Ketagihan Sambal Sate Maranggi Cibungur

foto: fajarf.wordpress.com
Jaman sekarang, nyari sate maranggi gampang, di mana-mana ada. Tapi saya penasaran kayak gimana sih wujud sate maranggi yang 'beneran'? 

Di beberapa  kios sate maranggi yang pernah saya jajaki, semuanya memberikan penyajian yang berbeda, misalnya kayak sate maranggi Sari Asih di Cianjur yang berbumbu oncom (insyaallah kalau ke sana lagi, saya bakal bikinin review-nya ya!).

Akhirnya saya berkesempatan buat mengunjungi 'tempat lahir' dari sate yang legendaris ini, yap, Purwakarta.

Di sepanjang jalan Padalarang-Cikampek banyak terdapat kios-kios yang menjual sate maranggi. Tapi, rekomendasi yang enak mengacu pada sebuah rumah makan yang terletak di Jalan Raya Cibungur Purwarkata, Sate Maranggi dan Es Kelapa Muda Cibungur.

Dari pintu tol Cikampek tinggal belok kanan dan ada di sisi sebelah kiri. Rumah makan tersebut bisa dibilang sangat besar dengan tempat duduk yang sangat banyak. Tempat parkirnya pun luas, dan kebanyakan mobil yang terparkir di sana ber-plat B, D, dan F. Plat T terhitung jarang.

Karena saya berkunjung di hari kerja, pengunjung tidak terlalu banyak. Tidak hanya menu sate maranggi yang tertera di daftar menu, masih banyak menu-menu lainnya dari gule hingga siomay. Langsung saya memesan menu andalan di sana yaitu sate maranggi dan es kelapa muda.

foto: wongkar.com
Hmm.. ada tiga jenis sate maranggi yang ditawarkan: kambing, sapi, dan ayam. Saya memilih sate maranggi sapi, dan satenya empuk banget.

Penyajiannya polos, gak pake bumbu kacang, atau bumbu kecap, hanya didampingi potongan tomat merah yang sudah dicampur dengan cabai (pedes tapi enak banget suer!).

Polosnya sang sate bukan berarti tanpa rasa, bumbunya ternyata sudah menyatu dengan jiwa dan raga si daging. Pengunjung tinggal menambahkan acar dan kecap sesuai keinginan.

Kenikmatan sate maranggi asli langsung dari 'tanah kelahiran'-nya dapat dirasakan seharga Rp2.500 per tusuk, nasi seharga Rp5.000 per timbel, dan es kelapanya seharga Rp13.000 per gelas.

Dijamin gak akan nyesel dateng ke sini. Yang mampir ke Purwakarta, jangan lupa icip-icip makanan khasnya, yaitu sate maranggi. Enyaaakk...

foto: Fira Nursyabani

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"