Memahami Emica

foto: Raisan Al Farisi

Sama-sama anak perempuan dan bahkan sama tanggal lahir, gak membuat Rai dan Mica "setipe". Momi gak mau dan gak bisa membandingkan karena semua anak istimewa.

Mica, yang lahir saat usia Rai tepat dua tahun, ternyata benar-benar diciptakan untuk jadi sahabat tetehnya. Buat Mica, teteh adalah panutan.

Kepunyaan teteh adalah kepunyaan Mica juga. Apapun yang diomongin teteh, Mica ikut ngomong juga. Cuma teteh yang bikin Mica berani untuk kenalan dan main sama teman-teman di rumah.

Rasa sayang Mica ke teteh ini yang bikin Rai jadi kakak yang super. Dedek boleh ngikutin apapun omongan teteh, dedek boleh pakai apapun yang teteh punya.

Mica yang waktu bayi sangat santuy, sekarang sudah mulai masuk fase terrible two. Anak gemesin ini cukup jarang tantrum, tapi sering banget lempar-lempar, teriak-teriak, melengos kalau dimintain tolong.

PR banget untuk Momi bisa ngeluluhin hati Mica, karena kadang meski sudah dikasih tahu sampai berjanji dan pacantel tangan, Mica masih akan melakukan hal yang sama.

Terlepas dari itu, Mica lebih konyol dan suka ngebanyol. Tapi sifatnya yang seneng ngelucu ini cuma ditunjukkin di rumah atau saat lagi main sama teman-teman dekat. Kalau di tempat yang ramai, Mica cenderung pendiam dan lebih memilih menghindar. Mirip Momi banget yang introver.

foto: Raisan Al Farisi

Setahun terakhir, Momi dibuat takjub sama Mica yang diem-diem hafal surat-surat pendek dan bacaan sholat. Padahal Mica masih sulit untuk duduk diam dan mengaji sama Popi.

Mica juga bisa toilet training dengan sempurna. Setelah lepas pospak, Mica gak pernah ngompol sama sekali bahkan waktu malam dan waktu di luar. Ini ajaib sih, ajaib banget.

Mica memang melesat hebat, di usia dua tahun sudah bisa ngomong kalimat kompleks karena nge-beo-in teteh. Tapi cara ngajarin Mica agak unik. Mica gak suka dipaksa dan diminta belajar dengan serius, jadi apa-apa harus sambil main dan tertawa-tawa.

Selamat ulang tahun yang ketiga, Emica. Momi titipkan Mica untuk selalu ada di bawah lindungan Allah di manapun Mica berada. Semoga selalu sehat dan banyak rezeki, jadi anak shalehah, pinter, bageur, bener.

Momi sayang Mica.

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"