bisa diperlakukan dengan baik, apalagi elo hehe.

Sok taunya Pak Chandra sih bilang perilaku masyarakat Indonesia ini akibat penjajahan Belanda. Kata doi, Belanda itu pas ngejajah mesti banget bikin pendahulu kita jadi bodo, abis itu baru dikuras hartanya.

Iya juga sih, buktinya korupsi dari jamanan VOC masih aja jadi budaya ampe sekarang. Apa iya? Wallahualam.

Semua ngarepin Indonesia berubah secara mental (map bukan kampanye..), tapi semua bingung..mulai dari mana ketika dari diri sendiri udah di mulai sejak lama.

foto: Fira Nursyabani
Byebye ke Pak Chandra, saya mulai masuk ke daerah kampungnya dan kenalan sama ibu Yati. Orangnya baik dan mau cerita-cerita soal suka dukanya tinggal di sana.

Katanya Kampung Pulo itu kalo ujan pasti jadi daerah yang paling pertama banjir dan kalo reda pasti jadi daerah paling terakhir surut. Miris banget khan.. *susut ingus*

Tapi ngeliat keceriaan dua anaknya, Diah dan Ichsan yang unyu banget, rasanya saya salah kalo nilai mereka menderita. Mereka bahagia kok. Tapi entah gimana nasibnya mereka yang bentar lagi bakal kena gusur.

Mestinya Pemkot, PU sama warga menganut sistem mutualisme biar enak. Menurut saya, kalo udah enak, mending pindah dah tu rumah dari bantaran kali ke rusun. Mulai hidup baru dengan pengelolaan sampah yang baik.



STASIUN KRANJI

foto: Bapak Satpam
Usut punya usut, di Bekasi ada banyak pintu perlintasan kereta api gak resmi. Gak resmi itu ya maksudnya perlintasan itu dibikin sama warga sendiri, pintu palangnya juga dibikin sendiri secara swadaya, dan penjaganya juga di’gaji’ sendiri sama warga. 

Nyampe di Stasiun Kranji (satu stasiun sebelum Stasiun Bekasi), saya celingak celinguk sendirian, harus kemana saya nyari tu pintu perlintasan gak resmi. Tapi ternyata tepat di samping stasiun, ada pintu perlintasan persis sama apa yang saya gambarin tadi.

Yang saya gak ngerti, kenapa bisa ada pintu perlintasan kereta api gak resmi yang pas banget ada di sebelah stasiun. Emang kepala stasiunnya kagak negor?

Akhirnya saya kenalan kan tuh (bukan pedekate, sumpah!) sama penjaga pintunya. Namanya Pak Aki, umurnya kira-kira kepala enam.

Sebenernya doi sendiri lupa kelahiran taun berapa, cuma bilang kalo sekarang doi udah punya enam cucu.

Tempat kerja sehari-hari Pak Aki cuma kursi kayu ukuran 1x1 meter yang dibikin sedemikian rupa supaya yang duduk gak kepanasan. Di kursi itu Pak Aki bisa ngendaliin palang pintu yang gak tau gimana ceritanya satu tuas bisa gerakin dua palang sekaligus.

Masalah uang, Pak Aki cuma di’gaji’ seiklasnya sama warga yang lewat. Satu kaleng cet bekas ditaro di jalan perlintasan, tiap orang yang mau ngasih bisa dialungin tuh duitnya ke situ.

Pas saya intip ke dalem tu kaleng, isinya paling gede cuma serebu, sisanya gopek, dua ratus, dan seratus. Bayangin, orang-orang situ udah disebrangin dan dijagain sama Pak Aki dari jalur kereta api tapi mereka cuma ngasih seratus rupiah! Permen aja gak dapet loh oommm tanteee…

Mirisnya Pak Aki gak cuma soal duit. Bisa bayangin, tempat kerja doi cuma berjarak kurang dari dua meter dari rel kereta api. Dan kalo kereta lewat, muka ama bodi kereta bagian bawah cuma berjarak semeter.

Kereta Jabodetabek mungkin rada pelan setelah lepas landas dari stasiun, tapi tiap kereta jarak jauh lewat dengan kecepatan tinggi, rasanya kayak ada gempa bumi campur angin puting beliung plus debu-debu beterbangan. Dahsyat banget.

Itu yang saya rasain waktu lagi wawancara Pak Aki, tiap-tiap kereta lewat saya langsung bersembunyi dibalik tempat duduk Pak Aki. Seremnya itu berasa lagi deket banget sama maut. Nyebuuutt…



KATULAMPA

foto: Muhamad Rizki Farhan
Pernah sih lewat ke Katulampa, tapi belum pernah main dan liat bener-bener wujud waduk yang terkenal itu. Sebagai warga Bogor, saya ngerasa biasa aja, ya Katulampa banyak air, udah.

Ternyata pintu air Katulampa itu berpengaruh besar sama kota sekelas Jakarta. Gak cuma pas debit air banyak, tapi juga pas debit air kecil.

Waktu pas saya ke situ, Katulampa lagi kering kerontang. Di saluran irigasi di sebelahnya, air masih banyak.

Di pintu airnya…cuma keliatan batu-batu kering di dasar bendung. Ini gak sama nih sama yang di tipi-tipi. Ini saatnya saya ngeliput hal yang beda.

Kalau yang lain nengok Katulampa pas musim ujan doang, sekarang saya harus liput Katulampa pas kosong melompong gak ada aer.

Setelah dijelasin sama Pak Andi, kuncen Katulampa, tak disangka Katulampa yang kering bisa ngancem ekosistem yang ada di Ciliwung (gak cuma preman yang tukang ngancem yak..).

Akhirnya saya nanya-nanya ke Komunitas Ciliwung Condet (KCC) soal ekosistem yang ada di Ciliwung. Saya telepon CP nya KCC, namanya Pak Abdul Kodir.

“Halo Pak, Pak ini Ciliwung kering gimana nih Paaak?”

Penjelasan Pak Abdul lebih mengerikan karena Ciliwung pas kemarau itu bikin sampah numpuk dan limbah mengendap. Omong-omong soal ekosistem yang terancam, emang dengan kondisi Ciliwung yang begitu jijay, ikan bisa idup?

PASAR LAWANGSAKETENG

Sempet dijutekin pedagang karena disangka rentenir?? Di sini tempatnya. Sebelumnya saya gak tau kalo lintah darat banyak berkeliaran di pasar Lawangsaketeng (Pasar Bogor). 

Ceritanya, saya lagi nanya-nanya sama pedagang daging di situ, namanya Pak Wawan. Awalnya tugas dari khayangan cuma inspeksi harga-harga pasar pas lagi musim kemarau.

Ternyata si Pak Wawan ini malah cerita panjang lebar soal rentenir. Kesian, ternyata di pasar situ gak ada koperasi buat ngebantu pedagang yang hampir bangkrut.

Pak Wawan ini termasuk korban rentenir juga loh, buat nutup bunga 30% dari utangnya, doi harus gali lobang tutup lobang. Sungguh kejam.

Masalahnya Pasar Lawangsaketeng ini gak ada kepala pasarnya. Pedagang-pedagang bilang ini pasar kelurahan. Mereka ngarepin banget bisa dibantu soal rentenir ini.

Saya tanpa bermaksud pengen jadi superhero, pingin banget bantu. InsyaAllah, dengan segenap hati. Khayangan yang tau masalah ini langsung nugasin gue ke pasar ini lagi buat nyari tu rentenir. Tapi gagal…ternyata ketemu rentenir lebih susah dari ketemu calo.



PAK-PRESIDEN-BARU

Masuk ke tim peliputan pelantikan Pak-Presiden-Baru, buat saya adalah pengalaman yang aneh banget sebagai wartawan anak bawang.

Setelah curhat soal rentenir dan ditraktir makan sama babeh mentor di akhir mentoring, saya kaget juga kebagian di pos di kantor buat neleponin narasumber dari jam tujuh pagi ampe jam tiga sore.

Nonton prosesi pelantikan Pak-Presiden-Baru yang penuh dengan hiruk pikuk sampe pala ngebul nelepon ini itu dan bikin delapan berita stripping, adalah akhir dari mentoring gue sebagai wartawan anak bawang.

***

Balik ke tujuan iseng saya sebagai wartawan: how come the media bring journalists to their ideologies? Belum saya temuin jawabannya. Mungkin kalo nanti saya udah gak pake kode C09 lagi, atau kalo saya udah jadi redaktur, saya bakal bikin tulisan khusus.

Selama ini saya selalu mikir setiap liputan sama aja kayak saya lagi jalan-jalan dan berpetualang ke tempat-tempat baru, ketemu orang-orang baru, dan kepo tentang apa yang ada di dalem tempat itu.

Trus saya nulis cerita-cerita saya ke beberapa tulisan. Mirip kayak selama lima taun saya ngelola blog gak jelas ini.

Entah bermula dari mana.

Welcome to an abnormal life as journalist!
foto: Maksus

foto: Fira Nursyabani
If I didn't do these, I wouldn't be able to test my extrovert side  -Fira

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"