Nick Names

“Apalah artinya sebuah nama” kata Shakespeare (ceile gaya anak sastra gadungan). Tapi nama saya, Fira Nursya’bani, jelas-jelas punya arti yang bagus, terutama dalam Islam. Cahaya bulan Sya’ban. Awalnya, sewaktu SD, saya merasa aneh dengan nama saya sendiri. Jelek, ya, aneh dan jelek jika dibandingkan dengan nama teman-teman saya yang lain, puspita, permata, maulita, putri, dan nama-nama bagus yang lainnya. “Mamah, kenapa kok nama Fira belakangnya Nursya’bani? Nama temen-temen mh bagus, liat geura mah,” celoteh saya saat kelas 2 SD. Penjelasan mama tentang arti dibalik nama saya sampai penjelasan bahwa nama saya itu adalah nama pemberian dari kakek almarhum yang amat saya sayang, akhirnya membuat saya merasa bahwa nama saya-lah yang paling bagus di seluruh jagad raya ini, yee... (dasar anak SD). Suatu hari wali kelas di kelas 2 SD, ibu Ani, pernah memuji nama saya saat mengabsen, “Aduh namanya bagus ya Fira.” Haha. Makin PD aja ini bocah.

Setiap orang pasti punya nama sayang atau panggilan tersendiri di masa kecil. saya pun, dan nama sayang saya saat kecil (bahkan hingga sekarang) adalah Pipi. Bukan Fifi (secara nama saya di awali konsonan F), tapi Pipi, dari P. Prediksi saya sih mungkin karena kata Fifi itu terlalu canggih buat anak perempuan selucu dan semenggemaskan saya dulu. Ada beberapa versi sebenernya, mama, nenek, dan tante-tante saya (almost all of them) manggilnya Mpih, bapak manggilnya Fie (kalo di SMS aja sih itu mh, kalo di dunia nyata tetep manggil Fira), sedangkan om-om saya manggilnya Mpik (makin aneh aja). Dan setelah  saya punya ade, punya sepupu yang lebih kecil, terus punya sepupu lagi, terus sepupu saya punya ade dan terus punya ade lagi, mereka semua manggil saya Teh Pipi. Temen-temen kecil saya di rumah juga ikutan manggil-manggil saya dengan sebutan Mpih. Jadi hati-hati kalo mau maen kerumah, karena siapa tau sebenernya keluarga saya ga tau nama asli saya Fira.

SD, tempat pertama dimana saya punya temen-temen deket dari berbagai wilayah di sekitaran sekolah. Awalnya standar lah temen-temen di SD manggil saya dengan sebutan Fira. Tapi di kelas 5 mereka mulai manggil dengan sebutan Teh Pipi, modusnya mereka ngikut-ngikutin cara manggil ade dan sepupu-sepupu saya yang kebetulan waktu itu satu SD juga sama saya. Beranjak ke kelas 6 SD dimana saya semakin deket sama mereka, muncullah panggilan aneh yang sebenernya emang aneh: Fifi Alone. saya inget banget yang pertama ngasih julukan nama aneh ini adalah temen deket saya banget, Lilis. Tau kan yah Fifi Alone itu siapa? Yap, yang suka baca novel Lupus pasti tau, dia itu salah satu temennya lupus yang sok ngartis. Buset, apa iya di SD saya suka sok ngartis juga? Tapi ditilik-tilik sih yah julukan Fifi Alone itu berasal dari julukan Teh Pipi juga, mirip lah Pipi – Fifi, kerenan dikit jadi Fifi Alone. Ada juga temen SD yang rumahnya masih satu kampung sama saya, Edi, dia punya sebutan khusus, yaitu Babange, does anyone know the meaning?

Di SMP, nama panggilan aneh munculnya waktu duduk di kelas 2. Ceritanya waktu itu saya dan temen-temen lagi seneng-senengnya manggil nama orang pake sapaan kakak sesuai sama keturunannya masing-masing. Dan saya pun berhasil dijuluki dengan julukan Mpok Bunny, ya Tuhan alay juga ya waktu SMP. Mpok itu adalah kata sapaan buat kakak perempuan dari Betawi dan Bunny itu dapet dari nama belakang saya, Bani. Temen deket saya, Selly, punya panggilan sendiri buat gue: Azuki Bani, tau kan itu nama salah satu tokoh kartun yang lagi eksis waktu itu. Kelas 3 SMP saya juga di panggil Mbak Vie sama sebagian anak-anak pengurus OSIS (gak tau ini asal muasalnya dari mana, yang jelas saya bukan keturunan Suku Jawa). Dan di intern gank saya (sama Mesa, Eis dan Tia), saya dapet julukan Kamus Berjalan, eeaa, awalnya karena saya sering dijadiin tempat translate kata-kata Bahasa Inggris sama mereka (gileee ternyata waktu SMP saya udah bisa bahasa Inggris men!). Dimana Mesa dijulukin Kalkulator Berjalan (suka ngitung utang kali yak dia), Eis disebut Radio Berjalan (suka nyanyi, plus bervolume tinggi), dan Tia disebut Diary Berjalan. Selebihnya temen-temen Paskibra juga (angger) manggil saya dengan sebutan Teh Pipi, kayanya panggilan ini melekat banget sama saya.

Nah di SMA kelas 1, di kalangan anak-anak cewek De Rieut, saya dipanggil Ipeh, nama kecil dari Zhypeh, nama yang dikasih sama mereka. Kalo anak cowok De Rieut banyaknya manggil saya Bani (bisa beda-beda gitu yak?). Kelas 2 dan kelas 3 SMA, anak-anak cewek Electric sama anak-anak Paskibra kebanyakan manggil saya Unyun (padahal itu gara-gara saya suka manggil orang laen dengan sebutan Unyun, eh malah jadi panggilan buat saya sendiri). Ada juga anak-anak tertentu yang manggil saya Butet, asal muasalnya karena waktu kelas 2 SMA saya pernah bikin film pendek, dan di film itu saya berperan jadi anak kos yang bernama Butet, yang karakternya bukan saya banget. Oh iya, di SMA ini nama Teh Pipi kurang eksis, ya faktor wajah, mereka lebih mandang saya sebagai ade daripada sebagai teteh. Haha

Jreng. Di kampus, panggilan saya beda lagi. Kali ini saya eksis dengan sebutan Ade. Berawal dari waktu duluu sekali, waktu saya punya pacar, niatnya sih ngeledekin dengan manggil dia Mas (soalnya saya baru ketemu cowok yang dipanggil Mas sama keluarganya), eh dianya malah keenakan dan manggil saya Ade, soalnya Mas itu pasangannya Ade, katanya. Walhasil temen-temen sekelas (awalnya) semuanya ngetawain, emang lucu juga sih. Tapi kesono-kesononya mereka semua jadi ikut manggil Ade. Ada lagi satu orang makhluk, Khaerul, yang manggil saya Abang, mungkin karena saya tomboy (padahal udah tobat), dan dia saya panggil Neng. Di Tagoni, saya biasa dipanggil Eonni (bahasa Korea-nya teteh), karena emang saya sulung, dan juga mendapat julukan Bounce of Tagoni,  karena keseharian saya yang emang ga mau diem mirip bola bekel.

Yang paling berkesan ya seseorang yang manggil saya dengan nama kecil Fifi ♥. Panggilan-panggilan itu masih eksis loh sampe sekarang. Buat saya panggilan itu adalah nama sayang dari orang-orang terdekat kita, jadi ga usah ngambil makna jeleknya, dengan panggilan special itu berarti kita juga special di mata orang-orang tertentu kan? Dan selanjutnya panggilan apa lagi yaa? :)

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"