Jazz Gunung 2015 (3)

(masih) Day 2

Aaakkk setengah limaaa!! Keliling Bromo bikin saya dan Mbak Kiki lelap tidur selepas sampai di penginapan, dari jam dua siang. Padahal panggung Jazz Gunung hari kedua dimulai dari jam 3 sore.

Pas liat rundown, ternyata Ring of Fire baru main selepas magrib, jadi saya dan Mbak Kiki bisa leha-leha dulu. Di sela-sela nyantai, saya sempet ngobrol sama penggagas Majalah Rolling Stones Indonesia, Mas Odie.

Mas Odie ini ternyata temen baik bos besarnya Republika dan doi mulai cerita dari awal dia ngerencanain bikin Majalah Rolling Stones di 2005.

Doi juga nunjukin suasana kantor Rolling Stones yang hijau, ada kolam renang dan panggungnya, juga nyuruh saya main ke sana. Ngabibita aja deh ya, di kantor saya kan adanya kolam genangan, genangan kenangan, alah.

Setelah ngobrol ngaler ngidul sampe perut sakit ketawa-ketawa, saya baru sadar kalo ternyata selama di acara ini, saya dan Mas Odie ditempatin di satu homestay. Cuma Doi dan satu temennya nempatin kamar paling belakang.

Luar biasa wartawan anak bawang bisa satu rumah sama art director-nya Rolling Stones.

dok foto: pribadi
Selepas magriban di penginapan, saya dan Mbak Kiki mulai masang alat perang buat ngelawan dingin di venue Java Banana Bromo.

Jadi selain event Jazz Gunung, di Java Banana ada juga pameran batik dari Dudung Ali Syahbana dan pameran foto dari founder Jazz Gunung, Pak Sigit Pramono.

Di sini dipamerin juga koleksi kamera klasik punya Pak Sigit, keren banget. Yang suka foto pasti betah dateng ke sini.

Puas liat pameran, kita pindah ke venue jazz. Pas banget, kita sampai, eh Ring of Fire lagi main. Meski tetep ngebawain lagu Es Lilin kayak kemarin, tetep aja suara Endah Laras eundeus banget.

Dan yang paling saya tunggu apalagi kalau bukan Rahwana-nya Tohpati. Keren suer. Tapi lagi-lagi, dinginnya Bromo gak berkeprimanusiaan. Di tengah acara saya dan Mbak Kiki yang udah menggigil memutuskan buat nemuin Pak Sophan, ngajak beliau makan malem dan ngangetin badan.

Rawon Bromo
foto: Fira Nursya'bani
Ada satu warung makan yang rame banget di deket penginapan, namanya Warung Makan Siang Malam. Entahlah, mungkin warung itu bukanya siang dan malam jadi dinamain kayak gitu.

Saking banyaknya orang yang diem di situ, udara di dalem warung beda banget sama udara di luar. Anget. Di sini saya bisa lepas sarung tangan dan syal, dan bisa bernafas dengan normal (di suhu dingin banget ternyata nafas itu sakit, gak heran kenapa saya suka liat banyak pendaki gunung yang nempelin koyo di idungnya).

Kita bertiga kemudian pesen nasi rawon. Hii, akhirnya bisa nyobain rawon Bromo, asli dari Bromo nya. Alhamdulillah. Eh iya, by the way, Mas Fikri yang harusnya ada di geng saya, ternyata udah pulang duluan ke Jakarta.

Kembali ke venue, saya dan Mbak Kiki plus Pak Sophan siap nunggu guest star Jazz Gunung malem kedua, Andien. Sebagai anak muda yang jauh dari kata kekinian, saya lebih menikmati penampilan Andien daripada Tulus.

Meskipun yaa, di sini Andien lebih banyak nyanyiin lagi daur ulang daripada lagunya sendiri. Justru di situ enaknya, lagu-lagu yang dibawain Andien, kayak lagu 'Rindu'-nya Warna dan 'Kasih Putih'-nya Glenn Fredly, lebih terdengar ear-catching di telinga anak 90an, cem saya.

Yang paling seru, Andien yang disepanjang penampilannya gak mau diem banget, ngeberaniin diri buat nyanyi di tengah penonton, sambil nyanyiin lagu 'Astaga'-nya Ruth Sahanaya. Ish saya jadi gak konsen antara nyanyi sama videoin Andien.

Tapi lagu yang paling saya suka itu ya lagu Andien nya sendiri, 'Gemintang.' "Hatiku mengucap kata merindukanmu. Laksana nyata manis nuansa. Dan jika gemintang tiada lagi melagu. Kisahku yang mencinta dirimu. Kan slalu abadi." Kok Andien tau saya lagi rindu seseorang di sini?

Kelakuan Andien yang amat sangat gak mau diem,
aakk cantik banget kalo dari deket
foto: Fira Nursyabani
Yah Jazz Gunung nya udahan deh, sedih. Untungnya sebelum bubar, media dipersilakan buat wawancara Andien, dengan syarat Andien cuma mau ditanya soal Jazz Gunung.

Yaa kali mbak saya bakal nanya soal suaminya yang dipanggil sayang di atas panggung. Hihi.

Banyak cerita yang disampein Andien waktu konpres, mulai dari gak tahannya doi sama udara dingin, sampe pake baju lima lapis supaya tetep anget tapi jatohnya jadi berat (lah pake baju banyak aja udah enerjik banget, apalagi pake baju selapis yak).

Udahnya saya dapet kesempatan buat foto bareng berdua, eh suer ini nona satu baik banget mau dimintain foto satu-satu sama wartawan. Eh foto bareng Andien nya gak saya tunjukin ya gays, kebanting pisan, tapi gak hoaks kok. hehe.

Selesai, jam satu malem saya terlelap, besok harus bangun pagi buat pulang.

Day 3

Pagi-pagi buta, saya, Mbak Kiki, Pak Sophan, plus Mbak Sri dan Mbak Susi yang jadi temen satu penginapan kita, udah duduk cantik di mobil, keluar dari kawasan Bromo.

Meski ngantuk berat karena baru tidur empat jam, tetep sayang ngelewatin pemandangan gugusan gunung yang mengelilingi beberapa desa di Probolinggo ini. Sedih. Semoga dikasih kesempatan buat dateng ke sini lagi dan liat sunrise nya yang mendunia.

Nasi Punel
foto: Fira Nursyabani
Rombongan sampe di Bangil jam sembilan pagi buat istirahat. Di sini kita makan di rumah makan Ibu Hj Lin yang nyediain Nasi Punel khas Bangil, Pasuruan.
Katanya sih tempat ini udah terkenal banget. Keliatan kok, yang makan rame dari tukang becak sampe tante-tante ber-make-up tebel.

Buat saya ini kali pertama nyobain kuliner ini. Jadi nasinya dicampur-campur gitu, ada serundeng kelapa, botok, irisan kacang panjang dan olahan lain yang saya gak tau apa namanya. Kita bisa pilih lauk utamanya, ada ayam, rendang, dan paru. Enyaak..

Setelah kenyang, terbitlah ngantuk. Baru diperjalanan menuju Surabaya saya bisa tidur di mobil.

Jam dua siang. Selepas beli oleh-oleh, kita siap menuju Jakarta. Ah dadah Surabaya. Saya harus melepas Pak Sophan yang udah jadi bapak saya selama di sana.

He's treating me very very well just like his own daughter. Pantes aja Pak Sophan ngejaga saya dan Mbak Kiki dengan baik, soalnya beliau belum punya anak perempuan, tiga anaknya semua laki-laki. Hihi.

Saya juga melepas Mbak Kiki, sejoli saya selama di sini, see ya di next liputan hiburan ya, mbak!

Ini loh wujudnya Mbak Kiki,
tapi saya gak dapet foto Pak Sophan huhu
foto: Pak Sophan

Popular posts from this blog