Hutan Mangrove Angke Kapuk

foto: Intan Pratiwi
Berawal dari kebosanan ngantor, saya dan teman sepermainan.. eh sekantor, Intan, berniat buat main demi ngilangin rasa mumet ngurusi berbagai isu.

Pilihan main jatuh ke Taman Wisata Alam Angke Kapuk di Jakarta Utara. Jadi tempat itu semacam hutan bakau yang dijadiin taman wisata.

Tanpa basa-basi, jadilah kita berdua meluncur pakai motor ke sana. Berbekal GPS yang (lumayan) amsyong, akhirnya kita sampai di tujuan.

Perjalanan sekitar satu jam dari Slipi. Tiket masuk Rp20.000 buat dewasa dan parkir motor Rp5.000. 

Ternyata taman wisata ini bukan hanya sekadar tempat konservasi pohon bakau, tapi juga tempat buat ngadain acara. Ada banyak bangunan-bangunan penginapan berbentuk kemah dan beberapa tempat pertemuan terbuka.

Tapi yang asik adalah jalan setapak yang dibuat dari dahan-dahan kayu. Kita bisa liat pohon-pohon bakau dan aliran air payau yang sedang menuju laut. Lumayan asik buat foto-foto.

Di sepanjang jalan setapak itu juga kita bisa liat banyak hewan-hewan yang pasti jarang kita liat di kota, kayak burung-burung langka sampe biawak. Seriously I saw a biawak by myself for the first time in a forest, quite amazing.
foto: Intan Pratiwi
Yang mau jalan-jalan di air, bisa nyewa perahu boat Rp400.000 atau perahu dayung Rp100.000. Dan yang bawa kamera DSLR bakal dikenai biaya tambahan. Pokoknya asik buat foto-foto...dan pacaran. Haha *ini yang saya sedihkan*

We're so amazed sampai kita dikasih tau kalau kita bisa liat pantai. Akhirnya kita ngikutin papan petunjuk yang nunjukin arah pantai. Aahh kalau udah denger pantai tu rasanya udah ngebayangin hal yang indaah nan menyenangkan.

Tapiii... jreeeng. Setelah sampai ke (apa yang mereka sebut) pantai, kita berdua langsung monohok. Bayangan pantai yang bisa dipake lari-lari India atau sekedar sunbathing langsung pudar.

Di depan mata terhampar proses reklamasi plus beberapa buah beko plus jalan layang besar menuju 'pulau baru.' This wasnt what we suppose to imagine. This city is totally shattered. Saya dan Intan menunduk lesu dan memutuskan untuk enyah dari situ.

Selebihnya, you guys bisa jadiin hutan bakau ini jadi tempat alternatif buat ngilangin stres karena tinggal di ibu kota. hwehe.

dok foto pribadi
foto: Intan Pratiwi

dok foto pribadi
dok foto pribadi

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"