Sahabatku, migren.

Migren, satu penyakit yang ngebuat hidup saya 'jatuh bangun' beberapa tahun belakangan ini. Bukan karena istilahnya, tapi karena gejalanya yang setia nemplok di sebelah kanan kepala, lebih setia dari sahabat manapun.

Kali ini saya berniat untuk membagi pengalaman saya 'bersahabat' dengan migren atau sakit kepala sebelah. Tapi ini bukan endorsement produk loh, saya cuma mau endorsing diri sendiri *lah

Berawal dari kelas satu SMA, saya selalu ngerasa sakit banget di bagian kanan kepala setiap habis latihan Paskibra. Asumsi awal, mungkin karena saya terlalu capek.

Sakitnya migren bikin saya sering mukulin benda-benda yang ada di sekitar ke bagian kepala yang sakit. Ajaibnya, setiap pukulan yang menghantam kepala, sakitnya berasa enak.

Tapi hal itu tentunya gak buat migrennya sembuh sebelum dipaksa minum obat, yang ada malah dimarahin Mama karena mukulin kepala sendiri.

Padahal waktu kecil saya inget suatu hari pernah ngeliat iklan yang mengenalkan obat pereda sakit kepala sebelah. Gak bisa dimengerti sama Fira kecil waktu itu gimana bisa cuma sebelah kepala yang sakit.

Ada rasa pengen ngerasain mirgen supaya ngerti. Dan jreeeng... pas SMP selama latihan Paskibra gak pernah ngeluh ini itu selain pegel-pegel. Tapi di SMA, ada satu hal yang bisa menghentikan saya latihan Paskibra, ya itu, migren.

Gak jarang saya pulang sekolah dengan keadaan migren parah, sampe Mama Ageung (nenek alm) kalang kabut. Akhirnya saking seringnya migren, Mama ngebawa saya ke dokter.

Hasilnya, saya punya darah rendah yang rendah banget sampe dokternya nanya "kamu sering pingsan?". Tapi saya gak pernah ngerasain pinsan selama ini (pernah sekali pusing ampe mata burem waktu upacara MOPD SMP).

Saya selalu punya 'pengingat alami' yang selalu ngingetin saya buat berhenti ngelakuin aktivitas pas lagi migren sebelum jatuh pingsan. Semenjak itu Bapak selalu ngebeliin obat penambah darah yang saya minum setiap hari.

Tapi migren tetap selalu datang kapanpun dia mau, sampai Mama berasumsi kalo migren saya itu karena kebiasaan waktu kecil saya yang sering jatoh ngageledag.

Masa efeknya baru terasa belasan taun kemudian sih?

Dan dari migren yang terus-menerus itulah saya mulai bergantung sama obat, obat dokter ataupun obat warung. Entah itu sugesti atau bukan, migren itu selalu sembuh setiap saya minum obat. Tidur, istirahat, minyak angin, atau makan gak pernah mempan buat ngeredain sakitnya.

Memasuki masa kuliah, ternyata migren itu masih aja nemenin. Padahal saya udah gak ikut latihan Paskibra lagi.

Saya selalu nyimpen persediaan obat kalau-kalau migren itu kambuh. Ada beberapa temen yang nyaranin buat berhenti konsumsi obat, soalnya bisa jadi konsumsi obat yang berkelanjutan malah memperparah.

Tapi setiap kali saya menghindari obat waktu migren, semakin migren itu gak mau pergi, akhirnya saya kembali lagi dan gak bisa move on dari obat migren.

Akhirnya setelah lama 'bersahabat', ada hal aneh di setiap migren 'berkunjung'. Saya selalu ngerasa migren datang di setiap saya ada masalah atau pikiran yang ngeganggu konsentrasi hidup.

Setiap ada tugas yang numpuk, selalu migren itu datang. Setiap ada masalah sama temen, pasti dia datang juga. Apa iya waktu itu saya terlalu serius latihan Paskibra sampe migren datang nemenin keseriusan saya? Bisa jadi, karena saya selalu ngerasa sehat.

Waktu naik gunung saya gak ditemenin migren karena saya senang dan gak punya pikiran negatif, akhirnya cuma pegel-pegel deh yang nemenin. Semakin saya selidiki, semakin hal itu mendekati kebenaran.

Misalnya waktu saya gak bisa tidur karena nunggu hasil tes PTESOL keluar, migren nemenin. Waktu saya mau presentasi matkul critiquing yang gak ngerti materinya dan takut sama dosennya, migren nemenin.

Waktu pacar saya galak, migren nemenin. Waktu saya cemburu sama ade karena lebih diperhatiin Mama, migren nemenin. Kurang setia gimana coba, tapi ini pikiran udah penuh sama masalah wooyyy!

Nah buat yang suka sakit kepala sebelah, kekuatan pikiran itu dahsyat banget sampe bisa menggerogoti kepala yang bikin kita keleyengan gak tahan sama sakitnya. Di samping penyebab lain, ternyata seringnya yang bikin kita sakit adalah diri kita sendiri.

Daripada kita terus-terusan minum obat (udah gak tau berapa ribu obat yang udah saya telen), mendingan kita belajar buat mengatur kinerja otak supaya gak kelebihan muatan negatif. Kadang kita suka sering mikirin sesuatu berlebihan, padahal gak perlu kita pikirin.

Selain mengurangi asupan kafein dan mengurangi kerja di depan layar komputer, penderita migren juga harus bisa rileks, biar otaknya gak capek.

Penderita juga harus berhenti menyimpan rasa benci yang berlebihan akan sesuatu yang akhirnya menimbulkan rasa kesal. Selain itu harus banyak-banyaklah bersyukur. Sehat jiwa itu penting juga loh, sebaiknya penuhi dengan hal-hal yang positif.

Alhamdulillah sekarang saya udah jarang-jarang migren karena terus-terusan ngumpulin pikiran positif dan ngebuang yang negatif. Ah migren, saya bosan sahabatan sama kamu!

Ada satu tips yang (insyaallah) bisa mengurangi sakit pada migren. Rendam tangan dan kaki di air hangat dan kompres kepala bagian belakang dengan sekantong es. Hangat dari kaki akan menarik darah dari kepala yang menyebabkan sakit. Selamat mencoba :)


Buat yang susah rileks, ini ada beberapa teknik sederhana buat beberapa keluhan kecil (sumber: life pro tips)

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"