Mengelola Perasaan?

Pernah denger gak sih nasihat "kita harus mencintai sekadarnya dan membenci sewajarnya"? Kalimat itu buat gue pribadi, jadi semacam pengingat kalau yang berlebihan itu gak baik.

Tapi kadang sering gue tanya diri sendiri, gue udah mencintai seseorang sekadarnya? Gue udah membenci orang lain sewajarnya? atau belum?

dok foto pribadi
Sebenernya nih ya, ada perubahan besar yang gue rasain semenjak masuk usia dewasa, dibandingin sama usia remaja dulu. Salah satunya mungkin soal mengelola perasaan kayak gitu

Cewek mana sih yang gak melankolis najis kalau lagi jatuh cinta atau patah hati? Gue ngerasain semua fase itu.

Fase gue lagi bahagia-bahagianya sama orang tersayang, kayaknya orang itu udah 100% pasti hidup sama gue sampe tua, jodoh dunia akhirat.

Fase cemburu, sakit hati yang bener-bener sakit sampe semua badan rasanya ancur dan benci sama apapun. Fase marah gak dapet ucapan selamat pagi. Fase lebay gak mau kehilangan.

Fase remaja yang bikin sekarang gue bilang "lo dulu apa-apaan sih, Fir?"

Dan akhirnya gue sampai di fase "ngapain sih jatuh cinta? buang-buang waktu," setiap kali gue ngerasa kagum sama seseorang. I did adore several people, during my 'single time.'

Tapi ketika beberapa orang itu menoleh dan 'ngeliat' gue potensial buat jadi pasangannya, gue justru langsung ngebangun tembok pertahanan baja setebel mungkin yang gak bisa ditembus.

Gak tau lah. Pengen punya pasangan rasanya cuma wacana.

Tapi serius... kagum sama seseorang itu enak, yang gak enak adalah waktu orang itu ngebalik kagum dan nganggep kita segalanya buat dia.

Kita berusaha mencintai dia sewajarnya, tapi dia gak wajar mencintai kita, gak adil kan?

Jadi sekarang masuk dalam fase menemukan orang yang bisa mencintai gue secara wajar. Sampai ada satu hal yang baru gue sadari... oke gue harus terima, siapapun yang bisa mencintai gue secukupnya, orang itu emang pasti punya cinta yang cukup.

Gak berlebihan, karena gak ada lagi yang bisa dikasih ke gue. Cinta berlebih itu dia kasih ke penciptanya, cinta sejatinya.

Belajar mengelola perasaan yang gue bangun selama ini, entah, justru mengarahkan gue buat senang dicintai secara cukup. Senang menikmati dia yang mencintai sekadarnya, senang liat dia yang bahagia di luar dunia gue, senang masih bisa mengagumi.

Karena nyatanya gak perlu sedih berlebihan ketika ditinggalin. Bahkan sampai akhirnya nanti gue masuk fase menggengam tangan seseorang yang gak akan pernah gue lepas lagi, dalam artian menikah yang sebenarnya, gue masih akan sayangin dia sewajarnya, sekadarnya, dan secukupnya.

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"