Gunung Gede (2)

foto: Aditya

Rabu pagi, 16 Mei, 05.00 pagi. Udara pagi masih dingin, sesaat saya bercermin dan bergumam, oh, it's the day!

Lalu senyum dan tiba-tiba semangat muncul membuat udara sedikit menjadi lebih hangat.

06.30 pagi, sehabis sarapan saya langsung pamit ke Mama (yang masih terus menghujani dengan beribu wejangan). Doain Fira, Mah. Dan terus melucur bersama Bapak ke tempat janjian.

Di seberang pos polisi Ciawi, saya pamit ke Bapak dan langsung pasang mata tajam buat ngeliat siapa yang udah dateng.

Dan captured! Rian yang lagi gaya-gayaan pagi-pagi sama kacamata itemnya (pagi-pagi kok pake sunglasses?). Dia pun langsung ngasih sleeping bag yang tiba-tiba bikin tas saya jadi gendut.

Awalnya yang saya tau bakal ikut pendakian ini emang cuma baru Rian, Yamin, dan saya sendiri, tapi beberapa menit kemudian datenglah salah satu temen SMA saya, Bahtiar. Waahh Bahtiar ikut, asik pasti rame.

Setelah itu yang dateng adalah, jeng jeng jeng dua orang cowok ber-keril, dan saya gak kenal. Setelah dikenalin barulah saya tau yang satu namanya abang Budi dan yang satunya lagi abang Endang (takutnya lebih tua, jadi daripada dosa mending saya panggil abang aja yak).

Selanjutnya yang dateng (lagi-lagi) dua cowok asing yang kali ini namanya abang Indra dan abang Egi. Kalo gak salah, mereka semua itu ber-almamater Universitas Pakuan, temennya Bahtiar sama Adit.

Semakin mati kutu lah saya, manaaa ini katanya ada cewek yang mau ikut, sigh!

Jam 08.00 pagi, (buset udah nunggu satu setengah jam), barulah datang Yamin sama Adit. Adit itu temen SMA saya juga. Ahh lamhay nih! (gayanya yang baru pertama kali naek gunung jadi sok paling semangat.).

Tapi yah ternyata gak ada ceweknya lagi yang ikut. Setelah berdoa, cus kita naek bis ekonomi jurusan Leuwipanjang Bandung.

Jam 10.00 pagi, rombongan sampai di tempat transit (pertigaan menuju Gunung Putri). Di sini kita bakal nerusin perjalanan naik angkot ke tempat pendakian. Sebelumnya Rian sama bang Budi udah turun duluan di Cibodas buat ngurusin perizinan.

Oh iya, ada hal lucu yang terjadi di sini. Waktu itu rombongan keluar dari bis dan ngambil keril masing-masing di bagasi. Abis itu bisnya langsung berangkat lagi.

Sesaat bang Egi dengan wajah polosnya bilang kalo tasnya ketinggalan di dalem bis. Langsung Yamin berinisiatif buat ngedatengin salah satu mini market di situ buat minjem motor (kebetulan salah satu karyawannya temen doi).

Setelah tasnya diambil, ternyata isinya makanan semua. Hmmm. Makanan memang paling penting.

Jam 10.30 pagi, Rian dan bang Budi dateng, kita langsung cus naek angkot ke tempat pendakian. Tapi sial, jalan off-road yang kita lalui berefek pada kempesnya ban angkot yang kita tumpangi, pas di ban kiri depan, tempat Rian duduk.

Jalan off-road + didudukin Rian = ban kempes total.

Setelah cukup lama nunggu ganti ban, kita cus lagi dan sekarang gantian saya yang duduk di depan supaya bannya gak bocor lagi.

Dan, jreenng sampailah.

Setibanya di Sekretariat Gede Pangrango Operation, kita siap-siap dan berdoa, dan kira-kira jam 12.30 siang kita mulai mendaki, Yeay!

Baru aja jalan kira-kira 15 menit, rombongan menyatakan diri bahwa mereka laper. Akhirnya kita istirahat sebentar buat makan makanan yang udah dibawa.

Di sini juga kita ketemu sama pendaki lain, tujuh orang pendaki, satunya bule, satunya om-om, yang dua cewek, yang tiga porter.

Abis makan, cus kita jalan lagi. Katanya sih perjalanan masih empat sampai lima jam lagi.

Awalnya saya gak sanggup ngebayangin gimana rasanya jalan nanjak selama lima jam. Setelah dijalani, ternyata cukup cape (yaiyalah).

Tapi ke-delapan abang-abang saya ini bener-bener pengertian. Mereka nggak sok jago ngedaki dengan ninggalin saya.

Saking takut ditinggal, saya jalan di depan, dan mereka dengan setia ngedampingin saya di belakang (apalagi Yamin, setia ngasih air minum di setiap istirahat).

Walaupun capek, rombongan ini gak henti-hentinya ngebanyol dan saling ledek. Nafas saya aja udah abis gak bisa ngomong sama sekali, tapi mereka masih sempetnya ketawa-ketawa, jagoan.

Simpang Maleber. (foto: Fira Nursyabani)
Udah sekitar empat jam jalan ke atas, terlihat sebuah papan bertuliskan Simpang Maleber 2.600 MDPL, wah sebentar lagi nih (katanya). Tapi pas jalan terus menerus, tetep serasa gak nyampe-nyampe.

Satu jam kemudian, 5.30 sore, jreenngg sampailah rombongan di alun-alun timur Suryakencana.

Walaupun sore itu, seperti biasa rabun ayam saya mulai keluar, tapi gak menghilangkan ketakjuban saya melihat hamparan pohon-pohon edelweiss yang bunganya banyak yang masih kuncup.

Sambil nunggu abang-abang yang lain, kami memutuskan untuk foto-foto dulu *jepret*

Jam 6 sore, kabut mulai turun dan udara mulai dingin (salut banget buat abang-abang yang pada pake celana pendek). Rombongan mulai jalan ke alun-alun barat.

Sesampainya di tempat kita mau ngediriin tenda, tiba-tiba tetes demi tetes air hujan membasahi rombongan. Hwaa, mereka langsung ngebut masang tenda.
foto: Aditya
Setelah tenda setengah jadi, saya disuruh masuk ke dalem sama barang-barang, supaya gak kehujanan. Kasian banget abang-abang di luar semua keujanan.

Hujan makin gede, setelah tenda beres, semuanya masuk ke dalem tenda, saya bareng Rian sama Yamin.

Kita bertiga ngeberesin barang-barang dulu sebelum akhirnya menyadari bahwa kita kedinginan. Aduh rombongan belum makan dan ujan makin gede. Gimana mau masak, udara makin dingin.

Saya pun hampir nangis kedinginan. Tapi waktu itu Yamin sama Rian langsung ngasih saya sleeping bag dan alhamdulillah saya tertolong dan setelah itu saya gak tau apa yang terjadi, alias tidur.

10.30 malem ada suara ribut-ribut di luar. Rian pun ngebangunin saya dengan suaranya yang aduhai. Ternyata hujannya udah reda dan para abang-abang sudah siap buat masak.

Pas saya keluar tenda (nongolin kepala doang, soalnya udaranya masih dingin banget), subhanallah bintang di langit baaaggguuss bbbaaannngggeett, sampe terharu ngeliatnya. Gimana gak terharu, baru aja ujan gede, eh malemnya awan di langit udah pada menghilang. Hwaaa..

Dan yang asik itu saat ngeliat para abang-abang masak. Ada yang masak nasi, masak mie, masak jelly, masak aer plus kopi, mereka semua ahli banget.

Yang bikin terharu lagi adalah waktu saya disediain makan duluan, padahal saya gak ngebantuin apa-apa.

Abis makan, abang-abang tenda seberang udah mulai ngantuk dan mulai tidur. Tinggal lah para galauers yang masih terjaga, Rian, Yamin, Bahtiar, dan saya.

Kami cerita-cerita, ketawa-ketawa, nyanyi-nyanyi sampe gak kerasa udah tengah malem lagi aja. Jam 01.00 malam pun saya memutuskan buat kembali pada sleeping bag, dan tidur. Ahh, what a great night in Gede!

Bersambung..

Popular posts from this blog