Jazz Gunung 2015 (1)

Day 1
foto: Mb Kiki

Semua berawal dari pesan whatsapp khayangan yang majuin deadline empat hari lebih awal dari biasanya. Saya sempet megap-megap kayak ikan keluar dari kolam karena harus liputan dan nyelesein beberapa ficer panjang sehari semalam.

Tapi siapa sangka, setelah itu khayangan nugasin buat ngeliput langsung acara Jazz Gunung 2015 di Bromo. Yeay!

Jam enam pagi, saya udah standby cantik di bandara bareng Pak Sophan, bapak yang bakal ngasuh selama di sana dari Inke Maris dan Mas Fikri dari Media Indonesia. Ternyata, cuma tiga jurnalis dari tiga media yang bakal diasuh sama Pak Sophan.

Satunya lagi Mbak Kiki dari Suara Pembaruan yang dateng agak telat. Lagi-lagi saya jadi yang paling muda di geng ini, tapi agak tenang karena Mas Fikri dan Mbak Kiki masih sama-sama belum nikah dan kita free dari obrolan rumah tangga, ihiy.

Rencana terbang ke Surabaya gagal karena kita keabisan tiket dan akhirnya kita ubah tujuan ke Malang. Hmm, justru bukannya Bromo lebih deket dari Malang?

Jam delapan pagi, sampailah geng di bandara Abdul Rachman Saleh dan di sini kita dijemput sama driver (lupa namanya bapak siapa) langsung dari Surabaya, soalnya rental mobil di Malang abis.

Di Surabaya tiket pesawat yang abis, di Malang mobil rental yang abis, kompak banget.

foto: Fira Nursyabani
Sambil jalan menuju Probolinggo, kita berlima mampir di rumah makan Bebek Sinjay di Pandaan Pasuruan atas rekomendasi Mbak Kiki.

Aakkk, ini menu bebek terenak yang pernah saya coba, empuk dan sambel mangga mudanya nyus banget. Gak niat buka cabang di Jakarta gitu owner nya?

Jam dua siang, kita sampai di pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Mulai dingin banget.

Tapi di sepanjang jalan masuk ke wilayah ini mata dimanjain sama pemandangan ala-ala luar negeri, sampe bela-belain gak tidur di mobil padahal malem sebelumnya baru tidur jam dua pagi.

foto: Fira Nursyabani
Setelah registrasi media, kami dianter ke homestay, tempat tinggal selama di Bromo. Bentuknya rumah tempat tinggal biasa, cuma agak unik macem rumah-rumah jawa gitu.

Tinggal di homestay sebenernya di luar ekspektasi saya dan Mbak Kiki. Mbak Kiki mikirnya media bakal ditempatin di hotel Java Banana dengan segala fasilitas yang anget-anget, sedangkan saya berekspektasi kalau media bakal tidur di tenda plus sleeping bag dan coffee maker.

Yah, gak apa-apa deh, rumahnya enak kok, ada air angetnya buat mandi.

dok foto pribadi
Jam setengah empat sore, saya dan Mbak Kiki plus Pak Sophan udah duduk cantik di depan stage. Media kebetulan dapet di bagian tengah, penonton festival di atas, penonton VIP B di bagian agak bawah, dan penonton VIP A di depan banget. 

Kalau kata saya sih, di bagian depan justru gak enak soalnya tata bangkunya dibikin rata, gak kayak di festival yang bisa liat artis dengan jelas tanpa kehalangan kepala orang lain.

Tata stage nya juga lucu, ada bambu-bambu yang disusun anyam dan ditempatin dibelakang stage. Karena gak kenal musisinya (dan gak terlalu ngerti jazz), saya dan Mbak Kiki melanglang buana mengelilingi venue buat observasi dan wawancara.

Semakin malem, udara semakin dingin. Dan nonton acara jazz sangat beda sama nonton gigs band-band indie yang biasa saya lakuin sejak SMA, yang bisa joget-joget sampe keringetan walaupun gak tau lagunya.

Di sini saya diam beku memeluk segelas kopi panas. "Neng yuk kita makan bakso dulu di luar," kata Pak Sophan. Ah bapak nih, tau aja anak-anaknya lagi butuh kehangatan.

Sampai pada penampilan Ring of Fire asuhannya Djaduk Ferianto yang kolaborasi sama sinden Endah Laras dan gitaris Tohpati. Buat saya, ini penampilan paling juara.

Berbagai alat musik dimainin, dari cello sampai bel. Dan nih ya, padahal Endah Laras itu sinden jawa, tapi doi keren banget bawain lagu Es Lilin. Luar biasah!

Tapi ada yang lebih luar biasa lagi yang bikin acara Jazz Gunung ini lebih hidup, yaitu MC nya, Mas Alit dan Mas Gundi. Ini MC ter-koplak yang pernah saya tonton setelah acara Kickfest 2009 lalu. 

Penampilan MC jadi penampilan yang paling ditunggu-tunggu, gak ngerti lah kenapa mereka ngomong satu kata aja bisa lucu banget dan di sepanjang acara penonton dibikin ngakak cem nonton stand up comedy.

Ring of Fire on Stage
foto: Fira Nursyabani

Hayo ini siapa?
foto: Fira Nursya'bani
Masuk waktu Bromo bagian super duper dingin, acara Jazz Gunung ditutup sama penampilan Tulus. Heboh banget deh pokoknya, semuanya nyanyi, kecuali saya karena saya gak terlalu suka dan apal sama lagu-lagunya.

Sampe pas Tulus maju ke bagian tengah penonton tepat di depan muka saya, saya tetep bingung, saya harus gimana? dia nyanyi apaaa?

Tapi bukan itu yang paling saya pikirin. Udara di venue makin menggila sampe susah nafas dan tangan mati rasa. Bales chat di hape aja rasanya gak sanggup karena saya harus buka sarung tangan.

Padahal malem itu saya pake tiga lapis baju plus jaket bulu, dua lapis kaos kaki, dua lapis celana, dan syal leher. Gilak.

Mungkin badan saya lagi dalam masa adaptasi sama cuaca baru. Waktu sampe penginapan dan liat cermin, muka, tangan, sampe paha merah-merah semua.

Ah jangan-jangan saya kena alergi udara lagi kayak waktu jamanan sekolah. “Mamaaaa, dddiiinggiiinnnnn bbbaangeettt….” (ikutin intonasinya biar ikut ngerasain dingin).

Setelah sering misuh-misuh kepanasan di Jakarta, Tuhan berbaik hati ngasih saya dingin yang lebih. Ah tapi alhamdulillah, selama ini saya tinggal dan besar di Bogor dan Bandung yang adem.

Jam sebelas malem, akhirnya tidur dengan berlapis-lapis pakaian dan dua lapis selimut tebel. Nite Bromo.

(bersambung)

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"