Gemerlap Pasar Malam di Bulan Ramadan

foto: Raisan Al Farisi
Akhirnya hari ini saya bisa main di pasar malem. Sebelumnya, dari kecil, saya cuma bisa ngelewatin hiruk pikuknya dan memandang kemeriahannya dari jauh. 

Saya memang anak rumahan yang jarang banget ke luar malem, kecuali setelah kuliah. Beruntung, kali ini saya punya anak yang bisa dijadiin alesan untuk ngajak suami pergi ke pasar malem.

Keadaan memang berbeda sekarang. Dulu semuanya ada di bawah kendali bapak, sekarang ada di bawah kendali suami dan untungnya saya punya suami yang doyan mengukir momen (a.k.a jalan-jalan).

Pasar malem yang saya datangi ini berlokasi di sebuah pusat perbelanjaan di Kiarcondong, Kota Bandung. Lucu juga sih, kalau biasanya pasar malem itu ada di sebuah lapang di kampung, sekarang justru ada di pelataran pusat perbelanjaan di tengah kota.

Awalnya saya ngebayangin kalau pasar malem itu kayak di serial Upin Ipin yang judulnya Fun Fair. Seru banget kayaknya, karena ada banyak wahana permainan dan bahkan ada rumah hantu.

Tapi ternyata, di sini wahana-wahananya nangung. Ada permainan buat anak-anak kecil kayak kereta-keretaan dan kapal-kapalan, juga ada permainan buat orang dewasa kayak kora-kora dan tong setan.

Foto: Raisan Al Farisi
Jadi saya, sebagai seorang ibu yang bawa anak bayi, agak susah cari wahana yang pas. Beruntung saya masih bisa naik kuda-kudaan di korsel. Sebenernya wahana ini dirancang untuk anak-anak juga karena kudanya kecil-kecil, tapi karena saya bawa anak, jadi saya bisa ikutan naik deh.

Yang saya liat, korsel ini diputer manual pakai kekuatan penjaganya, jadi bukan digerakin pake mesin. Hebat banget ya. Gak hanya korsel, wahana-wahana lainnya juga digerakin manual, misalnya kayak kora-kora. Agak kaget waktu liat seorang penjaga dengan gigih berdiri di ujung perahu kora-kora yang lagi diombang-ambing. Gilee..

Ternyata meski masuknya gratis, kita mesti bayar karcis di setiap wahana. Rata-rata harga karcisnya Rp8.000 per orang.

Abis naik korsel, kita kembali bingung mau naik apa. Heheu. Akhirnya kita memutuskan untuk cari-cari jajanan. Tukang makanan di sini banyak banget, sampe berjejer-jejer. Tapi anehnya, kok agak susah ya nyari jajanan khas Bandung kayak batagor, cilok, cuanki, atau cakue.

Kebanyakan makanan yang saya temui adalah sosis, sate maranggi khas Purwakarta, pentol khas Malang, angkringan khas Jogja, dan bahkan ada kerak telor khas Jakarta. Kira-kira mamang cilok lagi di mana ya?
Foto: Fira Nursya'bani

Setelah puas jajan, kita tengok dulu ke kios pakaian. Pedagang baju banyak, sampe berjejer-jejer juga. Dari yang mahils sampe yang murce, di sini ada. Awalnya pengen liat-liat sweater buat Rainier, eh ujung-ujungnya malah mominya yang beli baju batik buat kerja mwehehe.

Tampaknya Rai gak tertarik sama baju, dia lebih tertarik untuk nyapa manekin. Hihi.

foto: Raisan Al Farisi
Rasanya gak afdol kalau dateng ke pasar malem cuma naik satu wahana. Kita sempet celingak-celinguk dulu sampai akhirnya memutuskan untuk naik bianglala. Kereta bianglala di sini bentuknya mirip banget sama sangkar burung, cuma ukurannya agak besar.

Kita rela untuk antre demi menjajal wahana yang satu ini. Peminatnya cukup banyak lho. Dan bianglala cociks juga untuk dinaiki  seorang ibu bersama bayinya.

Foto: Sarah Munifah
Karena satu kereta cuma bisa dinaiki dua orang dewasa, jadi yang naik cuma saya, Rai, dan tantenya Rai. Bapak Rai gak ikut ya, soalnya kalau kebanyakan nanti oleng. Hihi.

Ternyata naik bianglala di pasar malam lebih menakutkan daripada di Duf*n. Yang bikin serem adalah keretanya yang goyang-goyang sendiri dan ngeri bakal jatoh dari kincirnya. Terus daya putarnya juga lumayan cepet, gak nyante gitu.

Rainier aja sampe pegangan tangan lho, mungkin dia deg-degan juga. Plus, bianglala ini durasi sekali mainnya lama bener. Bukannya menikmati, kita malah pengen cepet-cepet turun. Syukurnya dari atas kita bisa liat pemandangan warna-warni di bawah. Perhatian jadi bisa sedikit teralihkan deh.

Waktu semakin malam. Walaupun cuma naik dua wahana, tapi ada perasaan puas karena akhirnya bisa main ke pasar malam dan gak penasaran lagi.

Rainier biasanya kalau diajak ke mana-mana selalu tidur. Tapi kali ini dia sangat menikmati momen, menikmati warna-warni cahaya, dan menikmati waktu berkualitas dengan ibu bapaknya. Oia, kita main di sini sama sekali gak unggah apa-apa di Inst*story lhoo. Hebat kan!

Selamat malam Kota Bandung yang syahdu di bulan Ramadan :)

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"