Gunung Papandayan (2)

foto: Fidyastria Saspida
Sleeping bag yang saya pakai ternyata belum bisa memberikan kehangatan. Soalnya malam itu saya masih kedinginan meski udah dempet-dempetan tidur sama sepupu, Monica.

Ternyata yang gelisah karena dingin gak cuma saya, yang lain ngerasain hal yang sama.

Jam 04.00, demi menghangatkan badan, sepupu saya yang lain, Delia, langsung masak air dan buat kopi. Gak ngerti kenapa ini anak kuat banget beraktifitas di luar tenda, saya mah nyerah. Tapi setelah itu, kita semua bangun dan minta dimasakin mie cup.

"Gue kira gue yang makan paling banyak, ternyata teteh-teteh ini makannya lebih banyak, mana doyan jajan," kata sepupu saya (yang paling kuat dan paling sering daki gunung), Wahyu, setelah liat saya, teteh, dan yang lain makan mie dengan random subuh-subuh.

foto: Fira Nursya'bani
Lagi asik-asiknya makan, tiba-tiba bumi tergoncang alias gempa bumi. Lumayan lama sekitar satu menit. Parno banget kan lagi di atas gunung terus ada gempa, apalagi Papandayan masih aktif.

Ah segala rupa pemikiran negatif udah ada di kepala. Ternyata gempanya bukan berasal dari Papandayan, tapi dari daerah Ciamis. Fiuh.

Malem tadi, kita semua janji buat liat sunrise di hutan mati. Jam 05.00, lepas subuh, setelah lumayan anget abis ngisi perut sama kopi dan mie, kita bertujuh bersiap buat jalan menuju lokasi sunrise.

Jalanannya gak jelas karena gelap banget. Yang lain bahkan ada yang sampe tijebros kakinya di air. Tapi saya aman tanpa kotor karena milih jalan yang baik dan benar.

Setelah jalan hampir 15 menit, kita sampai di hutan mati. "Teh, kenapa hutan ini mati?" tanya saya ke si teteh. "Karena hutan ini gak hidup," jawab teteh.

foto: Fidyastria Saspida

Jujur aja saya gak nyangka kalau saya lagi di Garut. Pemandangan hutan mati ini kayak pemandangan di manaaa gitu, di luar negeri, keren banget sumpah.

Batang-batang pohon gundul menyembul dari bawah tanah, kayak zombie, serem tapi ngegemesin.

Pelan- pelan cahaya matahari muncul. Bukit hijau yang ngelilingin hutan mati jadi bergradasi, merah, oren. Bener-bener deh ini pemandangan yang gak bisa di dapet di Jakarta (yaiyalah).

Kita terus menuju ke sebelah barat. Di sini, di bibir kawah, kita bisa sepuasnya liat matahari yang gagah berani keluar dari persembunyiannya. Sampe silau banget.

Di kejauhan, kita liat hamparan awan yang menyelimuti Garut. Masya Allah.

Hamparan bebatuan putih di bibir kawah bikin kita kayak lagi di atas salju. Insya Allah saya masih yakin ini di Garut, bukan di Korea. Suer.

Entah berapa puluh foto yang udah diambil di sini. Jam 08.00, kita memutuskan buat balik ke tenda.

Delia dan Ena tugasnya masak nasi, teteh dan Wahyu tugasnya nyuci peralatan makan bekas malem, aa tugasnya ngelipetin sleeping bag, saya dan Monic nyiapin lauk pauk.

Sebelumnya, saya kembali terkejut dengan adanya toilet di Pondok Salada ini. Setelah ada warung, terus ada toilet?? Tapi lumayan sih, saya sebagai penderita shy bladder syndrome alias gak bisa pipis di sembarang toilet, bisa pake toilet itu yang airnya bersih (tapi gak mandi, dingin).

foto dok pribadi

Menu makanan pagi ini ada mie goreng kornet, sosis, dan abon. Makanan random, tapi enak kalo dimakan di gunung.

Jam 10.00, cuaca panas, beda banget sama waktu malem. Di tengah teriknya matahari, kita mulai packing dan ngelipet tenda.

Gue udah senang dong karena tas yang berat harusnya jadi ringan karena makanan udah berkurang. Tapi dasar gak bisa liat tetehnya senang dikit, aa langsung nyimpen nesting berisi beras sisa di tas saya.

Awalnya saya gak tau nesting itu isinya beras, karena kata aa kosong. Pas nyampe rumah, aa baru ngaku kalo itu ada berasnya, dan itulah yang membuat tas saya berat. Dasar adik kurang ajar.

foto: Fidyastria Saspida

Monica yang penasaran sama tas saya, akhirnya pengen nyobain bawa. "Pas jalan turun, Monic yang bawa, tapi kalo nanjak teteh ya yang bawa," kata dia. Iyeee dah...

Jalanan turun emang gak sesusah pas nanjak. Cuma masalahnya adalah: jalannya licin karena debu.

Saya terpaksa beberapa kali harus nyorodot (jongkok sambil meluncur). Tapi terus aa, yang pake sepatu gunung anti nyorosot, jalan di depan saya biar saya bisa nahan ke badan dia kalo jatoh.

Riweuh banget deh pokoknya, tapi seru. Sosorodotan di debu emang menyenangkan, tapi sepatu dan sendal jadi ledok banget.

Meski perjalanan turun bisa dibilang gak lama, cuma tiga jam, tapi tetep sih capek. Di pos 1 kita ngaso dan jajan (lagi).

Pendaki-pendaki lain mulai keliatan naik dengan bawa keril gede-gede di punggungnya. Dari sini kita ke Cikajang gak naik dugul lagi, tapi naik ojek. Bye bye Papandayaaan....

Setelah mengarungi perjalanan yang rumit dari Cikajang ke Depok, akhirnya kita sampe jam 23.00.

Seru banget sih short trip ke Papandayan nya. Serunya dobel, pas jalan menuju Garut dan pas jalan menuju Puncak gunung. Buat yang seneng jalan-jalan santai, kayaknya Papandayan bisa dijadiin alternatif, soalnya gak terlalu terjal. Cocok lah ya buat saya dan geng yang bukan pendaki tapi doyan short trip.

Oh iya, kalau ke sini jangan lupa bawa masker, selain bau belerang yang bikin pusing, kalau siang juga debunya luar biasa.

Meski ada warung di tempat kemah, Papandayan cukup terjaga kebersihannya, seneng deh liat yang bersih-bersih.

Tapi sayang, di deket-deket kawah masih ada tulisan-tulisan gak jelas, pake spidol di batu, misalnya tulisan: I LOVE FITRI. Apaaa coba maksudnya.. Makanya blogging biar gak punya kebiasaan corat-coret sembarangan hihi.

See ya di short trip selanjutnya yaaa....

Kawah kelima, yeay! (foto: Muhammad Rizki Farhan)

1. Terima kasih untuk artikelnya mengenai pengalamannya di Gunung Papandayan, Semoga tambah sukses untuk blognya dan tambah banyak pengunjungnya.