Gugus (1)

Life is not always as easy as I want.
Ketika saya bilang gak sanggup, sebenernya masih dan akan selalu ada jalan. Jalan ke manapun, jalan apapun, baik atau buruk. And now, seems like I have my way to move on.

foto: Fira Nursyabani

Saya bukan lari dari masalah, tapi butuh waktu buat bernafas sebentar sebelum sadar kalo ternyata saya memang lagi ada dalam sebuah masalah. Saya gak tau harus gimana lagi dan ke mana lagi kali ini.

Tapi ada satu orang yang akhirnya bersedia menampung: Gugus, teman SMA yang udah saya anggap kayak kakak kandung sendiri, yang juga udah kenal deket sama keluarga saya. Kebetulan banget Gugus, yang kerja di Jakarta, sekarang lagi ada di Bogor (yak, saya kabur dari Bandung ke Bogor).

Setelah kita berdua gak ketemu hampir dua tahun, mulut ini gak berhenti-berhentinya ngoceh, cerita tentang ini, itu, si ini, si itu. Dan yang paling gak disangka, Gugus ngajak saya makan siang di  tempat yang udah hampir tiga taun gak saya datengin.

Namanya warung panjang, yang biasa disebut WP sama pengunjungnya, biar singkat. Waktu SMA, hampir tiap minggu saya datengin tempat ini.

Tempatnya biasa aja. Cuma tempat penjual makanan yang berjejer, tapi enak banget buat nongkrong dan harga makanannya cocok di kantong anak sekolah. Lokasinya tepat di belakang Masjid Amaliah, Ciawi. Ceritanya, dulu WP juga sering jadi tongkrongannya anak De Rieut, geng saya di SMA.

foto: Fira Nursyabani
Makanan yang paling disukai di WP adalah ketoprak. Bahkan setelah tiga tahun, ibu penjualnya belum berubah, tetep selalu senyum dan ngebodor.

foto: Fira Nursyabani
Kalau saya pribadi lebih suka ayam bakar WP. Rasanya juara. Waktu SMA dulu, saya inget banget ayam bakar ini harganya Rp6.000 se-porsi. Murah banget untuk ukuran ayam bakar enak.

foto: Fira Nursyabani

Selanjutnya kami pergi ke rumah Gugus, gak jauh dari WP. Rumah ini bersejarah. Salah satu tempat ngumpul anak De Rieut.

Awalnya saya ngebayangin suasana hangat di rumah ini, karena setiap saya dateng ke sini, dulu, selalu ada sambutan ceria dari Mama, Papa, dan tiga adik Gugus yang pemalu.

Mama selalu seru cerita tentang ini itu. Papa orangnya 'anak muda banget' dan enak di ajak bercanda. Adiknya yang paling kecil, Neng, lucunya gak ketulungan. Belum ada anggota De Rieut yang bisa gendong dia, karena badannya montok banget.

Sayangnya, semua itu tinggal kenangan. Gak ada lagi Mama, Papa, dan adik-adik yang saya kangenin. Papa Gugus udah hampir dua taun meninggal dunia karena komplikasi penyakit diabetes, jantung, dan paru-paru. Setelah itu, Mama dan ketiga adik-adik pindah ke Banten. Rumah itu kosong, gak ada keceriaan yang dulu.

Saya istirahat sebentar di sana sambil nunggu hujan reda karena saya bakal ikut Gugus ke kota tempat dia kerja, Jakarta.

Bersambung...

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"