Wilujeng Milangkala, Wilujeng Kulineran di Bogor

Makanan khas Bogor gak ada matinya. Saya yang (rasanya) udah lama banget gak menjajal Bogor, akhirnya kemarin berhasil menyusuri Jalan Suryakencana buat kulineran.

Suryakencana bisa dibilang China Town-nya Kota Bogor, tempat bermukimnya warga Tionghoa. Inget kan waktu saya liputan Cap Go Meh di sini?

foto: Saepul Mustakim
Makanya kulineran di Suryakencana buat warga Muslim harus agak hati-hati karena gak semua makanan yang ada berlabel halal.

Yang halal pastinya yang seger-seger macam es pala yang jadi pilihan pertama saya jajan di sini. Kata Ibu Suri, es pala di sini emang endeus banget.

Cukup merogoh kocek Rp5.000, es pala manis asem udah bisa kita sedot sesuka hati plus buah palanya yang udah diserut.

Kios es pala ini ada di samping gang Aut, pas di pinggir jalan. Kiosnya biasa aja sih, kecil dan gak nyediain banyak tempat duduk. Selain es pala, ada juga es mangga yang eeemmm....seger.
Halloo Pa' Ujang
foto: Fira Nursyabani
Seger banget kaaan di minum waktu cuaca panas...
foto: Fira Nursyabani

foto: Fira Nursya'bani
Setelah kepanasan dan diademin es pala, perut mengarahkan saya ke makanan khas Bogor lainnya, yaituu... Soto Bogor! Saya akui sih soto asli Bogor emang enak banget walaupun agak mahal.

Di sepanjang Suryakencana banyak gerobak-gerobak soto kuning yang bisa ditemuin. Kita tinggal pilih mau yang mana. Saya coba soto kuning Pak Yusuf. Kiosnya gak terlalu besar, tapi pengunjungnya banyak banget.

Pesen soto sama Pak Yusuf bisa sesuka hati, bisa campur-campur juga. Ada babat, daging, ayam, paru, kikil, dan otak.

Soto kuning plus nasi plus teh anget, ah nikmat kuliner Bogor mana yang bisa didustakan? Satu porsi soto kuning isian campur, dibanderol Rp35.000. Enyaak....

Halloo Pak Yusuf, sibuk ya, Pak?
foto: Fira Nursyabani
foto: Fira Nursyabani

foto: Fira Nursyabani
Appetizer dan main course udah di coba, sekarang saya cari dessert. Bukan es krim yang di dapet, saya malah nemu asinan jagung bakar!

Sempet bengong dong jagung bakar jadi asinan, hah, saya merasa gagal jadi warga Bogor karena belum pernah nyobain kuliner ini.

Jadi ceritanya satu bonggol jagung dibakar biasa, terus diserut. Jagung bakar dikasih gula sama garam agak banyak, terus dikasih kacang tanah goreng dan sambal.

Terakhir campuran jagung disiram sama kuah asinan. Aeehh.... Ngeces abis waktu liat bapaknya bikinin seporsi buat saya. Rasanya? Suer enak banget.

Saya yang seneng banget sama jagung bakar pedes ala Dago dan jagung keju saos ala Gerlong, langsung jatuh hati sama asinan jagung bakar. Satu porsi asinan jagung harganya Rp12.000.

Hallooo Pak..... (Bapak siapa ya, saya lupa kenalan)
foto: Fira Nursyabani
Serius enak!
foto: Fira Nursyabani
Seneng dong pastinya bisa merasa kembali menjadi anak muda asli Bogor *alah*, setelah icip-icip sedikit makanan khasnya. Tapiii....masih banyak lagi makanan endeus lain yang wajib dicoba kalau main ke Bogor (doain saya banyak rezeki biar bisa bagi-bagi di blog hehe).

Wilujeng milangkala ka 533, Kota Bogor! Wilujeng kulineran, pelancong ^^

Comments

Popular posts from this blog

Kerajian Tangan Tas Sedotan

Main di Kebun Teh Puncak

"Karma Dalem Boncel"