Si super aktif (trimester II)

foto: Raisan Al Farisi
Ucapkan selamat tinggal pada mual dan muntah dan ucapkan selamat datang untuk nafsu makan menggebu.

Di trimester kedua ini semua berjalan lancar. Tapi situasi yang benar-benar berbeda kali ini membuat kondisi badan saya juga berbeda dengan waktu hamil pertama dulu.

Kalau dulu saya banyak tidur, sekarang baru bisa tidur kalau anak tidur. Sengantuk apapun tetep gak bisa tidur kalau Rainier masih on. Padahal tingkat kengantukannya masih sama.

Kalau dulu saya makan tinggal makan karena semuanya udah disediain Mama, sekarang saya masih harus bangun subuh buat masak, ke warung, dan nyediain makan seluruh rumah.

Kalau dulu saya banyak kerja di rumah, sekarang saya harus ke kantor setiap hari, walaupun pernah sih work from home (WFH) 2 minggu karena corona.

Dan di kantor, saya harus naik ke ruang redaksi di lantai 3 pakai tangga. Parahnya lagi, karena kamar mandi ada di lantai 2, saya harus bolak balik naik tangga buat pipis. Tau sendiri lha ya, ibu hamil sering banget buang air.

foto: Raisan Al Farisi
Kondisi-kondisi itu yang bikin saya ngerasain pegel ekstrem, lebih ekstrem dari waktu hamil pertama. Kali ini saya ngerasain yang namanya sakit punggung parah sampai susah jalan.

Dan adiknya Rainier di dalem sini sangat-sangat aktif. Kalau dulu kakaknya agak pemalu, apalagi kalau diusap sama tangan bapaknya, yang sekarang ini gak pake malu.. terus aja mengguliat.

Semoga dedek jadi anak sehat dan aktif kayak kakak Rai yaa..

Perut saya yang sudah mulai membesar sering banget terasa kencang dan bikin gak nyaman. Belum lagi mules kontraksi karena saya masih menyusui.

Untungnya ada suami yang siaga banget. Kalau saya lagi gak bisa apa-apa, doi bakal gantiin untuk masak masakan yang gampang, cuci piring, dan bahkan beres-beres rumah. Untuk cuci baju, karena mesin cucinya ada di lantai 2, jadi semua juga dilakuin dia.

Selama hamil ini, saya gak banyak ngidam. Anehnya, justru suami yang banyak mau, jadi berasa dia yang ngidam. Konon katanya, waktu istri hamil, suami juga suka ngerasain ngidamnya gitu. Wallahualam. Suami saya emang suka makan juga sih hihi.

Sang calon kakak, Rainier, makin hari makin manja. Kadang dia suka tiba-tiba pengen digendong mominya. Sekarang kalau pengen apa-apa suka harus diturutin (tapi alhamdulillah jarang banget tantrum), kalau ada yang gak disuka udah bisa protes, dan kalau makan udah bisa pilih-pilih.

Tanggal 31 Januari, untuk pertama kalinya saya bisa dengar detak jantung dedek. Alhamdulillah detak jantungnya baik dan bayinya sehat.



Nah, di trimester II ini akhirnya saya juga melakukan USG untuk nengok dedek. Cuma, USG kali ini sangat sangat ribet mengingat dunia lagi direpotkan dengan virus corona.

Kali ini saya pilih USG di klinik deket rumah, bukan di rumah sakit. Katanya di sini bagus dan dokternya baik. Tapi di klinik ini semua pasien wajib pakai masker dan duduk jauhan. 

Selain itu, para petugas dan dokternya semua pakai alat pelindung diri (APD) berupa baju hazmat dan bahkan jas hujan.

Sesungguhnya kondisi ini sangat gak nyaman buat ibu hamil. Semoga semuanya akan segera membaik. Dan dedek pun bisa lahir dengan selamat. Aamiin.

Meski begitu, alhamdulillah dedek ada dalam kondisi yang sehat. Kepalanya ada di bawah, beratnya cukup, tapi otaknya belum berkembang sempurna. Kata dokter, saya mesti banyak banyak makan ikan.



Sampai jumpa di USG berikutnya, sayang..

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"