KKN: Bersih-Bersih PAUD!


Weyoo, hari ini kita membersihkan PAUD Jaya Giri yang ada di Dusun Pangasinan. Dengan dimandori langsung oleh ibu RW, kita sudah menyiapkan cat tembok, cat warna-warni,  dan beberapa kertas interaktif untuk ditempel.

PAUD ini bentuk bangunannya lebih mirip kayak pendopo kecil. Temboknya hanya dibeberapa sisi dengan cat yang sudah mengelupas. Sebenarnya bangunan ini gak pakai tembok, tapi bilik. Sisanya terbuka lebar.

Atapnya penuh dengan sarang laba-laba. Kertas-kertas tempelannya sudah lusuh dan rusak. Papan tulisnya kotor. Tapi bangku dan mejanya masih bagus dan layak pakai.

Kita langsung bagi-bagi tugas nih, Abang sebagai yang tertua bertugas untuk ngecat kelas plus nyabutin paku-paku yang gak digunain. Restu dan Lilis bersihin atap dan lantai kelas. Rama angkatin bangku dan meja.

Upi jadi kepala tim yang ngatur komposisi kelas. Aini dan Echa nyiapin tempelan-tempelan. Sandi masangin kertas-kertas alternatif. Sementara saya dan Dika bikin papan nama dan lukisan kartun.


Alhamdulillah, saat anak-anak masuk sekolah, PAUDnya sudah bersih dan rapi. Yeay. Selamat sekolah adik-adik lucuu.

Di hari pertama ini, kita berkesempatan untuk ikut meramaikan kelas, bersama ibu guru dan ibu RW. Ternyata ada banyak banget yang sekolah, sekitar 30-an anak. Waw.



Upi sebagai mahasiswa yang paling berjiwa guru, langsung mengambil alih kelas. Dia nyanyi-nyanyi, ngajarin anak-anak nulis, bahkan sampai menenangkan anak yang nangis. Luar biasa.

Gak hanya ngurus anak-anak. Upi juga bahkan ngasih pelatihan life skills ke ibu-ibu yang nungguin anak. Kok ya kepikiran, Piii.. Pii..


"Ceup..ceup.. jangan nangis..."


Selamat menikmati kelas baru, anak-anak. Raihlah cita-cita setinggi langit. Jadilah anak-anak yang cerdas, beradap, berbudi pekerti, dan bersumbu pendek. Selamat bertemu lagi <3 br="">

pic: personal documentation

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"