Berendam di Pemandian Air Panas Ciater

foto: Raisan Al Farisi

Rencana liburan saya di Bandung kali ini adalah berendam di pemandian air panas Ciater. Kali ini saya akan jalan-jalan bareng keluarga calon suami.

Sebelumnya, Raisan udah lama mau ngajakin ke Ciwidey dan Situ Patenggang. Tapi setelah berdiskusi panjang kali lebar sama Mama Papa, kita memutuskan buat pergi ke Ciater aja buat berendem air anget. Asiknya, kali ini formasi lengkap dengan Ade Sarah.
 
Sore itu, sekitar jam 5, kita berangkat ke Ciater. Jalan lumayan lancar, macet-macet dikitlah di kota. Di Lembang kita mampir buat salat magrib dan di Ciater kita makan malem dulu. Kira-kira tiga jam kemudian, kita sampai deh di lokasi.

Kata Sarah, dulu waktu mereka masih balita, pernah diajak ke sini. “Aa pernah foto di atas badak ini,” katanya sambil nunjuk patung badak yang masih berdiri kokoh sejak belasan tahun lalu.

Luar biasa. Sayang waktu itu kita gak bisa rekonstruksi foto, karena gelap dan di patung badak itu banyak orang lagi mejeng.

Sebenarnya saya pernah juga berendam di Ciater ini, waktu karya wisata kelas 2 SMP. Tapi karena dulu masih kecil, semuanya serba lupa. Foto-fotonya pun entah kemana.

Yang saya ingat, Ciater dari dulu memang pemandiannya berupa sungai air panas yang berasal langsung dari kaki gunung. Tapi dulu masih belum sebagus sekarang. Pantes ya tiket masuknya juga mahal (tapi kita sekeluarga masuk gratis lho).

foto: Raisan Al Farisi
Ciater Jumat malam ini gak terlalu ramai. Lumayan, anggaplah kolam ini adalah kolam pribadi, karena kita berlima bisa foto-foto sepuasnya.

Meski udara malam cukup dingin, tapi air di dalam kolam mampu membuat kita hangat. Ini kolamnya lumayan panas lho, bukan panas-panas kuku.

Nah, setelah puas berendem sekitar satu jam, kita berencana nginep di rumah saudara Mamah, yaitu Aki Ato, di Subang.

Lokasi rumahnya lumayan jauh jalan raya. Ditambah mobil waktu itu disetirin Raisan, tambah deh horor. Alhamdulillah di sini kita bisa tidur nyenyak dan hati senang. Jam 9 pagi, kita pamit pulang ke Bandung. 
foto: Raisan Al Farisi

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"