Buku EN(SHE)KLOPEDIA

EN(SHE)KLOPEDIA
FEBRINA AYU
REPUBLIKA PENERBIT
Ini buku 'serius' paling koplak yang pernah saya baca. Sayangnya, meski dengan penjabaran dan penyampaian yang aneh, kebanyakan isi buku ini 100% BENAR.

En(she)klopedia, seperti judulnya, menceritakan seluk beluk keribetan perempuan dari A sampai Z. Buku ini saya dapat gratis langsung dari Pimpinan Republika Penerbit, Pak Aris Hilman, karena saya bisa jawab pertanyaannya waktu orientasi di kantor. Terima kasih, Pak!

Yuk tengok.

(1) Anoreksia & Bulimia
Anoreksia Nervosa
Udah kurus-kering, crispy, kayak cengcorang yang kalau disenggol dikit patah, tapi (masih) takut sama berat badan yang naik dan merasa tubuh (masih) kurang langsing. Akhirnya ngurangin porsi dan frekuensi makan dengan ekstrim. Bisa jadi kamu pengidap anoreksia.

Bulimia Nervosa
Makan biasa aja malah cenderung banyak-banyak-banyak-banyak, tapi abis itu dimuntahin atau olahraga sampai selemes-lemesnya.
Ini buat perempuan-perempuan yang terlalu mikirin bentuk tubuh walaupun badannya udah kayak cengcorang (bukan saya suer). Kata dosen saya, punya badan gemuk itu gak baik karena banyak diintai penyakit. Meski begitu, punya badan yang terlalu kurus juga jangan.

Sesungguhnya badan yang kecil ala-ala model itu gak cocok buat kita-kita yang sehari-hari kerjanya bukan lenggak-lenggok di atas catwalk. Kalau kamu demen sama badan kecil, bisa jadi kamu punya gejala Anoreksia dan Bulimia. Hmm..

Dulu saya disebut cungkring sama temen tuh rasanya sakit banget, tapi saya gak pernah ngatain mereka gendut. Jadi, beruntunglah cewek-cewek kece yang punya badan bohay, kalian bebas anoreksia dan bulimia, dan bebas bullian saya.


(2) Make up + cover up ugly (?)
"MAKE UP IS ABOUT ENHANCING BEAUTY, NOT COVERING UP UGLY."
Tuh liat. Afgan banget yak, sadis. Ada yang kesindir? Dari jaman SMA saya udah sering ketemu sama perempuan yang bukan pake make up tapi mask up, alias dandan tebel banget.

Kalau kamu merasa jelek, inget ya perempuan itu gak ada yang jelek. Jelek itu persepsi, bukan kemutlakan. Jangan ditutupi dengan make up setebel 5cm, pancarkanlah kecantikan dengan senyum dan menebar kebaikan. Ciye.


(3) Muka bersih sebelum tidur
"One night of sleeping in your make up is unlikely to cause long lasting damage to your skin." - Dr. Schweger
Hm.. Dr. Schweger ini bener juga. Ini kebiasaan saya waktu kuliah dulu, langsung tidur tanpa cuci muka. Kalau sekarang, sepulang kerja gak bisa gak cuci muka dan mandi.

Padahal saya termasuk jarang jerawatan loh, cuma emang tidur dengan kondisi muka yang kotor itu gak baik, apalagi kalau abis ngelenong alias pake make up tebel-tebel.


(4) Demen foto
"Perkiraan isi komputer perempuan: 10% data, 10% lagu, 10% film, 70% foto narsis"
Oh my God, ternyata perkiraan isi pc seorang perempuan 70 persennya adalah foto. Perempuan emang seneng banget foto-foto. Saya juga, instagram isinya foto saya semua, lagi gaya, lagi manyun, lagi tiduran, macem-macem.

Tapi netbook saya kayaknya kebanyakan isinya variety show running man, bukan foto pribadi. Fotonya gak sampe 70 persen lah ya (paling 69 persen).

Saya akui pasti yang menuhin memori hape dan pc perempuan adalah foto selfie. Ditambah sekarang kamera semakin canggih dan banyak aplikasi yang bikin cantik.

Kalau saya pribadi, dibandingkan dulu waktu zaman sekolah masih pake hape N*kia, sekarang udah jaraaaang banget selfie. Alasannya, karena saya merasa gak punya wajah yang fotogenik. Alasan kedua, karena sekarang saya seneng difotoin pacar.


(5) Belanja
"Women will spend more than eight years of their lives shopping."
Gimana lagi ya, abis belanja itu menyenangkan sih (apalagi kalau ada yang bayarin). Buat saya, belanja ada diurutan ketiga relaxing personal schedule setelah jalan-jalan dan kulineran.

Wabah belanja saya membesar setelah punya uang sendiri. Walaupun tetep harus maksain buat nabung. Hal yang paling menggoda adalah: sepatu.


(6) Tas berat
"Pakar menyebutkan, rata-rata tas yang dibawa perempuan memiliki berat hingga 3 kg."
Berat tas perempuan rata-rata tiga kilo dan bisa menyebabkan sakit punggung?? Kalau itu tas Ibu Suri, saya percaya, pasti isinya ayam sekilo, sayuran sekilo, dan bumbu-bumbu.

Peralatan make up dan gadget diduga menjadi tersangka dari beratnya tas perempuan. Termasuk saya, make up sih gak ada, tapi mesti memikul lusinan netbook, ratusan power bank, dan jutaan kabel. Itu lama-lama pegel juga loh.


(7) Demen gosip
"Menurut penelitian, perempuan 3x lebih banyak bicara daripada laki-laki. Maka sudah sewajarnya perempuan bergosip lebih banyak. Yah terpaksa diwajarin sih."
Sebagai perempuan, saya pun gak tau kenapa perempuan suka ngegosip. Dalam diri paling dalam, saya selalu berdoa supaya gak jadi perempuan kayak gitu, karena digosipin itu gak enak.

Tapi bukan berarti gak ada cowok yang suka ngegosip. Hayoo para cowok, ngaku deh.

Eh btw, antara saya dan pacar, lebih banyak pacar saya yang bicara loh, jadi penelitian di buku ini salah.


(8) Makhluk unik (?)
Kalau dipuji bilangnya gombal. Kalau nggak dipuji bilangnya nggak care. Perempuan.

Kalau diturutin banyak maunya. Kalau enggak diturutin, bilangnya enggak ngertiin. Perempuan.

Kalau dicemburuin bilangnya posesif. Kalau enggak dicemburuin bilangnya nggak disayang. Perempuan.

Kalau janjian terus telat dan akhirnya nunggu lama, ngomel. Kalau telat sendiri pas janjian dan akhirnya orang yang nunggu lama, bilang "ya aku kan cewek, wajar dong." Perempuan.

Kalau pacar main sama wanita lain, "KAMU PASTI ADA APA-APA DEH SAMA ITU CEWEK!" Kalau sendirinya main sama temen laki, "Ah apaan sih, dia cuma temen." Perempuan.

Kalau kata redaktur senior di kantor: perempuan itu makhluk yang unik. Tapi bener gak sih kata-kata yang di buku ini semua ada pada perempuan? Saya ngaku yah, pernah ngelakuin yang nomor satu: Kalau dipuji bilangnya gombal, kalau gak dipuji bilangnya nggak care.

Pas banget saya selalu bilang gombal sama siapapun yang muji, tapi dalam hati gedeg juga sih kalau gak dipuji, serasa gak dipeduliin. Ah, namanya juga perempuan ~


(9) PISCES

Berhubung zodiak saya Pisces, saya bahas yang ini aja yah.
Katanya, perempuan Pisces itu wanita pemimpi yang lemah akan cinta (weks) dan cenderung kompleks. Punya kepribadian yang gak bisa ditebak.
Dia punya ketakutan yang disembunyiin di bawah kasur tapi ternyata itu masih kurang aman jadi milih nyembunyiin di dalam hatinya aja. Tipe perempuan yang memendam perasaan. Di kala dia bilang gak butuh siapapun, di saat itulah justru dia butuh seseorang. Seseorang buat ngelindungin.
Seorang Pisces mudah terharu dan mudah bahagia oleh sekitarnya. Bagi dia, membahagiakan orang-orang disekitarnya itu menyenangkan.
Tipe perempuan yang banyak diinginkan. Dia tahu caranya menghibur seorang laki-laki. Bukan berarti perempuan penghibur, tapi bisa bikin seorang laki-laki bahagia. Dan Pisces pun bahagia apa adanya.
Seorang Pisces memang gak suka ngikutin peraturan, tapi bisa jadi ibu rumah tangga yang baik kalau pasangannya tahu cara menanganinya.
Ini bukan saya yang bilang loh gays, tapi kata buku. Hm.. Soal mengubur dalam-dalam ketakutan itu bener juga, tapi soal menghibur.... yah bisa bener bisa salah.


(10) Terserah
"Based on survey from Marist College Institute, 38% dari 1.173 orang memilih 'terserah' sebagai kata paling annoying dalam percakapan sehari-hari."
"Mau makan di mana?" "Terserah." Menurut saya, gak ada masalah sama kata terserah. Kalau pacar saya nanya sesuatu dan saya jawab terserah, itu karena saya bener-bener ngikutin keputusan dia. Sampai kata 'terserah' ini jadi kata paling annoying di dunia.

'Terserah' juga bisa jadi ekspresi marah, gak peduli, bahkan males. Daripada kita jadi orang yang menyebalkan, mending menghidari menggunakan kata satu ini. Oke? Gak mau? Yaudah terserah.


(11) Rahasia laki-laki
Laki-laki luluh sama senyuman hangat.

Laki-laki mengesampingkan semua gengsinya cuma buat bilang "kangen, woy!" (Ya, gak pake "woy!" juga sih).

Laki-laki itu hakekatnya pantang menyerah.

Laki-laki sebenarnya cuma mau didenger pas cerita sesuatu, jadi denger aja, bukan motong ceritanya dan jadi ngomong panjang lebar, jadi dia yang balik ngedengerin.

Laki-laki gak suka perempuan lebay dan berlebihan.

Laki-laki pantang kelihatan lemah. Kalau dia bisa jadi unyu-unyu sama kamu, berarti dia nyaman.
Benerkah begini? Buat saya, laki-laki terbaik tetep mereka yang bisa menghormati perempuan. Hormat grak!


(12) Hidung belang
"Laki-laki mungkin sering menggoda perempuan seharian. Tapi sebelum tidur, hanya ada satu wanita yang ada dipikirannya."
Masa iya? (masih) kata senior redaktur saya di kantor, kalau wanita itu makhluk unik, maka laki-laki itu makhluk gak setia. Jadi kalau dapet laki-laki setia, makaaa Anda beruntung!



(13) Life must go on
"It can be much harder to let go of regret than to hang on it. Tapi bukan berarti jadi gak berani nyoba apapun karena takut atas penyesalan yang berlarut-larut.

Kayak orang bijak bilang, "the funny thing about regret is, it's better to regret something you have done; than something you haven't done. As difficult it can be, make it as opportunity to learn and grow rather than to stay stuck and depressed."
Semua orang pasti punya penyesalan dan trauma, tapi bukan berarti kita gak bisa melanjutkan hidup. Life must go on. Yang perlu dilakukan hanya memaafkan dan berdamai dengan diri sendiri, jangan ulangi hal bodoh lagi. Jangan.


Baca buku kayak gini kadang bikin baper, tapi yaa hal baik selalu bisa memberi manfaat kan?

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"