Resep: Deblo

Gak tau udah ada berapa ratus makanan olahan singkong di dunia ini, yang jelas singkong emang gak ada matinya. Kabarnya singkong termasuk makanan tinggi kalori penghasil energi dan baik dikonsumsi sama penderita diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Sekarang saya mau menyebarkan kebahagian, boong deng, saya mau menyebarkan resep kesukaan keluarga besar saya turun temurun, namanya DEBLO.

Ada yang pernah denger? Saya sendiri gak tau deblo ini aslinya dari daerah mana atau di daerah lain disebut dengan nama apa, dan saya gak tau juga kenapa di setiap kumpul keluarga besar, terutama pas buka bersama Ramadan kayak gini ini, deblo jadi penganan yang wajib ada.

foto: Fira Nursya'bani
Bahan deblo: Singkong, daun bawang, garam/gula, minyak goreng
Bahan Sambel: Cabai merah, cabai rawit, bawang Putih, garam/gula, air


foto: Fira Nursya'bani
Setelah dikupas dan dicuci bersih, singkong di parut. Jangan lupa, abis diparut, singkong diperas pakai kain sampe semua airnya keluar. Sisihkan airnya karena yang mau kita pakai buat bikin deblo adalah ampasnya.

Ampas singkong dicampur sama daun bawang (bisa juga sih pakai irisan cabai merah kalau mau lebih rame). Tambahin juga garam dan gula sesuai selera. Terus aduk.

Setelah tercampur rata, deblo bisa langsung dicetak bulat pipih. Cetakannya bisa manual, bisa pakai cetakan kue. Jangan terlalu tipis soalnya (kata saya sih) yang tipis nanti setelah digoreng jadi agak keras. Jadi tebel-tebel lebih enak dan empuk.

Selesai dicetak langsung goreng aja di minyak panas. Awas gosong.


foto: Fira Nursya'bani
Untuk sambelnya, kita pakai air bekas perasan singkong tadi. Sebelum mengendap jadi tepung tapioka, air perasan bisa dididihkan di wajan.

Selagi nunggu mendidih, campuran sambel (cabai dan bawang) bisa diulek sampai halus. Tingkat kepedasan sambel bisa disesuaikan sama banyaknya cabai.

Masukin deh ulekan sambel ke dalam air perasan singkong yang udah mendidih, tambahin air, garam, dan gula seperlunya. Setelah mendidih lagi, bisa diangkat. Nantinya sambel ini agak kental, tapi enak kok.

foto: Fira Nursya'bani
Selamat nyobain, tapi kalau lagi puasa, nyobainnya ntar aja ya pas magrib. Cheers!

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"