Republika Asap Series

source: epaper.republika.co.id

Seekor burung Colibri, salah satu jenis burung terkecil di dunia, melihat titik api. Kobarannya merambat dari pohon satu ke pohon lain sedikit demi sedikit dan asapnya mulai mengepung seisi hutan. 

Burung itu pergi ke sebuah danau dan mengambil sedikit air di dalam sehelai daun. Dibawanya daun berisi air itu dan lalu ia siram ke atas titik api.

Elang dari jauh menertawakan, mana bisa seekor Colibri memadamkan titik api yang semakin lama semakin besar. Dengan angkuhnya ia berteriak agar hewan yang lebih besar segera memadamkan api, tapi di hutan itu seluruh hewan telah pergi.

Sang Colibri tak terpengaruh dan terus kembali ke danau untuk mengambil air dan menyiramkannya ke titik api. Perbuatannya menjadi inspirasi bagi burung Colibri lain. Akhirnya, segerombolan Colibri membawa satu helai daun besar berisi banyak air yang bisa lebih cepat memadamkan api.

Sedangkan sang Elang, bersedih karena anaknya terkena paparan asap. Ia malu, lalu ikut dan meminta kawan-kawannya membantu burung-burung Colibri kecil memadamkan api. Dan api pun padam, seluruh hewan kembali ke hutan dan hidup bahagia.

Hal sekecil apapun yang kita lakukan, selalu ada hasil. InsyaaAllah.

inspired by Mr.Ibrahim Basalamah

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"