Cerita WFH Momi

Corona semakin parah dan akhirnya kantor saya ikut memberlakukan work from home (WFH) atau kerja dari rumah. Sebenernya kerjaan saya termasuk kerjaan yang gampang dilakuin di rumah.

Cuma .....

WFH ternyata gak semudah yang dibayangkan. Waktu lagi kerja, Rainier yang liat mominya ada di rumah, pasti selalu merengek minta nyusu.

Gak jarang kerja harus kepotong sama nidurin anak. Untungnya, ibu pengasuh Rai pengertian banget. Belio pasti langsung beres-beres rumah tanpa dikomando, jadi rumah bisa selalu rapi meski saya sibuk.

Meski begitu, saya bersyukur bisa menghabiskan waktu lebih lama dengan Rai. Kerja bisa diselingi main dan belajar bareng Rai, plus masakin masakan yang lebih enak buat suami.


Tips betah WFH ala saya:

1. Masak makanan enak

foto: Raisan Al Farisi

Sebagai bagian dari persiapan WFH, saya bikin daftar makanan yang mau saya masak selama di rumah. Tapi kali ini saya buat yang lebih spesial, supaya kerjanya lebih semangat.

Setelah buat daftar, baru deh belanja. Belanja pun gak bawa anak dan bahan-bahannya distok di kulkas untuk beberapa hari, jadi gak perlu bolak balik belanja.

WFH ini juga jadi kesempatan saya coba-coba bikin makanan baru kayak mpek-mpek ikan kembung dan mie ayam. Inspirasi masakan saya cari di Cookpad.

Saya pilih bikin makanan sendiri daripada pesan online karena uang hemat, makan enak, perut kenyang, hati senang.


2. Mandi dan dandan

foto: Raisan Al Farisi

Kadang kerja di rumah suka gampang ngantuk. Mengantisipasi hal ini, saya berusaha untuk mandi dan dandan setiap hari supaya seger.

Mandi dan dandan juga mengantisipasi kalau tiba-tiba harus ikut konferensi pers via zoom. Gak enak dong kalau kucel diliat narsum.


3. Dengerin musik

foto: Raisan Al Farisi

Nyetel musik juga bisa jadi penghilang bete dan bosen. Sambil kerja, kita bisa sambil nyanyi-nyanyi. Mumpung gak ada yang negor. Hihi.

Buat playlist yang asik, yang kira-kira lagi pengen kita denger dan gak bikin baper.


4. Peregangan/istirahat

foto: Raisan Al Farisi

Kadang saya sering kerja terlalu fokus sampe gak pindah posisi selama berjam-jam. Padahal istirahat sejenak bisa bikin otak kembali segar.

Ambil waktu rehat sejenak untuk sekadar bikin minuman dingin atau meregangkan otot. Rebahan boleh aja, tapi jangan sampai ketiduran, bisa bahaya.


5. Anak jadi hiburan

foto: Raisan Al Farisi

Ada mindset yang perlu diubah saat WFH, dari 'anak ganggu kita kerja' ke 'anak jadi penghibur kita kala kerja.'

Anak yang lagi aktif-aktifnya kayak Rainier pasti butuh perhatian ekstra dari orang-orang di sekitarnya. Alih-alih ribet karena selalu direcokin, saya justru senang waktu Rai menghampiri. 

Celotehannya, gerak-geriknya, jadi hal yang paling berharga yang jarang-jarang bisa saya lihat setiap hari karena harus berangkat kerja.

Di sini konsentrasi saya sebagai ibu harus penuh supaya gak oleng ngurusin kerjaan dan juga tetep bisa merhatiin anak.

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"