Melihat Bandung dari Tebing Karaton

foto: Raisan Al Farisi
Walapun sudah lima tahun tinggal di Bandung, saya ternyata belum pernah mengunjungi Tebing Karaton. OMG. Tempat wisata ciamik ini berlokasi di Cimenyan, Lembang dengan tiket masuk Rp 12.000 per orang, belum termasuk parkir.

Untuk bisa ke sana, pengunjung cukup ikuti jalan menuju Taman Hutan Raya (Tahura) Ir H Djuanda. Dari sini, kita masih harus lewati jalan yang cukup jauh dengan kondisi jalan yang aduhai. Lumayan berbatu dan berdebu. Susah juga sih memang untuk pengunjung yang gak menggunakan kendaran pribadi.

Setelah akses jalannya sulit dan lokasinya cukup jauh, pengunjung juga ditawari ojek untuk bisa sampai ke atas, tentunya dengan harga fantastis. Saya sih dulu tetap naik motor sampai ke atas, sampai harus dorong motor karena gak kuat nanjak.

Lucunya, bukan tanjakan ekstrem yang bikin susah, tapi jalanannya yang rusak.

foto: Raisan Al Farisi
Tapi tetep pengunjung yang dateng ke sini cukup buanyak. Bahkan ada wisatawan mancanegara juga loh. Mereka ramai-ramai pegang tongsis demi bisa swafoto.

Di dalam lokasi ternyata pengelolaannya sudah bagus, jalan setapaknya pakai paving block, dan di tebingnya dilengkapi pagar pembatas.

Dari atas Tebing Karaton kita bisa lihat pemandangan hutan yang luas dan indah banget. Cocoknya sih datang ke sini pagi-pagi banget biar bisa lihat matahari terbit.

Kota Bandung memang gak kelihatan, tapi dengan adanya hutan pinus di depan mata, kita jadi menyadari ternyata ada tempat yang masih asri di Bandung.

Yang namanya tebing, pengunjung meski berhati-hati, apalagi yang bawa anak kecil. Pose foto yang ekstrim bisa berbahaya karena bisa ‘tisoledat’ yang kemudian menyebabkan ‘tikusruk’ ke bawah tebing. Ngeri ya. Dan satu lagi, jangan sampai nyampah di tempat seindah ini.

foto: Raisan Al Farisi

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"