Rafting Cisadane

foto: Alam Anda
Menyambut tahun baru 2016, saya dan keluarga nyoba ‘mainan’ baru, yaitu rafting alias arung jeram.

Selama ini Bapak selaku ketua geng selalu pengen ke pantai, tapi sungai-sungai di Jawa Barat gak kalah kerennya kok buat dijadiin alternatif liburan. Termasuk sungai Cisadane yang hampir setiap hari kita lewatin.

Sebenernya, niat rafting ini udah diajukan sedari libur Idulfitri lalu, tapi pilihan liburan jatuh terlebih dahulu ke Gunung Papandayan.

Nah, berawal dari seorang kenalan yang nawarin paket rafting keluarga senilai Rp200.000 per orang, jadilah saya, Bapak, Teteh, Aa, Mamah, pacar Aa, dan satu orang sepupu, mengiyakan untuk langsung nyemplung ke sungai, eh maksudnya langsung rafting.

Btw, Mamah gak ikut rafting, cuma nunggu di meeting point.

Nama operator raftingnya: Alamanda (mirip merk brownies kukus di Bandung yak), tapi ternyata cara nulis yang bener adalah Alam Anda. Ya ALAM ANDA, bukan ALAMANDA.

Lokasinya gak terlalu jauh dari rumah, tinggal masuk pasar Caringin, masuk lagi ke gang sebelah kanan. Biaya paket segitu udah termasuk sewa peralatan rafting, sewa pemandu, dan konsumsi (cemilan+kelapa muda+nasi box). Lumayaaan

Saya dan keluarga mesti nunggu rombongan lain dulu biar bisa berangkat bareng selama rafting. Jam 9 pagi, setelah masing-masing udah pake life vest, helm, dan pegang dayung, petugas operatornya terlebih dulu ngajak briefing dan pemanasan.

Ada beberapa istilah komando yang harus kita mengerti, misalnya maju, setop, pindah kanan, pindah kiri, bom depan, bom belakang. Selain itu, petugas juga ngarahin petunjuk-petunjuk dasar keselamatan.

foto: Mamah
Oke kayaknya kita udah siap menjajal Cisadane. Pemandu perahu karet kita namanya A Rojali. Orangnya masih cukup muda dan enerjik, juga agak demen becanda.

Kita punya special request ke A Rojali buat masang kamera di helmnya. Jadi kamera itu video-in kita selama rafting, sampe tu kamera kebadug-badug ranting dan dayung.

Lima menit pertama, kita latihan ngedayung dulu ke depan, belakang, muter-muter. Setelah semua kelompok nyemplung ke sungai, baru deh kita jalan.

Rombongan kita kira-kira ada empat perahu peserta dan satu perahu rescue. Plus perahu-perahu lain dari operator yang beda.

Kata A Rojali, sungai Cisadane sekarang lagi tenang karena udah empat hari gak hujan. Padahal, kalau hujan, airnya bakal meleber dan lebih seru. Sayang sekali yah.

Meski begitu, buat saya yang baru pertama kali main arung jeram langsung di sungai (biasanya cuma main di Dufan), ada sensasi ngeri sendiri, takut tiba-tiba ada buaya. Hiii...

Ada empat jeram yang  harus kita lewatin, yang pertama jeram Kuda. Ini jeram yang paling biasa kata A Rojali, tapi tetep serem. Ngeri waktu perahunya keseret arus turun melintasi batu-batu.

Biasanya kalau kali keadaan gini, pemandu aja yang mainin gayung, kita semua diem pasrah mengikuti riak air. Setelah selesai melewati jeram, di aliran yang tenang baru deh kita boleh ngedayung.

Jeram yang kedua namanya jeram kerinduan. Mungkin karena jeram ini bikin rindu orang yang pernah ngelewatinnya. Alirannya lebih menukik lagi dan batu-batunya lebih besar.

Bahkan perahu kita sempet nabrak batu dan hampir terbalik (seneng banget deh kalau terbalik hihi). Tapi kegigihan A Rojali membuat kita semua selamat mengarungi jeram ini, sungguh dramatis.

dok foto: Alam Anda
Yang ketiga ini sebenernya bukan jeram, tapi dam. Di sini perahu kita harus jatuh dari ketinggian tiga meter. Serem T.T

Ternyata, ketika menemui jeram yang curam kayak gini, badan kita harus dicondongkan ke belakang. Dan VOILA! meluncurlah kita. Jantung rasanya copot tapi asli SERU!

Di dam ini, kita dan kelompok lain main-main air dulu. Ada yang perosotan di dam, ada yang menyelam, dan foto-foto. Yippi!

Setelah jari-jari keriput karena kebanyakan main air, kita kembali ke perahu buat menyelesaikan perjalanan. Di sini kita melewati jeram keempat yang lumayan panjang.

Perahu-perahu yang lewat hampir semuanya kejebak batu. Ribet deh. Tim rescue aja mesti jagain di spot-spot yang rawan biar perahu peserta gak tenggelam.

Setelah dua jam mengarungi empat jeram, akhirnya sampailah kita dititik akhir. Rasanya masih kurang puas, padahal kulit udah item banget kebakar sinar matahari.

Di perjalanan itu kita banyak ditonton anak-anak kecil yang lagi mandi-mandi cantik di sungai. Ada juga beberapa orang tua yang mancing.

Yang lebih lucu, di dam, kita malah jadi tontonan anak-anak muda yang lagi pada nongkrong. Rame kali ya liat orang-orang main air.

Yang disayangkan, dipinggiran sungai masih keliatan banyak sampah plastik. Gimana mau jadi destinasi wisata kalau ada sampah kayak gitu, huft.

dok foto: Alam Anda
Di tempat istirahat, kita dikasih cemilan dan kelapa muda. Endeush, ternyata abis olahraga emang jadi laper banget. Oh ya, di sini pelayanannya ramah-ramah banget, gak judes. Kita diajak ngobrol dan becanda terus.

Operator udah nyiapin mobil bak buat ‘ngembaliin’ kita ke meeting point. Jadi, perahu kita disimpen di atas mobil bak terbuka dan kita duduk di atas perahu itu.

Sepanjang jalan jadi berasa rafting, apalagi jalanannya turun naik. Seru banget asli, ini pertama kali naik perahu karet di atas mobil bak terbuka. Haha.

Di meeting point, Mamah udah setia menunggu ditemani cemilan-cemilan. Lalu gak lama, nasi box dateng. Yeay! Terima kasih Alam Anda *berasa endorse* *tapi emang bener seru*

Selanjutnya, mau coba Citarik, atau Citumang?

dok foto: Alam Anda

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"