S.O.T.R

pic: dagelan
Meski udah sering denger kata Sahur On The Road alias SOTR alias sahur di jalan, saya sebagai anak gadis rumahan, sama sekali belum pernah ikut sahur di luar rumah.

Pernah sih beberapa kali ditawarin temen, tapi karena jadwal tidur saya terancam, saya nolak buat ikut.

Apa sih esensinya SOTR? Kata temen saya yang pernah nawarin sih, SOTR itu bisa jadi ajang silaturahim. Gak cuma sama temen-temen sepermainan, tapi juga sama orang-orang gak mampu.

Intinya, supaya SOTR bisa lebih berkah, alangkah baiknya sekalian bagi-bagi makanan sama para tuna wisma yang ditemui di jalan. Mulia banget kan ya!

Tapi kenapa pak polisi Polda Metro Jaya kok sampe tega bikin razia besar-besaran buat membasmi SOTR yang (katanya) mulia itu?

Ternyata ada juga SOTR yang nggak berkah lho. Boro-boro bagi makanan sama tuna wisma, yang ada justru tawuran dan transaksi narkoba. Bulan puasa sempet-sempetnya tawuran malem-malem, kesambet apa ya?

Mungkin mereka takut puasanya batal kalo tawuran siang, jadi pilih waktu sahur. 

Bukannya bawa bekel makanan emak dari rumah dan di makan di jalan, anak-anak SOTR non-berkah justru malah bawa alat-alat perang cem celurit, batu, dan gesper. Mereka mau sahur atau debus? Ya jelas lah pak polisi sedih.

Lebih sedih lagi, ada SOTR non-berkah yang cuma jadi ajang pamer. Misalnya geng motor yang ini kumpul sampe subuh, trus konvoi manas-manasin geng motor yang lain, besoknya mereka bentrok.

Ada satu hal lain yang sebenernya sangat ngeganggu pikiran saya mengenai SOTR ini. Jadi gini gays, waktu masih tinggal di Bandung zaman muda dulu, saya merhatiin banyak banget tulisan SOTR di tembok atau pagar jalan, pakai piloks.

Suer, dulu saya gak nyadar kalo SOTR itu singkatan dari Sahur On The Road. Saya pikir SOTR itu nama salah satu geng motor di Bandung, soalnya ada banyak singkatan lain yang katanya milik geng motor sana, misalnya XTC, Brigez dll... T.T

Setelah suatu hari saya ditawari buat: "Fir hayu ikut SOTR biar gaul", sama temen, otak saya baru mengaitkan SOTR ajakan temen dengan tulisan SOTR di jalan-jalan Kota Bandung. Yaelah, ternyata vandalisme yang selama ini saya perhatiin itu perbuatan anak-anak yang ngadain SOTR.

Balik lagi, esensinya apa sih nulis-nulis kata SOTR di jalan? Dan ternyata itu gak cuma di Bandung, di Bogor sama Jakarta juga ada. Mungkin di kota-kota lain juga ada. Kompak ya remaja Indonesia.

'Mural' SOTR di sepanjang Kuningan, Jakarta
foto: Fira Nursya'bani
Saya harap sih semua SOTR itu berkah, kayak SOTR yang dijelasin sama temen saya tadi. Kalau sekiranya pengen corat-coret, bisa bikin mural di tembok kota, kayak di Jalan Siliwangi, kan bagus, jangan lupa izin dulu sama Pemkot.

Kalau sekiranya pengen pamer, bisa pamer kebaikan dengan bagi-bagi nasi bungkus ke panti asuhan atau rumah-rumah orang gak mampu.

Inget, lagi SOTR mending minum teh manis daripada minum cairan piloks. Dan jangan bablas salat subuh ya gays. *wink*

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"