KKN: Posyandu


Belum apa-apa kita sudah disuguhi kegiatan yang menyenangkan, yaitu membantu jasa kesehatan bagi para bayi, balita, dan ibu hamil di Posyandu Jaya Giri RW 04 di Dusun Pangasinan.

Bu RW meminta kami untuk ikut serta dan bu Bidan yang baik hati mempersilakan kami untuk ikut menimbang anak-anak dan membagikan makanan ringan untuk mereka.

Untuk saya yang gak pernah ikut kegiatan Posyandu, bisa bantu-bantu di sini adalah suatu kebanggaan tersendiri. Kita bisa bercengkrama dengan warga, godain anak-anak, dan bahkan gendong bayi-bayi imut. Gak jarang juga kita harus menenangkan anak kecil yang nangis karena gak mau ditimbang dan divaksin. 

Di Posyandu ini kira-kira ada tiga staf yang siaga banget karena harus menghadapi banyak ibu-ibu dan anaknya. Ternyata antusias warga di dusun ini juga besar banget, Posyandu sampai penuh tak terkira. 

Setelah kira-kira dua jam, kegiatan di Posyandu selesai. Semua anak sudah terdata dengan baik oleh bu Bidan. Inilah saatnya kita untuk berbincang-bincang dengan bu Bidan dan bu RW secara hati ke hati *lho.

Kita lagi-lagi ngepoin soal masalah yang ada di Pamanukan, khususnya Pangasinan. Masalah utamanya, sudah saya duga, adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan. Hmm. Tampaknya kita harus menyelenggarakan kerja bakti nih guys.

pic: personal documentation

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"