Gunung Papandayan (1)

foto: Muhammad Rizki Farhan

Entah udah berapa lama punya rencana naik gunung bareng sepupu-sepupu. Awalnya gunung yang mau didaki itu Gunung Gede. Tapi karena saya udah pernah ke sana, jadi saya ber-sikeukeuh memelintir tujuan jadi ke Gunung Papandayan.

Alasannya, Papandayan lebih landai dan naiknya gak susah (cenah, soalnya saya belum pernah ke sana sebelumnya). Setelah melewati perdebatan yang panjang, kita semua sepakat berangkat ke Papandayan setelah Lebaran, 24-25 Juli, nginep satu malam.

Total yang jadi naik ada tujuh orang. Saya, teteh, aa, pacar aa, sepupu dari Bogor sebiji, dan sepupu dari Depok dua biji. Jadi ceritanya, saya didaulat sebagai 'teteh yang udah pernah naik gunung', yang membuat saya harus bawa keril 40L.

Gak masalah sih, yang saya bawa keril saya sendiri yang saya beli tiga tahun lalu. Beli tapi gak pernah dipake, tau-tau udah butut :(

foto: Muhammad Rizki Farhan
Kamis malam, saya, teteh, aa, dan sepupu saya, udah siap-siap bawa tas gede-gede ke Depok. Kita semua dianter Bapak sama Mama.

FYI, Depok itu rumah nenek saya dari Bapak. Kenapa kita mesti ke Depok dulu? Karena kita perlu menyelaraskan bawaan sama sepupu yang di Depok, terus Depok juga lebih deket ke Jakarta, tempat kita naik bis ke Garut.

Malem itu kita nginep di Depok dulu setelah selesai packing. Sebenernya saya agak susah tidur kalau besoknya mau jalan-jalan jauh, belum lagi di Depok emang panas dan banyak nyamuk. Huh.

Pagi-pagi buta, selesai sarapan, kita semua siap berangkat menuju Terminal Pasar Rebo. Waktu itu saya baru menyadari ternyata tas yang dibawa berats bangets. Di saat orang lain sibuk nyiapin barang-barang pribadinya, saya harus bawa peralatan kelompok, huaaa...

Jam 7.30, kita udah naik bis di Pasar Rebo menuju Garut. Waktu yang pas banget buat tidur karena kursi bis adalah tempat tidur bagi mereka yang doyan jalan-jalan.

Perjalanan sangat lancar, macet-macet dikit sih di Cileunyi, Tapi siapa sangka 11.30 sebelum jumatan kita udah sampe Terminal Guntur, jadi total perjalanan cuma sekitar empat jam. Horee..

Cimbay dan dogput
foto: Fira Nursyabani
Nunggu selesai Jumatan, kita dipersilakan 'ngaso' di rumah seorang warga di deket terminal. Teteh (yang saya gak tau namanya) jualan jajanan yang sebelumnya gak pernah saya liat, namanya cibay dan dogput.

Karena penasaran (dan laper plus doyan jajan), saya beli semuanya mulai dari cibay sampe dogput isi mie dan bihun. Rasanya... em enyaaakk..

Jadi cimbay itu artinya cireng ngambay dan dogput artinya endong nyumput (telor nyumput). Cimbay dibuat dari aci biasa, cuma lebih lembek dari bahan cireng, terus dimasukin ke kulit lumpia terus digoreng.

Dogput juga kayak lumpia, isinya telor puyuh, mie, sama bumbu. Harganya serebu satu. Nah kan malah ngomongin makanan...

Jam 13.00, selesai sholat dan makan, kita naik angkot jurusan Cikajang. Angkot-angkot ini ternyata udah biasa ngangkut anak-anak yang mau naik Gunung Papandayan, jadi soal ongkos masih bisa dilobi semurah-murahnya.

Sopir juga udah nyiapin tali buat ngangkutin tas-tas pendaki yang super gede.

Gak nyangka perjalanannya lumayan jauh, sekitar dua jam. Kursi angkot juga cocok jadi tempat tidur nih (ya intinya di angkot saya tidur lagi).

Sampe di Cikajang, 14.30, pemandangan para pendaki berlalu lalang udah keliatan. Ada yang baru datang, ada yang baru turun, ada juga anak-anak sekolah yang (mungkin) lagi karya wisata ke Papandayan (?).

Dengan lulungu, saya ikut rombongan naik dugul (kol buntung) ke pos 1 Papandayan. Sensasi naik dugul ini sama laah kayak sensasi naik Jeep pas di Bromo, seru abis, ditambah pas lagi lulungu dibawa ngebut sopir.

Halo dari dugul. (foto dok pribadi)

Di pos 1 kita mesti laporan dan bayar uang masuk, Rp10.000 per orang kalau gak salah. Di sini juga saya yang parno karena tas berat, memutuskan buat pake pembalut di pundak, katanya sih supaya gak pegel.. (eh ternyata emang ampuh beneran loh).

"Semangat teh, semangat teh," kata sepupu-sepupu saya sambil nyengir. Zzz...

Jam 15.30 kita baru mulai mendaki dan berharap gak kemaleman sampai tempat ngediriin tenda. Dasar amatir, parno bawa tas gede justru bikin saya sering berhenti, plus sambil foto-foto, jadi jalannya lama.

Awal-awal jalannya lumayan landai dan langsung disuguhkan pemandangan kawah. Ada asap di berbagai tempat dan bau belerang.

Lucunya, yang ngedaki bukan cuma anak-anak gunung yang bawa keril-keril gede, tapi juga keluarga-keluarga yang lagi wisata sambil bawa anak kecil.

Jadi jangan heran kalo kita yang bawa tas gede dan pake jaket tebel, malah ketemu ibu-ibu yang pake sendal keteplek dan celana jins, karena Papandayan emang surganya piknik.

Yang lebih lucu, ada motorcross lalu lalang ke atas gunung bawain peralatan. Katanya sih kita bisa nyewa itu buat bawain peralatan ke tempat kemah. Ah tapi gak seru dong kalo ngedaki tanpa bawa tas gede.

Hari itu pengunjung Papandayan lumayan banyak, maklum masih libur Lebaran.

foto: Fidyastria Saspida

Gak selamanya jalanan landai, kita memutuskan buat 'motong jalan' ke trek yang lumayan terjal, mirip jalan ke Gede dulu. Saya yang ngos-ngos-an rasanya langsung puyeng seketika liat jalanan itu.

Sepupu saya yang ganteng maksimal berbaik hati mau bawain tas, yee.. *lari ke atas* Setelah itu jalanan kembali landai.

foto: Fira Nusyabani
Setibanya di Camp David, rombongan perlu lapor lagi ke pos 2. Di sini ternyata udah banyak juga yang ngediriin tenda. Sedangkan kita ternyata masih harus jalan sekitar setengah jam lagi ke tempat berkemah.

Setelah jalan hampir 2,5 jam, kita semua lumayan kelaperan dan memutuskan untuk beli cilok di warung terdekat. Beli? Iya beli. Di tempat berkemah itu ada warung dan ada tukang cilok, enak banget kaaann...

Katanya si ibu penjaga warung itu hampir sepanjang musim liburan selalu tidur di warungnya. Warbyazah.

Hari udah mulai gelap, jam 18.00. Kita yang udah capek menguatkan diri buat terus jalan ke Pondok Salada. Yap, tempat berkemah kita namanya Pondok Salada. Di sini udah banyak tenda-tenda yang berdiri kokoh dan cahaya-cahaya api unggun. Aih. Sedep pokoknya.

Setelah nyari tempat yang enak, jam 18.15 dalam gelap kita mulai ngediriin tenda. Total ada dua tenda gede yang kita bawa.

Semakin malam, udara semakin dingiin banget, mungkin karena ini musim kemarau kali ya. Kita perlu menghangatkan diri sebenarnya, tapi dua cowok yang kita bawa gak bisa bikin api unggun. Kurang amal kayaknya ni anak.

Untungnya aa-aa di tenda sebelah berbaik hati buat bikinin api unggun (tapi kita tetep kedinginan).

Abis itu, mulai lah kita masak nasi dan lauk pauk. Kita makan sarden, goreng tempe, goreng tahu, dan kornet. Aktifitas ini nih yang lumayan bisa bikin badan anget.

Setelah makan dan menikmati malam di Pondok Salada, jam 23.00, kita memutuskan buat tidur.

Malem itu cerah, alhamdulillah menikmati malam di gunung selalu cerah dan menyenangkan.. Good nite Papandayan..