Pemandian Air Panas Cimanggu

foto: Mama
Masih dalam rangka liburan di Bandung, saya dan keluaga Raisan memutuskan untuk menghabiskan malam minggu di pemandian air panas. Ini bukan yang pertama kita hunting air panas, sebelumnya kita pernah juga berendam malam-malam di Ciater.
 
Tujuan kita kali ini bukan utara, tapi selatan Bandung. Kita rencananya mau berendam di pemandian air panas Ciwalini, di Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Tapi kayaknya kita berangkat agak kesorean deh. Ditambah jalanan Bandung di akhir pekan padet banget, jadi kita baru sampai Ciwidey pas magrib.

Setelah istirahat salat dan makan, kita melanjutkan perjalanan. Di sepanjang jalan kita lihat ada beberapa pemandian air panas yang masih banyak pengunjungnya.

Tapi Raisan kekeuh banget pengen ke Ciwalini (kenapa sih?). Ett, sayang pemandian air panas di Ciwalini sudah tutup dari sore. Cuma di sini pemandian air panas yang gak dibuka untuk umum sampai malam. 

Akhirnya kita putar balik dan menuju pemandian air panas lainnya. Rencana tertuju pada Ciwidey Valley Hot Spring, yang kelihatannya dari luar bagus banget dan penuh.

Huft sayangnya tempat ini buka cuma sampai jam 9 malam, padahal kita baru datang jam 7.30. Sedih. Lagian biaya masuk tempat ini mahal banget. Sayang dong mahal mahal cuma sebentaran doang.

Kami lalu putar balik lagi ke pemandian air panas Green Hill. Di sini memang buka sampai malam, tapi tempatnya kosong. Whooosshh. 

Kita sampai bisa merasakan semilir angin mampir di bulu kuduk. Mama jadi yang pertama bilang gak setuju karena gak ada orang lain yang berendam di situ.

Terakhir, kita sampai di pemandian air panas Cimanggu. Di sini tempat paling cociks, buka sampai malam, ramai, dan biaya masuknya lumayan murah.

Byuurr.. tanpa nunggu lama, saya, Raisan, dan Sarah langsung terjun ke kolam. 

Kita pindah kolam ke tempat yang lebih dalem, lalu papah nyusul, sedangkan mamah milih buat jagain tas di gazebo. Di sini airnya agak butek dan airnya gak terlalu panas (jauh banget sama pemandian air panas Cikundul yang super hot).
foto: Raisan Al Farisi
Gak kerasa satu jam sudah kita berendam sambil ngobrol. Waktu keluar kolam, gilak udaranya dingin banget.

Saya yang keluar kolam buat ambil kamera langsung cepet cepet masuk ke dalam kolam lagi supaya anget.

Yang paling menyiksa adalah waktu mandi. Di kamar mandi umum ternyata tersedia air biasa yang dinginnya setara dengan air es. 

Saya dan Sarah yang gantian pakai kamar mandi sampe mengigil gemeteran. Kita mau gak mau harus mandi supaya gak gatel gatel karena air kolam yang butek. 

Demi menghangatkan badan, setelah mandi kita cari kedai buat minum-minum (ceile) dan makan jagung bakar. Ternyata mandi tadi justru membuat badan kita anget.

Ah segarnya berendam air panas malam-malam. Selanjutnya berendem di mana lagi nih yang enak?
foto: Raisan Al Farisi

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"