Pengalaman Pakai Behel

foto: Fira Nursyabani

Ditulis 4 hari setelah pasang.

Berawal dari liat iklan klinik dental baru di Jalan Sudirman, Kota Bandung, tanpa basa basi saya langsung tanya ke suami: Momi boleh dibehel?

Suami saya yang bucin ini juga tanpa basa basi mengiyakan. Setelah itu saya langsung research tentang per-behel-an.

Sebenernya udah dari dulu-dulu pengen ngerapiin gigi karena dua gigi depan atas saya bentuknya gak karuan, tapi karena dibehel cukup mahal, jadi mikir terus seribu kali.

Saya akhirnya memberanikan diri untuk dateng ke klinik dokter gigi di Jalan Sudirman itu, untuk konsultasi sama dokter.

Di hari pertama, gigi saya dilihat-lihat sebentar, abis itu saya diminta untuk ronsen gigi. Karena klinik ini baru buka, jadi biaya konsultasi dokternya masih free. Saya cuma bayar biaya admin aja.

Oia, ronsen gigi panoramic dilakukan terpisah di lab. Biayanya Rp300.000-an.

Setelah lihat hasil ronsennya, ya Allah ada 3 gigi bungsu saya yang mahiwal. Gigi bungsu kiri bawah tumbuhnya ke samping. Dua gigi bungsu di atas tumbuhnya ke depan dan letaknya ada di dalam gusi.

foto ulang: Fira Nursyabani

Besoknya, saya balik lagi ke dokter gigi. Tapi karena ada kesalahan jadwal, jadi saya ketemu dentist yang berbeda. hiks.

Belum lagi orang-orang yang bikin appointment pagi sama dokter gigi pada ngaret, jadi saya harus nunggu dulu agak lama buat periksa. Pokoknya jangan sampe telat ke dokter gigi deh, soalnya bakal berimbas ke pasien lain.

foto: Fira Nursyabani
Untung dokternya baik. Belio mriksa hasil ronsen gigi saya dan bilang gak ada masalah, walaupun sebenernya si tiga bungsu mahiwal itu katanya lebih baik dicabut.

Harusnya hari itu saya di-scalling, tapi karena beberapa minggu lalu baru aja scalling di poli gigi deket rumah, jadi dokter bilang saya gak perlu scalling lagi.

Alhamdulillah gigi saya masih termasuk bagus, gak ada yang bolong dan rusak, jadi bisa langsung dicetak di hari itu juga.

Cetak gigi atas dilakukan dengan masukin gips ke mulut dan rasanya mual banget. Harus nahan pengen muntah beberapa menit sampai gipsnya keras dengan berusaha atur napas pakai hidung. Pen nangis.

Untungnya pas cetak gigi bawah gak semual yang atas. Selesai cetak, mulut dan gigi penuh sama sisa gips warna pink.

Kata dokter, pemasangan behel baru bisa dilakukan seminggu setelah cetak gigi.


Seminggu kemudian.

Agak deg-degan nih. Spare waktu seminggu sebelum dibehel saya manfaatin buat ajak suami makan makanan enak, termasuk di auce hwehe.

Hari ini, gak pake periksa apa-apa, dokter langsung pasang behel di gigi saya. 

Selama dipasang behel, gigi saya ditahan alat supaya tetap dalam posisi 'nyengir'. Di proses pemasangannya sih gak kerasa apa-apa. Saya bisa lihat satu per satu behel dipasang di gigi dari pantulan lampu sorot.

Tapi..... pas selesai pasang. Eh kok jadi aneh. "Belajar mingkem ya," kata dokter.

Ternyata emang jadi susah mingkem. Mulut serasa penuh banget. Gigi terasa tegang.

Lebih detailnya: Serasa semua gigi mau rontok dan rapuh gak bisa dipake ngegigit. Serasa semua gigi lagi bengkak, cenat cenut mirip sakit gigi. Linu luar biasa.

Dokter bilang saya gak boleh minum paracetamol untuk meredakan sakit, supaya gak mengganggu proses pemakaian behelnya. Bhaiq.

Selama tiga hari saya makan bubur, krim sup, dan minum-minuman mengenyangkan. Sedih rasanya gak bisa ngunyah padahal biasanya setiap saat nyari camilan. Hiks.

Semoga penderitaan ini membawa hasil yang membahagiakan. Tunggu update behel selanjutnya!

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"