Jazz Gunung 2015 (2)

Day 2

Rencana liat sunrise ketiga terindah di dunia kandas sudah. Pak Sophan sempet bikin rencana buat masuk Bromo jam dua pagi demi liat sunrise.

Kenyataannya? Saya, Mbak Kiki, dan Pak Sophan sendiri gak ada yang bangun sepagi itu. Wajar sih, acara baru selesai jam 11, plus capek, plus dingin banggeett..

Bahkan setelah mandi dan salat dengan susah payah, saya memperpanjang tidur sampai jam setengah delapan pagi. Sarapan. Terus pergi ke media center bareng Mbak Kiki.

Di media center, kita berdua terbengong-bengong karena rombongan Sahabat Bromo ternyata semua sudah pergi ke Bromo.

Yap, rencananya, sambil nunggu Jazz Gunung hari kedua, saya dan Mbak Kiki mau ngeliput kegiatan Sahabat Bromo. Itu loh, NGO peduli lingkungan yang ngajak TNI dan anak-anak sekolah se-Kabupaten Probolinggo buat mungutin sampah di kawasan wisata Bromo.

Saya gak percaya di Bromo banyak sampah, masa sih ada wisatawan yang setega itu buang sampah sembarangan?

gratis sih
tapi naik ELF ini sport jantung, suer!
foto: Fira Nursyabani
Dengan free shuttle Jazz Gunung, saya dan Mbak Kiki jadi penumpang VIP yang dianter ke pintu masuk Bromo (gimana gak VIP, satu mobil ELF cuma diisi kita berdua, plus sopir).

Dari gerbang masuk ke pintu masuk ngabisin waktu perjalanan sekitar 15 menit. Di kiri kanan banyak banget ladang-ladang daun bawang dan kentang, yang emang udah jadi komoditas di Bromo.

By the way, sopir ELF yang saya tumpangi ini rada nekat loh gays, karena banyak mobil masuk dan macet, ELF kita (ceile kita) terpaksa pake jalur lain.

Nah, ceritanya ada tanjakan tinggi dan terjal yang harus dilewati. Mestinya sopir ELF ini ngambil ancang-ancang yang jauh supaya mobilnya kuat mendaki jalanan terjal kan, tapi doi santai banget. Alhasil pas nyampe ujung tanjakan mobilnya gak kuat.

Kebayang dong mobil gede stuck gak bisa digas di atas jalan terjal licin berdebu. Saya dan Mbak Kiki udah tahan nafas dan pegangan tangan sampe keringetan.

Gimana ya, kalau mobilnya mundur pun susah, karena jalannya tinggi banget. Mundur berarti kita tamat!

Untungnya di situ kekeluargaannya erat banget. Semua warga banyak yang bantu dorong, alhamdulillah kita bertiga selamat, walaupun kaki saya gemeteran setengah mati.

Hallo Sahabat Bromo!
foto: Fira Nursyabani
Setelah wawancara sang ketua panitia Sahabat Bromo, kita  berdua langsung berniat observasi (sekaligus jalan-jalan) ke Bromo-nya sambil iseng wawancara peserta.

Bukan peserta yang saya wawancara, saya malah pedekate sama Mas Sis, tukang ojek. Saya curiga Mas Sis ini umurnya lebih muda dari saya atau minimal seumuran, saya sok aja manggilnya mas supaya lebih sopan.

Doi udah enam tahun jadi ojek di Bromo dengan modal motor bebek sederhana, kulit tangannya menghitam tapi lihai banget pegang kamera.

Sehari Mas Sis bisa anter sampe lima pengunjung yang mau ke Bromo dengan tarif Rp 50 ribu bulak-balik, tapi kadang juga sehari sama sekali gak dapet.

"Mas motornya berdebu, harus dicuci terus ya setiap hari?" tanya saya iseng. Keakraban saya dan Mas Sis akhirnya harus berakhir setelah satu jam. Ah iya saya lupa tanya doi jomblo apa nggak. Lupa juga buat swafoto berdua.

Foto hasil jepretan Mas Sis di depan Gunung Batok
Jeep Mas Agus
foto: Fira Nursya'bani
Jam 10 pagi. Harusnya saya dan Mbak Kiki kembali ke penginapan karena gak tau lagi mau ngapain. Tapi ksatria berkuda tiba-tiba datang.

Jreeeng, Pak Sophan udah duduk manis di dalem Jeep sewaan yang siap anter keliling kawasan wisata Bromo. "Pak Sophan nyewa Jeep sendirian aja? Luar biasah."

Karena tadi saya dan Mbak Kiki cuma observasi di sekitar pura depan Gunung Batok, akhirnya kita memutuskan untuk ikut sama pak Sophan dan sopir Jeep, Mas Agus, keliling ke empat tempat, Pananjakan, Kawah Bromo, Bukit Teletubbies, dan Pasir Berbisik.

Awalnya saya sempet putus asa, yah masa ke Bromo jalan kaki, naik Jeep enak kayaknya. Dan terkabul.

Hai!
foto: Mb Kiki
Ke Gunung Pananjakan dari pintu masuk Bromo memakan waktu kira-kira setengah jam pakai Jeep. Jalannya aduhai banget. Untung Jeep-nya Mas Agus tangguh, gak kayak ELF free shuttle tadi pagi yang bikin jantung saya mau copot.

Meski terjal dan banyak motor yang nyerah di jalur ke Pananjakan, jalannya udah bagus banget pake aspal. Gak kebayang bisa jalan-jalan di gunung, lewat jalan beraspal, naik mobil lagi, aneh kan ya!

Mas Agus ngebawa kita ke spot buat foto-foto. Cakeps banget suer deh, dari sini keliatan gugusan gunung di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, mulai dari Gunung Batok, Gunung Bromo, sampai Gunung Semeru yang katanya jadi idola para pendaki setelah ada film berjudul 5cm.

Keren banget, gimana ya saya jadi gemes.

Gunung Batok (paling depan), Gunung Bromo (yang kawahnya menganga), Gunung Widodareni (di sebelah kanan), Gunung Semeru (yang menjulang paling tinggi di belakang)
foto: Fira Nursya'bani
Dari Gunung Pananjakan, kita balik ke bawah menuju kawah Bromo. Tapi Jeep-nya parkir jauuh dari kawah. Jalan kaki ke kawah sendirian rasanya gak mungkin, soalnya Mbak Kiki milih buat diem di mobil dan Pak Sophan gak kuat jalan kaki.

Satu-satunya jalan yang cepet itu ya harus naik kuda. Kuda? Ya Tuhaan, gak ada helikopter aja gitu? Naik kuda itu nightmare banget buat saya. Bukan karena benci, tapi saya punya fobia sama hewan-hewan berbulu yang bergerak.

Waktu itu saya dikasih pilihan, diem nunggu di mobil atau ke kawah pake kuda. Kata Mas Agus, karena ini kali pertama saya ke Bromo, jadi saya gak boleh sia-siain kesempatan dengan melewatkan kawah. Pilihan yang berat.

Akhirnya rayuan Pak Sophan manjur dan saya naik kuda ke atas (setelah dulu berjanji gak akan pernah mau naik kuda lagi).

Ajib kan tangganya?
foto: Fira Nursyabani
Kali ini saya menaruhkan hidup ke tangan Pak Joko, pawai kuda. "Jangan lepasin kudanya ya, Pak, saya gemeteran," kata saya setengah merengek.

Ngilangin rasa tegang, saya coba buat ngajak Pak Joko ngobrol. Ah lagi-lagi saya terlibat pedekate yang singkat. Bukan sama Pak Joko, tapi sama kudanya, si Kuncir.

Kuncir ini udah remaja, usianya 10 tahun. Kata Pak Joko, kalo disetarain sama manusia, dia sekarang lagi umur 25 taunan, tuh cocok banget kan sama saya. Ah tapi maaf Kuncir, saya lebih suka sama yang usianya enam tahun lebih tua.

Sampai di atas, Pak Sophan langsung nyerah setelah ngeliat tangga ke kawah yang tinggi banget. Akhirnya saya naik sendirian. Lumayan ngos-ngosan sih, untung badan saya enteng buat diajak naik tangga, jadi masih bisa teratasi.

Amazing Bromo, alhamdulillah bisa liat langsung kawahnya, terima kasih Pak Joko dan Kuncir! (Setelah ini saya nolak difoto bareng Kuncir karena terakhir saya foto di atas kuda, saya ketakutan ngeliatnya).

Kawah ke empat sepanjang hidup, Bromo!
foto: Fira Nursyabani
dok foto: pribadi
Jeep melaju lagi, kini tujuannya ke Bukit Teletubbies dan Pasir Berbisik. Mas Agus yang juga didaulat sebagai guide langsung saya berondong banyak pertanyaan.

"Kok bisa disebut Bukit Teletubbies? Kan Teletubbies baru eksis beberapa tahun belakangan, trus sebelumnya bukit ini namanya apa? Pasirnya kok gak ada suara bisiknya, Mas?"

Mas Agus nyengir. Ah mas ini, saya kan wartawan, dituntut buat bawel, jangan ilfil ya.

foto: Fira Nursya'bani
(bersambung)

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"