Gunung Gede (3)

Pagi di Suryakencana. (foto: Aditya)

Kamis pagi, 17 Mei, 05.30 di Gunung Gede. 

Ahh, the smell of mountain fresh air. Tapi ternyata pagi di sana gak sedingin malemnya. Langsung Rian ngajak saya keluar buat melakukan kegiatan pagi yang membutuhkan air.

Dan aernya bbbuuusseett ddiinnnggiiinn baannnggett.. Tangan saya sampe mati rasa, gak kebayang gimana kalo mandi (yah intinya saya gak mandi).

Jam 06.00 pagi lewat dikit, matahari mulai malu-malu terbit dari sebelah timur. Apalah yang paling indah selain ngeliat langsung matahari terbit di Gunung Gede, hwaa.. (sayangnya kemaren kita gak ngeliat matahari terbenam karena kabut tebal).

foto: Fira Nursyabani)
Saya, Rian, dan Adit pergi ke sebelah baratnya barat dari Suryakencana ini. Tadinya kita mau liat pemandangan Kota Sukabumi, tapi yaahh ternyata ketutupan sama awan.

Akhirnya kita foto-foto aja deh, menikmati indahnya padang edelweis sebelum kita lanjut perjalanan ke puncak Gunung Gede nanti siang.

Sementara itu kondisi tenda sedang ramai bagaikan pasar. Ya ternyata abang-abang lagi pada masak.

Saya? Jangankan masak di gunung, masak di rumah pun gak bisa. Apa boleh buat akhirnya saya masuk ke tenda dan dandan.

Tapi baiknya mereka, lagi-lagi saya yang pertama dikasih makan. Selanjutnya kita semua santai sejenak, dan ngobrol-ngobrol bareng pendaki lain. Bahkan setelah beres-beres tas, saya sama Yamin sempet tidur dulu.

Fira, Rian, Budi, Egy, Indra, Bahtiar, Endang, Adit, Yamin. (foto dok pribadi)
Jam 10.00, rombongan pun bangkit dan mulai ngeberesin tenda. Dan lagi-lagi saya cuma bisa bantu seadanya, mindah-mindahin isi tenda keluar.

Sebelum kita ngelanjutin perjalan ke puncak Gede, kita foto-foto dulu di Surya Kencana.

Eh, tapi ternyata ada dua orang temen abang-abang yang nyusul, namanya aduh saya lupa. Tapi mereka hebat banget, naek subuh dan istirahat sebentar langsung di sambung ke puncak, dan siangnya turun lagi. Kalo kata Rian yang kaya gitu disebut lutut lokomotif. hihi.

Abis foto-foto, kita cus ke puncak, katanya sih cuma jalan satu jam juga udah sampe, ah cetek. Tapi ternyata jalan nanjaknya itu bikin saya ngelus dada.

Bayangin, jalan lima jam saya masih semangat, lah ini cuma jalan setengah jam (gak nyampe sejam) saya sampe bilang ahhh ga sanggguuuuupppp..

Tapi seruan semangat dari Yamin dan Rian yang udah duluan nyampe atas, juga Bahtiar yang setia nemenin di samping saya, dan Adit yang jalan gak jauh di belakang saya, telah  membakar semangat. Harus bisa!

Jam 11.00 siang, dengan ngos-ngosan akhirnya sampe juga saya di depan sebuah kawah yang keliatan berasap dan bau belerang. Mamaaa, Fira udah sampe di puncak Gede, hwaaaaa...

Dan di situ saya baru tau kalo Gunung Gede itu salah satu gunung yang masih aktif.

Rasa capek yang amat sangat itu terbayar sudah, girangnya gak terhingga. Dan percaya atau tidak, ada sinyal dong di sini.

Tapi cuma sekejap sih. Cukup buat nerima SMS dari Mama yang sempet-sempetnya ngajakin jalan-jalan (udah tau anaknya lagi di gunung).

foto: Aditya

Abis istirahat sebentar, jurus maceuh Fira keluar, lari sana, lari sini, foto-foto bareng ke-delapan abang (juga sempet foto bareng bule), bikin Fira self-camera, bikin video clip sama Yamin, ketawa-ketiwi.

Ya Tuhan, jangan biarin hari ini berakhir, please.

foto: Muhammad Yamin

Tapi apa boleh buat, ngejar waktu supaya gak terlalu malem sampe bawah, kita harus pulang sekarang. Yaaahhhh kenapa harus pulang? Masih betah disini atulah :(

Rian, Fira, Yamin. (foto: Aditya)
Tapi apa boleh buat, ngejar waktu supaya gak terlalu malem sampe bawah, kita harus pulang sekarang. Yaaahhhh kenapa harus pulang? Masih betah disini atulah :(

Jam 12.00 siang, meluncurlah rombongan ke bawah. Untuk pulang kita gak pake jalur pas ngedaki, tapi kita pake jalur lain yang nantinya ojol-ojol ada di Cibodas.

Keliatannya sih jalan turun lebih susah, soalnya di awal aja kita udah harus jalan di jalanan berpasir di bibir kawah. Serem asli. Saya pun sempat jatoh dan beberapa kali hampir kepeleset. Akhirnya saya jalan megangin tali tasnya Rian.

Tumbennya saya, Rian, Yamin, Bahtiar, Adit plus bang Indra ketinggalan jauh di belakang. Menurut saya sih ini sebenernya karena waktu di tanjakan setan kita semua pake acara shoot-shoot-an segala (sebenernya saya dan Adit yang paling lama di shoot).

Tempat itu disebut tanjakan setan mungkin karena kita gak akan bisa nanjak atau turun kalo gak pake tali, soalnya kemiringan tanjakan itu gile banget. Saya sendiri karena bukan ahli panjat, nyerahin tas saya ke Yamin dan dengan susah payah ngikutin Adit turun ke bawah pake tali.

Rintangan lain selain tanjakan setan yaitu kita harus nyebrangin air panas. Gak kira-kira banget bikin jalan, masa kita harus nginjek batu-batu sungai yang aernya itu bukan aer panas lagi, tapi aer mendidih. 

Karena saya takut, lagi-lagi tas saya dipegang Yamin dan saya konsen ikut instruksinya Rian supaya gak salah injek batu, kalo kepeleset bisa langsung jadi sop.

Istirahat lah kita di Kandang Batu, dan gawatnya kita mulai keabisan air minum. Di sini kita mulai ngeliat banyak pendaki yang baru mulai ngedaki. Ngedaki sore gini mau nyampe jam berapa yak?

Sebenernya dari mulai tanjakan setan itu kaki saya udah kerasa sakit, makanya saya tempelin dua plester supaya gak lecet. Dan di Kandang Batu ini hansaplastnya udah mulai mengkerut-mengkerut gak jelas, aduh kaki makin sakit.

Tapi saya mencoba buat nggak banyak ngeluh, gak mau ngerepotin abang-abang semuanya, lo kuat Fir!

Dan ternyata bukan cuma saya, semuanya semakin keliatan ngedrop. Tas Rian copot, sepatu Adit rusak, Bahtiar juga diem sepanjang jalan, mungkin cuma Yamin yang masih semangat.

Jalan dilanjutin ke air terjun, tapi tetep serasa gak nyampe-nyampe. Jam 5.30 sore barulah kita sampe ke pos air terjun dan istirahat sebentar.

Rian nyari air minum dan saya langsung nyopot sepatu plus kaos kaki, gak kuat kaki sakit banget duh.

Pas minum dateng, ah inilah minum ternikmat selama hidup saya, walaupun cuma air gunung tanpa dimasak. Tapi, kita masih harus jalan 3 km lagi, kaki saya udah gak kuat.

Untungnya abang-abang pendamping ini semuanya sabar banget. Kita jalan pelan-pelan. Hari semakin gelap dan turun hujan lumayan gede. Kita semua mutusin buat tetep jalan. Kalo gak ada mereka pasti saya udah nangis. Suasananya nyeremin banget, sekeliling pohon-pohonan gelap, jalannya batu-batu licin.

Kayanya udah mulai deket ke bawah, hape di kantong celana saya udah mulai berdering. Wah banyak SMS masuk, udah ada sinyal, kita udah di bawah, ah thanks God.

Beberapa saat kemudian, ada telepon, aduh please saya lagi jalan, siapapun, saya belum sanggup angkat telepon.

Jam 6.30 malam, sampailah kita di Cibodas. Karena ujan tambah gede, kita memutuskan buat berteduh di sebuah ruangan di situ. 

Gila! saya udah gak kuat lagi, capek dan dingin banget. Hujannya gak reda-reda, orang rumah udah khawatir kenapa saya gak pulang-pulang, apa boleh buat.

Di ruangan itu, abang-abang yang tadinya ada delapan, di tambah dua, jadi sepuluh (banyak banget yak), mencoba buat menghangatkan badan dengan bikin kopi dan masak.

Emang rombongan belum makan sedari siang. Tapi saya sama sekali gak bernafsu buat makan, saya mau pulang.

Jam 09.30 malam. Hujan baru reda dan kita baru bisa pulang. Sialnya sepatu saya basah, jadilah saya lepas kaos kaki. Eh tapi ternyata kakinya tambah sakit, lecet, ya Tuhan. Akhirnya belakang sepatunya saya injek.

Sampe di luar area pendakian, kosong gak ada angkot, yah gimana ini pulangnya.. Mimpi apa saya malem-malem gini kelayaban di Cibodas.

Untungnya ada sebuah bis yang datang dan bis itu mau pergi lagi. Setelah di lobi, bis itu berbaik hati mau nganterin kita semua sampe terminal Baranang Siang dengan bayaran yang murah. Alhamdulillah, semoga sopir dan kondektur bisnya diberi rezeki berlimpah, aamiin.

Sampe di Ciawi jam 11.00 malam, saya  Rian, Yamin, Bahtiar  dan Adit turun duluan. Ya ampun kaya mimpi, saya abis dari gunung Gede, serius? hahahahaha.

Empat abang saya ini nungguin saya dijemput bapak dulu sebelum mereka pulang ke alam masing-masing. Gak lama bapak dateng, ahh sebenernya gak mau pisah sama mereka, kenapa sih ini harus berakhir?

Bersambung..

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"