Cap Go Meh 2015

foto: Fira Nursyabani
Perayaan Cap Go Meh yang sudah ada sejak 2000 di Bogor bukan sekedar perayaan masyarakat Tionghoa.

Cap Go Meh adalah perayaan kebudayaan dan pesta rakyat terbesar di Bogor. Semua warga Bogor berbondong-bondong datang ke pusat kota buat liat serangkaian acara, mulai dari lomba barongsai sampai karnaval budaya.

Termasuk saya, yang akhirnya dilepas dari kandang khayangan buat berkeliaran di mantan wilayah kekuasaan, Bogor, buat liputan Cap Go Meh 2015.

Cap Go Meh 2015 dirayakan sejak 27 Februari sampai 5 Maret. Acara sebenarnya berpusat di Vihara Dhanagun, Suryakencana.

Suryakencana ini memang pusatnya orang-orang Tionghoa di Bogor, selama acara berlangsung, di sepanjang Suryakencana dipasang lampion-lampion warna merah khas Imlek yang mempercantik jalan. 

Puncak acara diselenggarakan 5 Maret dan konon bakal ada Presiden Joko Widodo buat membuka acara karnaval. Bukan konon sih, emang bener, orang Pak Pres lagi doyan ngadem di Bogor kok.

Menurut cerita dari orang-orang tua yang saya wawancara, perayaan Cap Go Meh taun ini adalah perayaan paling besar, rute karnaval diperpanjang dan peserta karnaval semakin banyak.

Sekali lagi, acara ini udah jadi tradisi yang diikuti sama semua warga Bogor dari belahan bumi manapun.
foto: Fira Nursyabani

Ceritanya, saya mulai sampai ke lokasi karnaval jam 11 siang. Waktu itu udah ada beragam pertunjukan dari berbagai sanggar seni Tionghoa di dalam Vihara Dhanagun.

Saya yang gak bisa fokus nonton karena harus ngetik berita, akhirnya ketemu sama penjaga wilayah Bogor yang sekarang, Aji.

Udara yang panas membuat saya dan Aji hampir putus asa karena harus nunggu kedatangan Pak Pres sampe jam 5 sore, sedangkan pengunjung waktu itu udah padatt banget.

Nanggung kepanasan dan bentuk muka udah gak karuan, saya memutuskan buat liat-liat beberapa pertunjukan dari peserta karnaval. Salah satunya pertunjukkan marching band dari Pusdikzi yang bikin gak fokus karena abang-abang yang mainin gongnya gagah tenaaan (gong?).

Karena terlalu fokus sama yang ganteng-ganteng, akhirnya Aji menghilang dan saya harus menyelami lautan manusia sendirian. Tapi siapa sangka waktu itu ternyata Wali Kota Bogor Bima Arya udah stand by ganteng pake totopong putih dan ikat Sunda bareng di depan pintu masuk utama Kebun Raya.

Eh ternyata Bima Arya gak cuma berdua sama sejolinya, Usmar Hariman, tapi di situ ada Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, dan Menteri Pendidikan, Anies Baswedan. Whaaat? Anies? Saya hampir gak percaya liat Anies di depan mata *oke lebay*

foto: Fira Nursyabani
Saking asik ngeliatin mereka-mereka, saya jadi gak sempet foto. Apalagi pas Pak Pres keluar dari dalem Kebun Raya, wiih ternyata Pak Jo ini manusia biasa kayak kita *iyalah* *toyor pala* 

Pak Pres dateng bareng Ibu Pres dan anak perempuannya yang --waktu itu digosipin sama Pak Menpan hehe-- *apasih*

Mereka menerobos kerumunan manusia buat naik ke panggung dan ngebuka acara karnaval.

Hal yang paling musingin buat saya adalah, Cap Go Meh ini rame karena semua orang pengen liat Pak Pres.

Saya -yang sudah kehilangan Aji- terpaksa harus berbaur berdesak-desakan sama ribuan manusia demi liat Pak Pres. Eh enggak deng, saya cuma mau denger beliau ngomong apaan, buat ditulis berita.

Ada ibu-ibu yang saking pengen liat Pak Pres, dia nekat menembus orang-orang, padahal ukuran si ibu itu tiga (atau empat) kali badan saya, bisa kebayang dong yang kurus bakal gimana?

Ada juga anak perempuan yang pinsan, terus digendong abangnya yang usianya kira-kira 10 taunan, dan mereka berpisah sama ibu yang membawa mereka ke acara itu, OMG.

foto: Fira Nursyabani
Saya sebagai warga Bogor sih mengharapkan acara karnaval Cap Go Meh yang lebih nonton-able. Kalau perlu, gak usah dibuka sama Pak Pres biar semua orang bisa enjoy dan benar-benar terhibur oleh acara karnaval.

Ada satu hal juga yang disayangkan, pedagang-pedagang jajanan banyak yang disingkirkan dari acara itu. Padahal Bogor terkenal sama kulinernya, tapi kenapa kuliner enak seperti kue ape malah gak boleh jualan?

Selebihnya, acara ini super keren karena pesertanya yang totalitas dan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan. 

foto: Fira Nursyabani

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"