Bumi Perkemahan Sukamantri

foto: Raisan Al Farisi
Banyak teman-teman saya di Jakarta yang mengaku pernah menghabiskan hari libur di bumi perkemahan Sukamantri, di Ciapus, Bogor.

Lha, saya yang lahir dan besar di Bogor pun sama sekali belum pernah kemping di sana. Terlalu.
 
Tapi kali ini saya dan beberapa teman akhirnya mencoba menjajal Sukamantri. Dari pusat kota, bumi perkemahan Sukamantri bisa ditempuh sejam aja kok.

Dari Jalan R Saleh S Bustaman, kita cuma perlu belok kanan ke arah Jalan Pulo Empang. Setelah ini, teruuuusss aja ikutin Jalan Raya Ciapus dan terakhir masuk Jalan Tamansari.

Dari sini, kondisi jalan lama-lama akan sangat berbatu, plus licin karena hujan. Untungnya saya nebeng motor trail nih, kalau pakai motor bebek atau matic kayaknya bakal susah banget.

Jalan berbatu ini bikin perjalanan jadi berasa jauuuh banget. Kita sempet takut nyasar karena gak nyampe-nyampe.

Sekitar 30 menit kemudian, sampai juga kita di bumi perkemahan Sukamantri dengan keadaan basah kuyup. Saya langsung meneduh dan menghangatkan diri di warung-warung di dekat situ sambil menunggu hujan reda.

Untuk bisa kemping, kita diharuskan bayar retribusi sebesar Rp 15 ribu per orang. Setelah bayar, kita akan dikasih stiker Sukamantri sama penjaga bumi perkemahannya.
foto: Raisan Al Farisi
Menjelang sore, hujan sudah mulai reda. Tapi kita kesulitan cari tempat untuk ngediriin tenda karena saat itu banyak anak-anak pramuka yang baru mau pulang pakai truk tentara. 

Beberapa dari mereka menghampiri warung tempat saya berteduh, untuk bikin mie cup. Duh ternyata mereka lagi laper, kesian banget deh.

Kita baru bisa ngediriin tenda setelah suasana bumi perkemahan sudah agak sepi. Waktu itu gak banyak juga sih yang kemping. Kita pilih tempat gak jauh dari warung, tapi tetep di dataran yang agak tinggi biar bisa lihat pemandangan lampu kota.

Ada banyak keuntungan kalau kemping deket warung, selain bisa bolak-balik kamar mandi, para cowok juga gak usah capek-capek cari kayu bakar, tinggal beli.

foto: Raisan Al Farisi
Rutinitas kemping pun dimulai, cowok nyalain api unggun dan cewek masak makan malam. Alhamdulillah Sukamantri kali ini gak dingin banget mesti tadi sempat hujan. 

Pemandangannya juga indaaah banget, kita bisa lihat Kota Bogor dari sini, walaupun gak jelas banget. Hihi. Selamat malaaam Sukamantri….

foto: Raisan Al Farisi

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"