Warcraft, Perang Manusia dan Orc

dok: Universal Pictures
Warcraft
Sutradara: Duncan Jones
Pemain: Travis Fimmel, Ben Foster, Ben Schnetzer, Dominic Cooper, Ruth Negga, Paula Patton, Tobi Kebbell, Anna Galvin, Daniel Wu

Draenor, planet bangsa orc, mengalami kehancuran dan tidak bisa lagi ditempati. Para orc yang merupakan mahkluk-makhluk bertaring setinggi tiga meter, harus rela meninggalkan Draenor dan mencari tempat tinggal lain yang lebih layak. Mereka lalu memilih Azeroth untuk ditinggali dan berusaha merebutnya dari manusia.

Azeroth adalah sebuah kerajaan yang makmur dan damai di bawah kepemimpinan Raja Llane Wrynn (Dominic Cooper) dan Ratu Lady Taria (Ruth Negga). Tak ada yang pernah mengganggu Azeroth karena kerajaan ini memiliki Sang Penjaga bernama Medivh (Ben Foster) yang memiliki kesaktian luar biasa dan komandan perang bernama Sir Anduin Lothar (Travis Fimmel) yang sangat pemberani.

Kedamaian Azeroth mulai terganggu saat pemimpin bangsa Orc, Warlock Gul’dan (Daniel Wu), membuka gerbang kegelapan dari Draenor ke Azeroth dengan bantuan sihir hijau Fel. Sebagian prajurit orc berhasil memasuki Azeroth dan memusnahkan beberapa desa.

Tujuan mereka selanjutnya adalah membuat gerbang kegelapan yang lebih besar agar seluruh orc bisa memasuki Azeroth. Mereka juga menculik banyak manusia agar bisa diambil energinya untuk membantu membuka gerbang kegelapan.

Pada pertempuran pertama antara bangsa manusia dan bangsa orc, Komandan Lothar berhasil membawa pulang seorang orc wanita bernama Gorona Halforcen (Paula Patton). Gorona ternyata merupakan tawanan Gul’dan yang memiliki setengah darah manusia. Karena tidak senang dengan bangsanya sendiri, Gorona bersedia membantu Lothar untuk berperang dengan orc.

Lothar juga dibantu oleh seorang penyihir bernama Khadgar (Ben Schnetzer). Khadgar lalu menemukan Medivh Sang Penjaga ikut dikuasai oleh sihir hijau Fel, sehingga tidak bisa melindungi Azeroth dan justru semakin memperkuat bangsa orc untuk menguasai kerajaan.

Di sisi lain, Durotan (Tobi Kebbell), kepala suku Frostwolf dari bangsa orc melihat adanya kejanggalan dari perebutan tempat tinggal ini. Menurutnya, sihir hijau Fel tidak akan memberikan ketentraman bagi orc, melainkan kehancuran.

Durotan lalu merencanakan penghianatan terhadap Gul’dan agar bisa melindungi suku Forstwolf, serta istri dan anaknya. Nahas, Durotan harus mati sia-sia saat berduel dengan Gul’dan. Istrinya, Draka (Anna Galvin) juga mati terbunuh sesaat setelah menyelamatkan anaknya dengan menghanyutkannya ke sungai.

Melihat kekacauan di wilayah kerajaannya, Raja Llane memutuskan turun ke medan perang dan melawan orc. Ia membawa prajurit-prajurit terbaiknya untuk menghancurkan gerbang kegelapan dan membebaskan rakyatnya yang disandera.

Namun Raja Llane terlanjur terbunuh sebelum Lothar datang membantu. Meski demikian, Lothar yang telah terlebih dahulu mengalahkan Medivh bersama Khadgar, akhirnya berhasil membunuh Gul’dan dan melepaskan ratusan sandera.

Warcraft adalah film live action terbaru dari Legendary Pictures dan Universal Pictures, karya sutradara Duncan Jones dan penulis naskah Charles Leavitt. Film ini berhasil masuk ke dalam jajaran film 3D Hollywood terbaik, dengan menggandeng para pemenang piala Oscar sebagai kru di balik layar, seperti Gavin Bocquet (desainer produksi Star Wars) dan Bill Westenhofer (visual effect supervisor Life of Pi).

Tak hanya menakjubkan dalam aspek digital, Warcraft memberikan sudut-sudut kamera yang luas dan kostum yang beragam bagi karakternya dalam menggambarkan sebuah dunia fantasi. Efek computer generated imagery (CGI) dan motion capture technology membuat setiap karakter dan setting menjadi lebih hidup.

Jones mengaku, pengambilan gambar manusia dan orc tidak dilakukan terpisah. Hal ini menjadi tantangan baru baginya, karena orc harus terlihat lebih besar dari manusia biasa. Ia lalu menempatkan banyak kamera di tempat penggambilan gambar. Secara digital, bentuk dan pergerakan aktor yang memerankan orc akan diubah.

Selain itu, meski menonjolkan peperangan antara dua jenis makhluk hidup, film ini juga memasukan unsur kasih sayang, kepedulian, dan kesetiaan. Hanya saja, sisi kekejaman ekspansi orc terlalu digambarkan secara brutal.

Keputusan Jones memilih James Fimmel, aktor TV yang terkenal dalam film Vikings, sebagai tokoh protagonis, dinilai tepat. Fimmel mampu memainkan banyak karakter dalam satu tokoh sebagai komandan perang pemberani, ayah yang penyayang, dan teman yang jenaka.

Fimmel dibantu oleh akting memukau dari aktor-aktor lain, seperti Paula Patton, Ben Foster, Dominic Cooper, Toby Kebbell, Ben Schnetzer, Robert Kazinsky, dan Daniel Wu.

Beberapa lokasi di Inggris dipilih untuk dua setting dalam film. Setting pertama adalah kerajaan Azeroth yang digambarkan sebagai tempat yang indah dan nyaman dan setting kedua adalah Draenor yang telah rusak.

Film Warcraft diadaptasi dari seri video game Warcraft milik Blizzard Entertainment. Warcraft: Orcs and Humans sendiri diciptakan Blizzard Entertainment pada 1994 lalu, disusul dengan Warcraft II: Tides of Darkness dan Warcraft III: Reign of Chaos.

Pada 2004, video game online World of Warcraft mulai mendunia dan menjadi salah satu dari 10 game online terpopuler. Setelah 10 tahun, Warcraft telah mencapai 100 juta pemain terdaftar di seluruh dunia.

Press screening Gandaria IMAX, 24 Mei 2016

Comments

  1. Keren gan untuk pembahasannya mengenai Warcraft, Perang manusia dan orc. Sukses untuk web dan pembahasan artikel lainnya. Film tersebut diadaptasi dari video game Warcraft milik Blizzard Entertainment

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"