Turis Lokal Chevilly

Alhamdulillah tahun ini masih bisa mudik ke Bogor meski jadwalnya Lebaran di Bandung. Harusnya sih jalan ke Jabodetabek lancar karena belum masuk arus mudik, tapi ternyata kami masih kena macet imbas penutupan jalur Puncak.

Lucunya, mobil kami stuck tepat di depan gerbang Ciawi, yang cuma berjarak 5 km dari rumah. Untungnya kami cuma kejebak macet sekitar satu jam.

foto: Raisan Al Farisi

Mudik tanpa ketemu "nenek" rasanya gak afdol, jadi kami nginep di rumah Mamih (adiknya alm Mama). Sayang Popi gak bisa ikut karena harus balik ke Bandung untuk kerja.

Di deket rumah Mamih ada tempat wisata kekinian, namanya Chevilly. Saking deketnya, kami bisa ke sana jalan kaki.

Tiket masuknya di musim Lebaran ini Rp25.000 per orang. Pengunjungnya lumayan banyak, tapi gak sampe membludak banget sih.

Daya tarik utama tempat ini, menurut saya, adalah banyak spot foto. Begitu masuk, kami bisa duduk-duduk di kursi tengah kolam sambil ngasih makan ikan koi. Makanan ikan disediakan di beberapa titik, harganya Rp5.000 per botol.

foto: Fira Nursyabani

Ada China Town juga, tapi kalau mau masuk, pengunjung harus beli tiket terusan Rp10.000. Terus ada kolam renang, tapi saya lupa tiket masuknya berapa. Di beberapa titik ada resto yang cozy, kursinya pake bean bag.


foto: Fira Nursyabani

Foto: Fidyastria Saspida

Ternyata tempat wisata ini luas banget. Kami terus jalan ke belakang dan ada kolam ikan lagi. Banyak spot foto karakter-karakter kartun. Ada pemancingan. Di bagian belakangnya lagi masih ada pembangunan kastil, yang kayaknya bakal jadi wahana baru. Ada wahana sangkar burung juga, tapi masuknya harus bayar tiket terusan (lagi) Rp10.000.

foto: Fira Nursyabani

Karena panas dan capek banget, kami duduk-duduk di taman dan pesen minum. Taman ini bagus sih, gak terlalu besar tapi banyak pepohonannya, di sekelilingnya juga ada sungai-sungai kecil berisi ikan-ikan koi.

Siangnya kami makan di resto yang unik banget bertema lebah. Bentuk tempat makannya pun didesain mirip sarang lebah. Dua jempol buat yang nyiptain konsep ini, karena makan di sini jadi lebih privat (Mica bahkan sempet bobo). Menu makanannya pun enak-enak.

foto: Fira Nursyabani

Pulangnya kami lewat jalur berbeda karena Rai ngerengek mau ke rumah Spongebob dan Patrick. Kalau gak bareng Mamih yang akamsi, kayaknya saya dan anak-anak bakal tersesat di sini.

Foto: Fidyastria Saspida

Dengan tiket yang terhitung murah, Chevilly sangat lumayan dijadiin tempat liburan keluarga. Sayangnya akses jalan ke daerah Cibedug ini sempit dan suka macet. Kalau ada bis ke wilayah ini, ya wassalam.

Chevilly berlokasi di Jalan Raya Veteran III, Desa Banjasari, RT.001/RW.004, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Dari tol Ciawi terus ke arah Pasar Ciawi - RS Ciawi, lalu belok ke pertigaan Seuseupan, terus ikutin jalan sampai ke daerah Cibedug.

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"