Akhirnya ke Ah Poong

foto: Fira Nursyabani
Akhirnya saya datang juga ke Ah Poong, pasar apung di Sentul City. Bukan karena ini tempat bonafit buat hangout keluarga, tapi karena tempat ini pernah jadi masalah gara-gara ngelanggar garis sempadan sungai dan gak berizin sampe akhirnya disegel (by the way, tulisan segelnya masih ada loh, cuma gak saya foto).

Sayang ramenya masalah ini cuma saya denger dari wartawan Bogor lain setelah saya resmi bebas tugas dari Bogor dan dikandangin di khayangan.

foto: Bapak

Setelah disegel Desember 2014 lalu, katanya bangunan ini mau dirobohin sama Satpol PP. Tapi kok sampe pertengahan 2015 masih berdiri tegak? 

Husnudzon aja ya, mungkin izinnya udah diurus dan masalahnya udah selesai. Tapi kasian juga sih kalo bener mau dirobohin, bakal banyak yang keilangan tempat usaha.

Jadi gini gays, karena Ibu Suri ulang tahun hari ini, Bapak sebagai anak gaul Sentul, ngajak sekeluarga buat main ke Ah Poong. Ah Poong didesain semacam foodcourt gitu, tapi modelnya model cafe. 

Sebenernya boong banget nih kalo disebut pasar apung, soalnya tempatnya gak mengapung di air, tapi dikelilingi sungai.

rame banget sih dan bersih
foto: Fira Nursyabani
foto: Fira Nursyabani
Meski Sentul panas banget, Ah Poong lumayan enak, luas, dan pengunjung bisa nikmatin angin sepoi-sepoi di banyak tempat duduk.

Desain tempat duduknya cocok buat keluarga, jadi yang udah punya keluarga boleh banget dibawa ke sini.

Yang lucu, semua papan nama makanan di sini ditulis sesuai sama pronunciation atau pelafalannya, misal Soto Lamongan ditulis So'to La'mo.ngan, itulah kenapa kata 'apung' jadi 'Ah Poong', mungkin dibacanya kayak gitu.

Tapi mau tau apa yang ribet? Bayarnya. Gak aneh sih tempat makan kekinian kayak gini sistem pembayarannya gak pake uang cash. Khusus di Ah Poong, kita harus beli kartu yang di top up sesuka hati.

Eh sebenernya kartunya gratis, yang penting kita isi saldo. Buat kartu non-member, validitasnya sampai 30 hari. Lewat dari 30 hari, kita harus ganti yang baru. Gak perlu takut uang dalem kartunya hangus soalnya saldo bisa diuangkan. 

Ada dua sistem pembayaran nih gays, di kios besar kita bisa langsung pesen makanan, kasih kartu tadi dan didebit sama kiosnya.

Beli di kios kecil, kita harus bayar pake kartu dulu ke kasir anting-anting, dapet struk, baru deh pesen makanan ke kiosnya. Ribet dan puyeng banget kan.

Ada banyaak banget makanan khas se-Indonesia di sini, mulai dari camilan sampe makanan berat. Range harga, seporsinya masih di bawah Rp100.000. Kiosnya ada di mana-mana, di barat, timur, utara, selatan, saya sampe capek ngelilingin buat milih makanan. 

Bagian belakang Ah Poong, tempat ngaso
foto: Bapak
Muke tegang abis jatuh
dari tempat duduk di perahu
foto: Bapak
Capek makan mulu? Saya mutusin buat pindah haluan ke bagian belakang Ah Poong. Ternyata kita bisa naik perahu cuma-cuma, alias gratis. Rutenya gak jauh sih, cuma keliling danau (atau sungai?) buatan.

Ceritanya, saya naik perahu bareng teteh, bapak, dan dua anak perempuan. Perahunya model perahu biasa. Ada empat tempat duduk penumpang dan satu tempat duduk abang yang ngedayungnya.

Sayang, mungkin saya terlalu maceuh di dalem perahu, akhirnya tempat duduk yang saya tempatin jatuh dan perahunya sempet oleng. Abangnya ketawa. Ngetawain tepatnya. Zzz.. Overall, naik perahu di sini aman kok hehe.

Akses ke Sentul pake kendaraan pribadi bisa keluar dari tol Sentul Selatan. Gak jauh kok dari kompleks Mall Bellanova.

Selamat ulang tahun Ibu Suri, semoga kado jalan-jalan dan kumpulnya bisa bikin awet muda,
jangan dulu minta kado cucu deh yaa...
foto: Fidyastria Saspida

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"